Anxiety Adalah Gangguan Kesehatan Mental Berupa Kecemasan, Kenali Jenisnya

Anxiety Adalah Gangguan Kesehatan Mental Berupa Kecemasan, Kenali Jenisnya
Ilustrasi depresi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock
TRENDING | 21 Januari 2021 09:59 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Anxiety adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir, cemas, dan takut berlebihan mengakibatkan aktivitas keseharian menjadi terganggu.

Contoh gangguan kecemasan meliputi serangan panik, gangguan obsesif-kompulsif, dan gangguan stres pascatrauma. Namun, perasaan cemas sebenarnya merupakan hal yang normal untuk dirasakan seseorang.

Cemas atau anxiety adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu yang dianggap kurang nyaman.

Rasa cemas merupakan reaksi alami tubuh terhadap stres, yang sebenarnya bermanfaat untuk membuat kita menjadi lebih berhati-hati dan waspada. Namun, hal itu justru bisa menjadi berbahaya jika dirasakan terlalu berlebihan.

Sebenarnya, gangguan kecemasan dan anxiety tidaklah sama. Rasa cemas terbilang normal apabila masih terkendali dan hilang setelah faktor pemicu munculnya rasa cemas teratasi. Namun, jika perasaan cemas dirasakan terlalu berlebihan hingga mengganggu aktivitas, kondisi tersebut dapat dikatakan sebagai gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Lantas, apa sajakah jenis dari anxiety yang mungkin di derita seseorang? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari laman Alodokter dan berbagai sumber:

Baca Selanjutnya: Gejala Anxiety...

Halaman

(mdk/khu)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami