Bahagianya Pensiunan Jenderal Polri jadi Petani, Makan Pinggir Sawah Hasil Sendiri

Bahagianya Pensiunan Jenderal Polri jadi Petani, Makan Pinggir Sawah Hasil Sendiri
Jenderal Polri jadi Petani. ©2022 Merdeka.com/instagram/@susno_duadji
TRENDING | 25 September 2022 11:47 Reporter : Muhammad Farih Fanani

Merdeka.com - Menjadi petani adalah pekerjaan yang mulia. Namun kini profesi petani kurang diminati. Selain karena sulitnya lahan, minat masyarakat juga cenderung kurang.

Namun hal itu tak berlaku bagi pensiunan jenderal bintang tiga Polri ini. Usai pensiun, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji mantap memilih menjadi petani di kampung halaman.

Ia pun terlihat begitu bahagia dengan aktivitas bertani di kampung halamannya. Dalam unggahan video di akun Instagramnya @susno_duadji, memperlihatkan moment bahagia Jenderal Polri tersebut ketika tengah melaksanakan makan bersama di gubuk kecil tengah sawah. Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

Makan Bersama di Kebun

jenderal polri jadi petani

©2022 Merdeka.com/instagram/@susno_duadji

Komjen (Purn) Susno dalam akun Instagramnya memamerkan moment bahagianya ketika sedang makan bersama para kerabatnya di tengah sawah. Kegiatan makan-makan itu dilakukan di gubuk kecil yang dibangun tepat di samping sungai kecil dan tanaman padi.

Dalam video tersebut ia mengatakan bahwa menjadi petani itu nikmat. "Kenikmatan petani itu seperti ini," ucap Susno sembari memperlihatkan masakan yang berjejer di depannya.

Ia mengatakan bahwa semua bahan masakan yang akan disantap bersama-sama itu merupakan hasil dari kebun sendiri.

Ia memperlihatkan beberapa olahan makanan seperti petai, kubis, ikan gurame, ikan lele, buncis, ikan asin bulu ayam, dan lain sebagainya. "Ini semua hasil dari sini," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Memberi Fasilitas Gratis

jenderal polri jadi petani
©2022 Merdeka.com/instagram/@susno_duadji

Selain memamerkan olahan masakan dari kebun sendiri, ia juga menawarkan orang-orang yang ingin berkunjung. Ia bilang bahwa sawah yang cantik dan hijau itu boleh dikunjungi untuk berfoto secara gratis.

"Yang mau datang ke sawah ini, untuk foto, gratis," kata Susno.

"Bahkan pulang dari sini dapat kopi satu gelas. Gratis kopi, boleh foto, tapi dengan syarat pegang bendera sampai pipitnya terbang," lanjut Susno dan disambut tawa oleh beberapa orang di sekitarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa orang yang ingin memancing di kali juga gratis. Ia mengklaim bahwa kali di belakangnya ada banyak ikan yang besar.

4 dari 5 halaman

Keputusan Menjadi Petani

jenderal polri jadi petani

©2022 Merdeka.com/instagram/@susno_duadji

Setelah berkarir lebih dari 30 tahun sebagai Polisi lalu pensiun, Susno akhirnya memutuskan untuk pulang kampung dan menjadi seorang petani. Ia lebih memilih untuk hidup sederhana di kampung di Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Keputusan itu ia buat karena ia merasa bahwa habitat Susno adalah seorang petani. "Karena habitat saya petani. Orang tua saya petani, keluarga petani, kok nyasar ke polisi 32 tahun," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Bahagia jadi Petani

jenderal polri jadi petani

©2022 Merdeka.com/instagram/@susno_duadji

Meskipun jabatan sebelumnya yang ia dapatkan cukup tinggi di kepolisian, ia tidak malu untuk terjun langsung dan menanam padi di sawah. Ia mengelola berbagai jenis pertanian di masa pensiunnya.

Ia juga mengatakan bahwa sawah yang dimilikinya dikelola sendiri. Namun, sebagian lainnya dilimpahkan ke orang lain dan dilakukan bagi hasil.

Susno juga secara rutin pergi ke sawah setiap hari untuk mengecek kondisi tanamannya. Baginya, pekerjaan menjadi petani bisa menjadi kegiatan olahraga yang sederhana namun menyehatkan.

jenderal polri jadi petani
©2022 Merdeka.com/instagram/@susno_duadji

(mdk/mff)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini