"Bapak-Ibu Satpol PP Akan Temui Orang Melanggar Karena Kebutuhan, Bukan Keserakahan"

"Bapak-Ibu Satpol PP Akan Temui Orang Melanggar Karena Kebutuhan, Bukan Keserakahan"
PPKM Darurat di Kawasan Pasar Tanah Abang. ©2021 Liputan6.com/Angga Yuniar
TRENDING | 16 Juli 2021 11:10 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru-baru ini mengungkapkan bahwa sejak masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) peran Satpol PP begitu besar. Mereka ditugaskan untuk mendisiplinkan masyarakat dan menegakkan aturan protokol kesehatan 5M pada tiap harinya.

Satpol PP adalah perwakilan yang tiap hari bertemu dengan masyarakat di lapangan. Tentu saja, hal tersebut akan membuat para petugas Satpol PP dihadapkan dengan tantangan-tantangan yang beragam.

Terkait dengan hal tersebut, Anies menyampaikan sebuah arahan dan imbauan kepada Satpol PP DKI Jakarta dalam menjalankan tugasnya. Ingin tahu? Simak ulasan berikut ini.

2 dari 4 halaman

Satpol PP Mendapat Apresiasi

Anies Baswedan baru saja mengadakan sebuah apel virtual. Dia memberikan apresiasi kepada para petugas Satpol PP DKI Jakarta yang tengah menjalankan tugas dan amanat dari negara dengan amat baik. Hal tersebut disampaikan Anies dalam unggahan akun Instagram pribadinya pada Kamis (15/7) kemarin.

Tak hanya itu, Anies juga sangat berterima kasih pada pihak Satpol PP. Selain menjalankan tugas dan amanat dengan baik, mereka juga berhasil menunjukkan citranya sebagai petugas yang beretika tinggi.

anies baswedan

Instagram/aniesbaswedan ©2021 Merdeka.com

"Terima kasih telah menunjukkan bahwa Satpol PP DKI Jakarta adalah petugas yang beradab dan menjunjung tinggi etika," tulis Anies dalam unggahan akun Instagramnya @aniesbaswedan.

3 dari 4 halaman

Imbau dan Peringatkan Seluruh Jajaran Satpol PP

Di masa PPKM yang masih berlanjut hingga saat ini, diketahui banyak sekali kondisi masyarakat yang kesulitan. Beberapa di antaranya harus nekat hingga melanggar peraturan karena terpaksa.

Untuk itu, Anies memberikan pesan agar melakukan penertiban dengan beradab meski dengan tegas dan tanpa pandang bulu. Ia pun juga meminta agar para petugas bisa menjaga nama baik dan citra Satpol PP.

anies baswedanInstagram/aniesbaswedan ©2021 Merdeka.com

"Pesan pada semua: Ketika Anda memakai seragam Satpol PP berarti bertindak atas nama negara," papar Anies.

"Pastikan proses pendisiplinan berjalan dengan tegas, tidak pandang bulu, dan tetap beradab, jaga marwah Satpol PP," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Pesan Anies

Lebih lanjut Anies, juga memberikan sebuah pesan menohok bagi para jajaran Satpol PP agar dapat melaksanakan tugasnya dengan hati nurani dan tetap menegakkan kedisiplinan. Jangan pakai kekerasan karena mereka rakyat kecil.

anies baswedanInstagram/aniesbaswedan ©2021 Merdeka.com

"Ibu dan Bapak akan menemui orang-orang yang melanggar karena kebutuhan. Itu beda dengan orang-orang yg melanggar karena keserakahan," kata Anies dengan tegas.

"Sapa mereka dengan hati, tegur dengan hati, perlakukan mereka sebagai saudara sendiri yg sedang dalam kondisi sulit. Tetap tegakkan disiplin dengan rasa hormat dan rasa kasih. Selamat bertugas, jaga stamina, perjalanan kita masih panjang," pungkas Gubernur DKI Jakarta itu.

(mdk/bil)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami