Cara Cepat Turunkan Demam pada Balita, Efektif Sebagai Penanganan Pertama

Cara Cepat Turunkan Demam pada Balita, Efektif Sebagai Penanganan Pertama
TRENDING | 4 April 2020 13:57 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Anak-anak di bawah lima tahun dan bayi masih rentan terkena berbagai penyakit. Sebab, sistem kekebalan tubuh yang ada belum terbentuk dengan sempurna.

Masalah yang wajar terjadi pada anak-anak adalah demam. Banyak orang tua yang kemudian panik untuk mengatasi demam pada sang buah hati.

Tidak perlu panik, dilansir dari hellosehatberikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi demam pada anak-anak:

1 dari 8 halaman

Penyebab

ilustrasi anak demam

shutterstock.com


Demam adalah suatu respon tubuh untuk mengatasi patogen yang masuk ke dalam tubuh. Patogen yang menyebabkan demam bisa saja diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Sehingga, demam ini sebenarnya merupakan gejala atau pertanda awal dari datangnya suatu penyakit. Namun, pada umumnya demam ini bersifat sementara.

Jadi, tidak perlu khawatir. Sebab, demam adalah hal yang wajar terjadi pada anak-anak untuk merespon kuman, bakteri, dan virus yang masuk ke tubuh agar tidak terjadi penyakit yang lebih serius.

2 dari 8 halaman

Gejala

ilustrasi demam tinggi

2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ocskay Bence


Gejala demam yang terjadi pada anak-anak yakni peningkatan suhu tubuh yang melebihi suhu normal tubuh pada umumnya. Ukur suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer untuk mengetahuinya secara pasti dan akurat.

Anda dapat mengukur suhu tubuh anak melalui mulut ataupun ketiak. Apabila suhu tubuh yang tertera pada termometer menunjukkan angka di atas 38 derajat celcius maka segera berikan pertolongan pertama.

Beri anak air mineral untuk diminum. Hal tersebut dilakukan agar anak tetap memiliki cairan tubuh yang cukup dan tidak mengalami dehidarasi. Sehingga sistem kekebalan tubuhnya akan tetap bekerja dengan baik untuk melawan virus yang masuk.

Apabila demam masih berlanjut, maka terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

3 dari 8 halaman

Kompres dengan Air Hangat

001 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi demam adalah dengan mengompres kening anak dengan menggunakan air hangat. Hal ini cukup mudah dilakukan.

Cukup masukkan kain kompres ke dalam air hangat. Lalu peras kemudian letakkan pada kening anak. Lakukan hingga suhu tubuh sang anak kembali normal.

Mengompres dengan air hangat disinyalir dapat menurunkan suhu tubuh anak untuk sementara waktu.

4 dari 8 halaman

Memberi Air Minum yang Banyak

ilustrasi anak minum kopi

Shutterstock.com


Pastikan agar anak tetap terhidrasi dengan cukup dengan memberikan air minum yang cukup. Sebab, demam akan menyebabkan anak rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang ada di dalam tubuh.

Sehingga dapat menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh untuk mempertahankan diri terhadap virus yang menyerang. Selain itu, demam juga akan mengakibatkan sistem metabolisme akan meningkat dengan keluarnya banyak keringat.

Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga tercukupinya kebutuhan air mineral pada anak terlebih saat mengalami demam.

5 dari 8 halaman

Hindari Mengenakan Pakaian yang Terlalu Tebal

ilustrasi anak sakit perut

scholastic.com


Cara cepat selanjutnya untuk menurunkan demam pada anak-anak adalah dengan mengenakan pakaian berbahan tipis pada anak. Hindari untuk mengenakan pakaian dengan bahan yang cukup tebal. Selain itu, hindari pula untuk mengenakan selimut yang terlalu tebal untuk menutup sebagian tubuh anak.

Sebab, hal tersebut justru akan membuat suhu tubuh sulit turun pada anak. Hindari pula untuk menempatkan anak-anak untuk beristirahat di ruang yang terlalu panas dan terlalu dingin.

Cukup tempatkan anak pada ruangan yang bersuhu normal agar membantu untuk menurunkan suhu tubuhnya.

6 dari 8 halaman

Memberi Obat Penurun Panas

ilustrasi anak minum obat

calpol


Cara cepat ke empat selanjutnya adalah dengan memberi obat penurun panas pada anak. Beberapa obat penurun panas tersebut meliputi paracetamol dan ibuprofen. Sebab, kedua kandungan tersebut memiliki sifat anti-inflamasi dan memberikan efek untuk menurunkan suhu tubuh hingga normal.

Selain untuk menurunkan panas, obat yang memiliki kandungan anti-inflamasi juga dapat meringankan gejala-gejala lainnya seperti sakit kepala, pegal-pegal, dan lain sebagainya.

Anda dapat membeli obat penurun panas di apotek terdekat Anda. pastikan untuk memilih obat dengan kandungan anti-inflamasi dengan tepat. Perhatikan pula untuk tanggal kadaluwarsa yang tertera pada pembungkus obat.

7 dari 8 halaman

Memberi Makanan Sehat

makan

thehealthsite


Cara cepat yang untuk menurunkan demam pada anak adalah dengan tetap memberikan asupan gizi seimbang yang dapat menyehatkan tubuh. Meskipun dalam keadaan sakit, anak-anak tetap harus mengonsumsi makanan sehat.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh pada anak kian stabil untuk memerangi berbagai virus yang menginfeksi.

Apabila anak tidak memiliki nafsu makan, Anda dapat memberinya minuman multivitamin khusus yang diberikan untuk anak-anak.

8 dari 8 halaman

Hubungi Dokter

005 siti rutmawati

stemgenex.com


Apabila demam tidak kunjung turun setelah dilakukan beberapa cara di atas, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menghubungi dokter di fasilitas kesehatan terdekat Anda.

Beberapa gejala lain yang diwaspadai adalah apabila anak tidak kunjung memiliki nafsu makan dan minum, tubuh semakin lemas, terdapat tanda-tanda sesak napas, dan mengalami kejang.

(mdk/mta)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5