Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Membandel, Patut Dicoba

Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Membandel, Patut Dicoba
Komedo pada wajah wanita. shutterstock
TRENDING | 28 Juni 2022 14:16 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Cara menghilangkan komedo putih bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Keberadaan komedo di wajah terutama hidung merupakan hal yang cukup mengganggu. Sebab, hal itu bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Komedo putih atau whitehead adalah folikel rambut membesar yang tersumbat oleh minyak kulit, sel, dan bakteri. Komedo putih terjadi ketika kelenjar sebaceous melepaskan minyak alami yang disebut sebum ke permukaan kulit.

Hal ini terjadi pada struktur pori yang disebut unit pilosebaceous (PSU). PSU paling umum muncul di wajah, dada, dan punggung. Karena cukup mengganggu, kadang kita berusaha keras untuk mencari cara bagaimana menghilangkan komedo putih.

Ternyata, menghilangkan komdeo putih bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Apa saja? berikut ulasannya dilansir dari laman Alodokter dan berbagai sumber, Selasa (28/6/2022):

2 dari 6 halaman

1. Bersihkan Wajah secara Rutin

Bersihkan wajah secara teratur setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun wajah berbahan lembut. Anda juga bisa mencoba menggunakan air hangat saat membilas wajah.

Anda juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi setiap minggunya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Perlu diingat hindari untuk menggosok wajah terlalu keras dan jangan gunakan sabun yang mengandung alkohol, detergen, atau scrub. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan justru akan membuat komedo semakin parah. (mdk/khu)

Baca juga:
Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar yang Manis dan Anti Alay
Doa Murah Rezeki Agar Berlimpah dan Penuh Keberkahan
100 Nama Bayi Perempuan & Laki-Laki Bermakna Alam Semesta Galaksi, Beserta Artinya

3 dari 6 halaman

2. Kompres Air Hangat

15 cara menghilangkan komedo secara alami
avoskinbeauty.com ©2020 Merdeka.com

Cara menghilangkan komdeo putih juga bisa dengan mengompres wajah dengan air hangat. Rendamlah handuk bersih ke dalam air hangat.

Selanjutnya, kompres pada daerah wajah yang berkomedo. Lakukan dua sampai tiga kali sehari sampai kelenjar sebaceous menghasilkan lebih sedikit minyak.

Selain kompres, Anda juga bis memberikan uap hangat ke wajah. Memaparkan kulit wajah ke uap hangat dapat mendorong pori-pori tersumbat jadi terbuka.

Rebus air kemudian tuangkan ke mangkuk, kemudian arahkan uap hangatnya pada kulit yang terdapat komedo putih.

4 dari 6 halaman

3. Oleskan Madu

012 tantri setyorini

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Madu memiliki sifat antibakteri yang kuat. Untuk itu, bahan alami ini juga bisa membantu menghilangkan komedo putih. Caranya dengan memanaskan satu sendok makan madu dalam microwave selama 15 detik.

Sebelumnya bersihkan kulit terlebih dahulu, kemudian madu yang sudah dihangatkan bisa langsung dioleskan dan dibiarkan selama 15 menit.

Baca juga:
6 Resep Sayur Asem Nusantara yang Lezat & Segar, Bisa Jadi Menu Favorit Keluarga
Panduan Pelaksanaan Kurban & Salat Idul Adha 1443 H Sesuai Surat Edaran Menteri Agama
Cara Mengobati Diabetes Secara Alami dan Aman, Bisa Dicoba



5 dari 6 halaman

4. Gunakan Bahan Alami Lain

Selain madu, ada beberapa bahan alami lain yang juga bisa bantu menghilangkan komedo putih. Mulai dari tea tree oil, lidah buaya, dan witch hazel. Ketiga bahan ini dapat Anda temukan dalam produk perawatan kulit wajah, seperti masker atau pembersih wajah.

Tea tree oil dipercaya dapat membersihkan komedo putih karena memiliki sifat antiradang dan antibakteri alami. Sementara itu, lidah buaya banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk wajah berjerawat.

Dalam mengatasi komedo putih, witch hazel bekerja dengan cara membuka pori-pori kulit. Anda bisa menemukan kandungan witch hazel dalam bentuk astringent, yang cukup diusapkan ke wajah menggunakan kapas sebanyak 2 kali sehari.

6 dari 6 halaman

5. Pakai Obat Jerawat

Komedo putih juga disebut sebagai jerawat yang belum tumbuh. Untuk menghilangkannya, Anda bisa memanfaatkan obat jerawat. Pilihlah  obat jerawat yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau retinoid.

Kandungan asam salisilat berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan membersihkan sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori. Sementara itu, benzoil peroksida berfungsi untuk membasmi bakteri dan minyak berlebih.

Yang terakhir, skincare berbahan retinoid juga dapat digunakan sebagai perawatan komedo putih. Retinoid sendiri merupakan turunan vitamin A yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan sebagai antipenuaan.

Baca juga:
Tujuan WTO untuk Perdagangan Dunia, Ketahui Pula Sejarah Beserta Fungsi & Prinsipnya
Makanan untuk Orang Tipes yang Bantu Proses Penyembuhan
Jenis Kejang yang Bisa Dialami Bayi dan Anak-Anak, Orang Tua Harus Waspada



Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini