Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Jangan Sampai Lengah!

Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Jangan Sampai Lengah!
Ilustrasi Sakit Punggung. ©iStock
TRENDING | 25 September 2022 09:04 Reporter : Muhammad Farih Fanani

Merdeka.com - Ciri kolesterol tinggi adalah satu tanda yang penting untuk diketahui. Ini sebagai sebuah peringatan bahwa kandungan kolesterol yang ada pada tubuh sudah mencapai batas dan tidak lagi bisa ditolerir. Kolesterol yang tinggi akan menyebabkan berbagai gejala yang cukup mengganggu tubuh. Salah satu gejala yang paling menakutkan adalah impotensi.

Oleh karena itu, mengontrol makanan dan menjaga gaya hidup sehat menjadi salah satu langkah penting untuk diterapkan. Hal ini sebagai upaya kita untuk melindungi tubuh dari gejala bahaya yang ditimbulkan oleh kolesterol tinggi. Ada beberapa ciri kolesterol tinggi atau asam urat yang bisa dirasakan sebelum menjadi lebih parah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini merdeka.com merangkum informasi tentang ciri kolesterol tinggi dan asam urat yang perlu diketahui. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipatif supaya tidak mengalami masalah yang semakin parah. Simak artikel ini sampai tuntas.

2 dari 4 halaman

1. Merasa Pegal, Kesemutan, dan Sakit Kepala

ilustrasi sakit punggung

©pexels-Karolina Grabowska

Dilansir laman Dinas Kesehatan Banten, ciri kolesterol tinggi pertama yang paling mudah dideteksi adalah sering merasakan pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala. Ketiga gejala tersebut tentu umum dirasakan oleh banyak orang, akan tetapi jika dirasakan secara terus menerus, ini bisa menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat.

Sensasi pegal-pegal tersebut biasanya akan dirasakan di sekitar tengkuk atau pundak. Hal itu disebabkan karena semakin menurunnya asupan oksigen menuju ke otak. Turunnya asupan oksigen ke otak bisa terjadi karena ada penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang dapat menghambat aliran darah. Penyebab ini juga biasanya akan menimbulkan rasa kesemutan.

2. Mudah Lelah

Ciri kolesterol tinggi selanjutnya yang menjadi tanda bahwa tubuh sudah perlu mendapatkan perhatian adalah muncul rasa mudah lelah. Perasaan lelah biasanya akan timbul ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat. Namun, ciri kolesterol tinggi yang membuat tubuh mudah lelah biasanya akan mudah dirasakan oleh orang tanpa perlu melakukan aktivitas yang berat.

Selain itu, ada hambatan aliran darah menuju ke otak yang juga mengakibatkan penderitanya menjadi sering pusing, susah melakukan konsentrasi, mudah mengantuk, dan juga terkadang merasa bingung.

3 dari 4 halaman

3. Sering Merasakan Nyeri pada Persendian

Ciri kolesterol tinggi ketiga yang perlu untuk diwaspadai adalah sering merasakan nyeri pada persendian. Perasaan nyeri biasanya wajar jika tidak terjadi terlalu sering. Namun, perasaan nyeri yang berlebihan dan disertai dengan pembengkakan dan warna yang kemerahan ini merupakan ciri kolesterol tinggi yang perlu untuk diwaspadai.

Penderita kolesterol tinggi, ketika bangun tidur biasanya akan merasakan kesemutan yang berulang-ulang. Hal itu disebabkan karena asam urat dan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Semakin tinggi kolesterol, maka rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah. Hal ini akan menyebabkan penderitanya kesulitan bergerak.

4. Jantung Berdebar

Ciri kolesterol tinggi selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah jantung yang berdebar-debar. Ini adalah kondisi yang membuat orang merasa tidak nyaman. Meskipun kolesterol tinggi bukan satu-satunya penyebab jantung berdebar, akan tetapi mengalami gejala jantung berdebar secara terus menerus bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja.

Banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal kemudian mengeras membuat jantung bekerja semakin keras dalam memompa aliran darah ke seluruh organ tubuh. Kondisi tersebutlah yang membuat jantung berdebar-debar dengan lebih keras dari biasanya.

Ini adalah kondisi yang sangat berbahaya. Apabila jantung berdebar keras ini dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan jantung mengalami kelelahan dan berujung pada gagal jantung.

4 dari 4 halaman

5. Suka Mengantuk

ilustrasi sakit
©2012 busymommymedia.com

Selanjutnya, ciri kolesterol tinggi yang juga perlu untuk diwaspadai adalah suka mengantuk. Mengantuk memang merupakan aktivitas manusia yang wajar. Dialami oleh semua makhluk hidup, asalkan dalam intensitas yang normal. Namun, jika perasaan mengantuk selalu muncul dengan intensitas yang berlebihan, maka kondisi ini perlu untuk diwaspadai.

Ciri kolesterol tinggi karena sering mengantuk biasanya disebabkan karena adanya sumbatan pada pembuluh darah. Suka mengantuk juga dikaitkan dengan berkurangnya aliran darah yang membawa oksigen ke otak. Hal ini memicu terjadinya kelelahan dan sering mengantuk.

6. Muncul Gumpalan di Urat

Terakhir, ciri kolesterol tinggi yang perlu untuk segera diantisipasi adalah munculnya gumpalan di urat. Bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena faktor genetik, penumpukan kolesterol bisa dilihat di kulit seperti adanya penumpukan gumpalan separuh biji kacang yang bisa dirasakan pada urat dekat buku jari.

Tanda ini biasanya tidak disertai dengan gejala lain yang spesifik. Maka dari itu, Anda perlu untuk memeriksakannya secara rutin. Misalnya dengan tes darah untuk mengetahui secara pasti kadar kolesterol dalam darah Anda. Jika kandungan kolesterol dalam darah Anda sudah tinggi, maka ini merupakan tanda dan peringatan bahwa Anda harus menjaga pola hidup sehat supaya terhindar dari penyakit berbahaya ini.

(mdk/mff)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini