Efek Buruk Terlalu Banyak Makan Serat yang Harus Diketahui, Justru Bikin BAB Susah

Efek Buruk Terlalu Banyak Makan Serat yang Harus Diketahui, Justru Bikin BAB Susah
TRENDING | 31 Oktober 2020 09:01 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Makanan yang memiliki kandungan tinggi serat memang bermanfaat bagi tubuh. Sebab, dengan mengonsumsi sumber makanan tinggi serat secara rutin tersebut rupanya mampu mempermudah sistem pencernaan untuk mengolahnya saat masuk ke dalam tubuh.

Serat sendiri merupakan sejenis kandungan yang terdapat pada bahan makanan tertentu dan berperan besar juga untuk melakukan proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Kandungan serat tersebut biasanya mudah ditemukan pada jenis sayuran yang berwarna terang seperti hijau segar.

Namun tidak banyak yang tahu, ternyata mengonsumsi beberapa sumber makanan tinggi serat akan berdampak buruk bagi tubuh saat dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa di antaranya yakni kekurangan vitamin hingga menyebabkan kesulitan untuk buang air besar (BAB).

Lantas, apa saja dampak buruk yang dapat terjadi saat tubuh terlalu sering mengonsumsi makanan berserat tinggi tersebut? Simak ulasan selengkapnya seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Selanjutnya: Kekurangan Vitamin dan Mineral...

Halaman

(mdk/mta)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami