Fakta-Fakta Parasite, Film Terbaik yang Menang Piala Oscar 2020

Fakta-Fakta Parasite, Film Terbaik yang Menang Piala Oscar 2020
TRENDING | 12 Februari 2020 09:09 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Film asal Korea Parasite telah memenangkan kategori film terbaik di ajang penghargaan bergengsi Piala Oscar 2020. Diketahui, Parasite telah bersaing dengan 9 film lainnya dalam kategori yang sama.

Film berdurasi 2 jam 12 menit ini disutradarai oleh Bong Joon Ho. Keluar sebagai pemenang film terbaik Piala Oscar 2020 tentu film Parasite memiliki fakta-fakta dibalik. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Cerita Film Parasite

parasite rev1Sumber/Liputan6.com

Film Parasit bercerita tentang kisah keluarga Kim Ki-taek bersama istri dan anak. Dalam kisahnya, mereka hidup dengan kondisi kekurangan. Pada suatu hari Kim Ki-woo anak tertua dari keluarga tersebut berhasil menjadi seorang guru les di keluarga Park yang kaya raya.

Dirinya sempat melakukan penipuan dengan mengaku lulusan Harvard. Sifat serakah dari keluarga Kim menimbulkan tragedi untuk keluarga Park yang membuat plot twist.

2 dari 6 halaman

Raih 4 Piala Oscar

piala oscar rev1Sumber/Liputan6.com

Film Parasite berhasil tembus di 6 nominasi, yaitu Film, Sutradara, Film Berbahasa Asing, Skenario Asli, Penyunting Gambar dan Tata Artistik Terbaik.

Dari 6 nominasi tersebut, film ini berhasil meraih 4 piala Oscar 2020 sebagai film terbaik, film berbahasa asing terbaik, penyutradaraan terbaik dan skenario asli terbaik.

3 dari 6 halaman

Film Asia Pertama yang Terima Oscar Naskah Asli Terbaik

pertama yang terima oscar naskah asli terbaik rev1Sumber/Liputan6.com

Parasite baru saja mencetak sebuah sejara dalam Oscar 2020. Pasalnya Parasite adalah film Asia pertama yang raih piala Oscar 2020 denga kategori naskah asli terbaik.

Tak hanya itu Parasite juga menjadi film Asia pertama yang meraih nominasi ganda untuk Film Terbaik dan Film Berbahasa Asing Terbaik. Setelah film Crouching Tiger, Hidden Dragon pada 2001.

4 dari 6 halaman

Dapat Penghargaan Bergengsi

bergengsi rev1Sumber/Liputan6.com

Kesuksesan film ini dapat dilihat dari penayangan yang tak hanya dilakukan di Asia saja. Parasite mendapat kesempatan melakukan penayangan di beberapa negara seperti Jerman, Perancis, Spanyol, Polandia dan lainnya.

Parasit juga masuk dalam nominasi penghargaan film tingkat internasional yaitu Palme dOr, Festival Cannes, Golden Globe, SAG Awards, dan terakhir yang menjadi pemenang di Oscar.

5 dari 6 halaman

Dijadikan Miniseri

rev1Sumber/Liputan6.com

Film yang dibintangi oleh Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik dan Park So-dam ini akan dibuat dalam versi miniseri.

Terdengar kabar, Bong Joon Ho sang sutradara akan bekerja sama dengan Adam McKay, kreator The Big Short dan Vice, untuk proyek miniseri itu.

6 dari 6 halaman

Ditonton 8 Juta Orang dalam 17 Hari

juta orang dalam 17 hari rev1Sumber/Liputan6.com

Dilansir dari Liputan6.com via Soompi, Parasit telah meraih penonton sebanyak 8 juta orang dalam kurun waktu 17 hari di Korea Selatan.

Film ini juga sempat sukses dan mengalahkan beberapa film blockbuster Hollywood seperti Men in Black: International dan X-Men: Dark Phoenix, begitu diwartakan Korea Herald.

(mdk/bil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5