Fungsi Plastida dalam Fotosintesis, Ketahui Struktur dan Jenisnya

Fungsi Plastida dalam Fotosintesis, Ketahui Struktur dan Jenisnya
Fungsi Plastida. Microbenotes ©2020 Merdeka.com
TRENDING | 14 September 2020 13:25 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Plastida secara umum berperan penting sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis tumbuhan. Salah satu organ yang hanya dimiliki oleh tumbuhan saja, untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan.

Plastida atau plastid dikenal dalam bentuk yang paling umum sebagai kloroplas. Terdapat membran luar dan membran dalam, dengan berbagai bentuk yang menyusunnya. Fungsi plastida menjadi organel tanaman untuk bisa bertahan hidup, seperti makan, minum, dan bernafas.

Plastida adalah organel terikat membran ganda yang terlibat dalam sintesis dan penyimpanan makanan. Umumnya ditemukan di dalam sel tumbuhan fotosintesis. Plastida yang mengandung pigmen hijau (klorofil) disebut kloroplas.

Sedangkan plastida yang mengandung pigmen selain hijau disebut kromoplas. Kemudian plastida yang tidak memiliki pigmen disebut leukoplas, terutama terlibat sebagai fungsi penyimpan makanan.

Berikut beberapa fungsi plastida dalam fotosintesis, ketahui struktur dan jenisnya.

Baca Selanjutnya: Definisi Plastida...

Halaman

(mdk/kur)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami