Hanya Satu dari 7 Presiden RI Tidak Sebut Kak saat Sapa Kak Seto, Ini Penyebabnya

Hanya Satu dari 7 Presiden RI Tidak Sebut Kak saat Sapa Kak Seto, Ini Penyebabnya
Cerita Kak Seto. Youtube/VINDES ©2021 Merdeka.com
TRENDING | 18 Oktober 2021 12:14 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Sepak terjang Seto Mulyadi di bidang psikologi anak tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Selama 51 tahun ia telah berkecimpung di dunia pendidikan anak. Tak heran, jika dirinya sudah merasakan kepemimpinan tujuh presiden berbeda selama hidup di Indonesia.

Dari ketujuh presiden itu, pria yang ikonik dengan panggilan Kak Seto itu menyebut ada satu presiden yang tak pernah memanggilnya dengan embel-embel 'Kak'. Hal tersebut disampaikan olehnya dalam video di kanal Youtube VINDES. Simak ulasannya:

2 dari 4 halaman

Awal Mula Panggilan Kak Melekat Pada Seto Mulyadi

cerita kak seto
Youtube/VINDES ©2021 Merdeka.com

Melalui wawancara bersama presenter Desta dan Vincent Rompies di Youtube VINDES, Kak Seto membagikan pengalaman hidupnya selama menjadi aktivis di dunia anak. Dalam video tersebut, psikolog berusia 70 tahun itu mengungkap asal-usul dirinya bisa mendapat nama panggilan 'Kak' yang melekat hingga saat ini.

Disebutkan bahwa panggilan 'Kak Seto' sendiri didapatkan setelah ia mengenal tokoh pendidikan Indonesia, Soerjono atau Pak Kasur dan menjadi asistennya. Saat itu, Kak Seto menyebut dirinya diminta Pak Kasur untuk menghadiri acara anak di Taman Situ Lembang.

Dalam acara tersebut, Pak Kasur kemudian memperkenalkan Seto dengan panggilan 'Kak Seto' di hadapan anak-anak. Sejak saat itulah akhirnya nama panggilan itu menjadi terkenal dan ikonik sampai sekarang.

3 dari 4 halaman

Kak Seto Sebut Satu Presiden yang Tak Panggil Kak

cerita kak seto
Youtube/VINDES ©2021 Merdeka.com

Mengabdi di dunia pendidikan anak selama lebih dari 50 tahun, membuat Seto Mulyadi turut merasakan kepemimpinan 7 presiden berbeda selama tinggal di Indonesia. Sebagai seorang aktivis anak, dirinya pun kerap bertemu dan berdiskusi langsung dengan beberapa presiden.

Hal itupun lantas membuat Desta menjadi penasaran dan bertanya apakah Presiden sebagai orang nomor satu di Indonesia juga memanggilnya dengan sebutan Kak Seto.

"Sorry maaf apa dia (Presiden Jokowi) memanggil kak Seto juga kak Seto gitu?," tanya Desta.

Dari ke-tujuh presiden itu, Kak Seto menyebut ada satu presiden yang tak pernah memanggilnya dengan embe-embel 'Kak'. Ia adalah presiden pertama RI, Soekarno.

"Dari tujuh presiden hanya satu yang tidak memanggil kak, yaitu Bung Karno," jawab Kak Seto.

4 dari 4 halaman

Alasan Bung Karno Tak Memanggilnya Dengan Sebutan Kak

cerita kak seto
Youtube/VINDES ©2021 Merdeka.com

Melanjutkan kalimatnya, Kak Seto mengungkap alasan Soekarno tak pernah memanggilnya dengan sapaan akrab 'Kak Seto'. Ia menyebut, hal itu dikarenakan dirinya bertemu dengan presiden pertama RI itu saat masih berusia tujuh tahun dan belum mendapat predikat 'Kakak' karena pengabdiannya.

"(Karena) Saya ketemu beliau (Soekarno) saya umur 7 tahun," kata Kak Seto tertawa.

"Jadi mulai pak Harto, pak Habibie, kemudian Gusdur, ibu Mega, kemudian pak SBY, sampai pak Jokowi ya panggil kak semua," tambahnya.

Predikat 'kak' sendiri memang sudah sangat melekat da identik dengan pria berusia 70 tahun itu. Tak hanya presiden, mertuanya pun disebut terkadang sering menyapanya dengan panggilan Kak Seto.

(mdk/khu)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami