Ini Sosok Sertu TNI Rizka Nurjanah, Prajurit Tangguh yang Alami Kebutaan

Ini Sosok Sertu TNI Rizka Nurjanah, Prajurit Tangguh yang Alami Kebutaan
TRENDING | 18 Februari 2020 09:11 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Bertepatan dengan hari bhakti TNI AD, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa mengunjungi sejumlah prajurit TNI yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Pada momen tersebut, ada satu hal yang membuat Jenderal Andika tak kuasa menahan tangis saat dirinya menjenguk Sertu (K) Rizka Nurjanah yang divonis mengidap tumor otak hingga mengakibatkan kebutaan.

Momen haru tersebut dibagikan dalam video yang diunggah oleh akun Youtube TNI AD pada Jumat, (14/2). Lantas, siapakah sebenarnya sosok Sertu Rizka Nurjanah? Berikut informasi selengkapnya:

1 dari 6 halaman

Prajurit Departemen Penerangan

penerangan rev2Youtube/TNI AD

Sertu (K) Rizka Nurjanah merupakan prajurit TNI AD yang bertugas di Departemen Penerangan atau biasa disebut juga dengan Dinas Penerangan (Dispenad).

Dispenad merupakan salah satu institusi di jajaran TNI-AD yang bertugas untuk menyampaikan informasi secara benar dan profesional tentang TNI AD sebagai kekuatan pertahanan negara matra darat.

2 dari 6 halaman

Dekat dengan Istri KSAD

Dalam momen pertemuan tersebut, terlihat Sertu Rizka sangat dekat dengan istri Kasad Jenderal Andika, Diah Erwiany. Selama bertugas di dinas penerangan, rupanya Sertu Rizka juga menjadi salah satu prajurit andalan Diah Erwiany.

kunjungan ksad ke rumah sakit

Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com

"Rizka ini dulu presenter saya di Dispend, model saya juga dan pragawati saya, pakai baju saya," kenang Diah Erwiany.

Kedatangan Jenderal Andika dan Diah Erwiany sangat membuat Sertu Rizka bahagia. Ia tak henti-hentinya mengucapkan syukur dan terima kasih.

"Alhamdulillah senang banget, aku enggak bisa berkata apa-apa," kata Sertu Rizka.

3 dari 6 halaman

Sempat Akan Bertugas ke Lebanon

Sebelumnya Sertu Rizka masuk dalam daftar prajurit satgas yang akan dikirim ke Lebanon. Namun, hal tersebut dibatalkan karena ia divonis oleh dokter menderita tumor otak.

"Saya kan mau ke Lebanon waktu dulu, tapi penyakit saya ada tumor otak," kata Sertu Rizka.

4 dari 6 halaman

Terkena Tumor Otak

Sertu (K) Rizka Nurjanah divonis oleh dokter mengidap tumor otak hingga membuatnya kini kehilangan penglihatan. Sebelumnya, ia sempat menjalani operasi sebanyak tiga kali pada tahun 2017.

kunjungan ksad ke rumah sakit

Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com

"Banyak lah lika-likunya, terima kasih banyak yang telah memberikan semangat dan dukungan kepada aku," kata Sertu Rizka.

5 dari 6 halaman

Dapat Pesan dari Jenderal Andika

Jenderal Andika juga berpesan kepada Sertu Rizka untuk selalu disiplin mengikuti anjuran yang diberikan oleh dokter.

kunjungan ksad ke rumah sakit

Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com

"Mba Rizka harus disiplin, kapan jadwal balik harus balik pokoknya kalau dokter kasih tau harus disiplin supaya cepat sembuh ya," kata Jenderal Andika.

"Izin siap bapak," jawab Sertu Rizka.

Tak banyak berbicara, Jenderal Andhika terlihat menahan kesedihan sehingga ia hanya banyak diam saat mengunjungi Sertu Rizka.

6 dari 6 halaman

Momen Haru

Youtube/TNI AD

Suasana haru terlihat saat staf Angkatan Darat melihat semangat Sertu Rizka yang sangat besar. Jenderal Andhika pun terlihat beberapa kali mengusap air mata-nya menyaksikan momen tersebut.

"I love you too bu, saya sayang banget sama ibu," kata Sertu Rizka sambil menangis dan memeluk Diah Erwiany.

(mdk/khu)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami