Inilah 8 Tempat Persembunyian Ular Yang Jarang Disadari, Waspadalah!

Inilah 8 Tempat Persembunyian Ular Yang Jarang Disadari, Waspadalah!
TRENDING | 18 Desember 2019 12:24 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Merdeka.com - Belakangan ini masyarakat tengah diresahkan dengan kemunculan ular kobra di pemukiman. Tak hanya satu atau dua ekor, hingga kini sudah ada puluhan ular kobra bayi yang dilaporkan. Bukan hanya bayinya saja, beberapa waktu lalu ditemukan induk ular kobra di perumahan Anggrek 2 Grand Depok City, Depok, Jawa Barat.

Sontak saja, kabar tersebut membuat masyarakat bertambah resah dan cemas. Terlebih saat ini Indonesia telah memasuki musim penghujan. Di mana di musim inilah telur ular mulai menetas. Sayang, terkadang keberadaan bayi ular ini jarang disadari oleh masyarakat.

Lantas di mana sajakah tempat persembunyian ular yang jarang disadari? Langsung saja simak informasi yang dihimpun dari beberapa sumber berikut ini.

1 dari 8 halaman

Kloset Kamar Mandi

Meskipun sudah ada kasusnya, masyarakat masih belum terlalu mewaspadainya. Ya, ular kerap kali bersembunyi di dalam kloset kamar mandi. Bukan tanpa alasan, sebab kloset sudah bisa dipastikan akan selalu lembap dan kotor. Bahkan sudah banyak kasus di mana ular ditemukan di dalam kloset.

tempat persembunyian ular

Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Hal ini juga tak lepas dari kegemaran ular yang bersembunyi di saluran pipa pembuangan. Terlebih jika mendapati kondisi kamar mandi yang gelap dan minim cahaya, ular cenderung akan menyukai dan menetap di sana. Sebenarnya cara mengatasi hal tersebut cukup mudah, pastikan saja kamar mandi terutama kloset tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, tempatkanlah penerangan yang cukup untuk mencegah ular masuk.

2 dari 8 halaman

Saluran Air

Selain kloset, ular juga suka sekali bersembunyi di saluran pipa air. Kondisi yang gelap dan lembap inilah membuat ular betah untuk menetap di sana. Jangan disepelekan, sudah ada beberapa kasus ular ditemukan di saluran pipa masyarakat.

pembersihan saluran air di sepanjang jalan di panjaitan

2019 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Jika dibiarkan saja, ada kemungkinan ular tersebut bisa masuk ke dalam rumah. Untuk menghindarinya, pastikan saja menutup semua saluran air yang terbuka di sekitar rumah. Tak hanya itu, menjaga kebersihan saluran air juga sangat dibutuhkan dalam mencegah ular masuk.

3 dari 8 halaman

Plafon Rumah

Plafon rumah merupakan salah satu lokasi paling sering dijadikan tempat tinggal ular. Langit-langit rumah atau plafon cenderung memiliki pencahayaan yang kurang. Tak hanya itu, plafon rumah biasanya akan memiliki suhu ruang yang lembap terlebih saat musim hujan. Langit-langit rumah juga kerap dijadikan tempat tinggal tikus di mana mereka merupakan mangsa ular.

tempat persembunyian ular

Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Tidak menutup kemungkinan jika dibiarkan begitu saja, ular bisa masuk ke dalam rumah. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menutup celah atau lubang pada langit-langit rumah. Bila rumah berdekatan dengan pohon besar, pastikan dahan atau ranting pohon tidak menyentuh rumah. Sebab, dahan pohon bisa dijadikan jalan masuk bagi ular ke atap rumah.

4 dari 8 halaman

Kotak Mesin yang Lembab

Meskipun banyak kabel berbahaya, ular juga kerap berdiam diri di dalam kotak mesin loh. Hal ini lantaran kotak mesin cenderung memiliki suhu ruang yang lembap. Selain itu, lokasi ini juga sangat minim akan cahaya masuk. Bahkan kotak mesin bisa dibilang jarang sekali dibuka oleh masyarakat.

tempat persembunyian ular

Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Tak mengherankan jika ular kerap menjadikan kotak mesin menjadi tempat tinggalnya. Untuk mengatasinya, biarkanlah sesekali kotak mesin dibuka. Tujuannya agar cahaya bisa masuk dan mampu mengurangi tingkat kelembapan di dalam kotak. Jangan menyentuh kabel apapun secara sembarangan ya, harus selalu ingat jika kabel-kabel tersebut sangat berbahaya. Jika menemukan ada ular di dalamnya, segera melaporkan pada pihak terkait seperti pemadam kebakaran.

5 dari 8 halaman

Di Dalam Sepatu

Siapa bilang ular suka di tempat jarang disentuh manusia? Buktinya, sudah ada beberapa kasus ular ditemukan bersembunyi di dalam sepatu. Seperti tempat favorit mereka lainnya, sepatu juga dinilai gelap dan hangat. Risiko ini semakin bertambah jika kalian meletakkan sepatu di depan rumah.

tempat persembunyian ular

Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Sementara ular berkeliaran di siang hari, pada malamnya mereka akan mencari tempat persembunyian. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin jangan meletakkan sepatu di teras rumah sepanjang hari. Letakkanlah di rak atau tempat dengan penerangan yang cukup. Jika tidak, kalian bisa meletakkan kapur barus di dalam sepatu sebab mereka membenci baunya.

6 dari 8 halaman

AC yang Jarang Dibersihkan

Jangan salah, AC yang jarang dibersihkan juga bisa dijadikan tempat persembunyian ular. Lagi dan lagi, lokasi tersebut memiliki penerangan yang rendah dan suhu ruang lembap. Tak heran jika ular bisa masuk dan berdiam diri di AC rumah.

tempat persembunyian ular

Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan AC setiap saat. Jangan biarkan AC di dalam rumah menjadi kotor dan tak terawat. Kalian juga bisa memberikan pengharum ruangan yang digantung pada AC. Hal ini lantaran ular terganggu dengan aroma-aroma menyengat.

7 dari 8 halaman

Bebatuan

Permukaan bebatuan bisa menjadi pilihan tepat untuk ular bersembunyi. Kondisi bebatuan yang lembap dan kotor inilah sedikit dari beberapa alasan lainnya. Terlebih jika ditemukan adanya tumpukan batu ataupun kayu, kemungkinan besar ular akan menjadikannya tempat tinggal.

tempat persembunyian ular

Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Perhatikan setiap sudut rumah, jangan biarkan kalian memberikan sedikit celah pada ular. Bersihkan daerah-daerah rawan ular masuk termasuk menyingkirkan bebatuan yang menumpuk. Buang juga sampah atau kotoran yang ada di halaman rumah.

8 dari 8 halaman

Semak-Semak

Tak hanya bebatuan, semak-semak juga menjadi tempat paling nyaman bagi ular bersembunyi. Kondisi yang hangat, minim cahaya dan lembap menjadi pilihan tepat untuk ular berkembang biak. Bahkan sudah ada beberapa kasus ditemukan ular bersarang di semak-semak. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu penyebab ular kerap ditemukan di pemukiman.

tempat persembunyian ular

Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Seperti tempat persembunyian lainnya, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan rumah khususnya dari semak-semak. Bila kalian memiliki pepohonan, pangkas dahan pohon yang rimbun dan bersihkan jatuhan dedaunan. Selain itu, potonglah setiap saat rumput-rumput yang bertumbuh subur di halaman rumah.

(mdk/tan)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5