Intip Kondisi Sungai di Tengah Padang Pasir Arab, Mengalir Deras Cocok Buat Mancing

Intip Kondisi Sungai di Tengah Padang Pasir Arab, Mengalir Deras Cocok Buat Mancing
Sungai di Tengah Padang Pasir Arab. Channel YouTube Alman Mulyana ©2021 Merdeka.com
TRENDING | 13 Januari 2021 12:57 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Selama ini banyak masyarakat Indonesia yang mengenal Jazirah Arab sebagai wilayah yang tandus. Sebagian besar dipenuhi padang pasir yang begitu luas dan terkesan gersang.

Namun siapa sangka, ternyata di baliknya tersimpan keajaiban sungai yang mengalir begitu deras. Lokasinya tersembunyi dan jauh dari perkotaan. Wajar bila dianggap aneh, lantaran aliran sungai yang begitu menyejukkan itu mampu membelah padang pasir yang kering.

Saking derasnya, sampai warga Indonesia yang tinggal di Jazirah Arab, kerap berkunjung untuk memancing. Sekaligus mengobati rindu akan sejuknya Tanah Air.

Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

Melewati Gurun Pasir yang Terjal

Demi mendapatkan sensasi sungai yang deras di tengah panasnya padang pasir Arab, Alman Mulyana dan teman-teman harus pergi jauh dari kota.

sungai di tengah padang pasir arab
Channel YouTube Alman Mulyana ©2021 Merdeka.com

Perjalanan panjang melewati padang pasir hanya mengandalkan bekas roda mobil sebelumnya, supaya tidak tersesat di tengah gurun.

"Ini jalannya kemana? Ini susahnya di tengah gurun, harus hati-hati. Jadi harus ngikutin bekas roda orang. Ini mau cari jalan aspal. Harus hati-hati juga ini, batunya tajam-tajam," kata Alman seperti dikutip dari channel YouTube Alman Mulyana.

"Ini kita sudah bawa jaring, mau mancing," pungkas Alman sembari berjalan menuju sungai.

3 dari 5 halaman

Aliran Deras di Tengah Gurun

Akhirnya perjalanan panjang di suasana terik terbayarkan jua. Alman begitu tercengang melihat ada aliran sungai deras yang memecah padang pasir yang tandus tersebut.

"Masya Allah guys. Di tanah kering, tandus, airnya mengalir deras. Keren-keren-keren!," pungkas Alman kagum.

Merasa Sensasi di Kampung Halaman

sungai di tengah padang pasir arab
Channel YouTube Alman Mulyana ©2021 Merdeka.com

Suara air mengalir begitu kentara. Suasana sejuk seakan menyeruak dan membuat segar kondisi padang pasir. Diakui Alman, sejuknya sungai seakan membuatnya kembali ke kampung halaman.

"Ini airnya kencang banget ya, Masya Allah Tabarakallah. Itu lihat, Masya Allah. Saya merasa seperti lagi di kampung saya di Subang," ucap Alman.

Seperti melihat pemandangan yang bukan dari Jazirah Arab. Karena doktrin gurun panas masih melekat, bukan kesegaran sungai deras seperti itu.

"Dan saya merasa nggak lagi di Arab ya. Kalau lagi dengar gemericik air seperti ini. Apa pendapat teman-teman semua kalau melihat air mengalir deras seperti ini di Jazirah Arab," tukasnya.

4 dari 5 halaman

Banyak Hal Unik di Arab

sungai di tengah padang pasir arab
Channel YouTube Alman Mulyana ©2021 Merdeka.com

Bagi orang Indonesia, mungkin melihat derasnya aliran sungai menjadi hal biasa. Lain halnya bila bertandang ke Jazirah Arab. Wilayah yang dipenuhi padang pasir, ternyata menyimpan sejuta keunikan yang tersembunyi.

"La ini itu batu lo guys. Jadi mengobati rasa rindu ke kampung halaman ya. Jazirah Arab itu kalau blusukan ke tempat-tempat kaya gini itu, ada banyak hal unik dan menarik untuk dibahas memang. Kalau di Indonesia, mungkin hal biasa. Kalau di sini aneh, karena jarang hujan," terang Alman.

Fenomena Aneh dan Langka

Umumnya, sebagian orang mengenal Arab memang kondisi tandus yang kering. Berbanding terbalik, tanpa pemandangan alam sejuk seperti di Indonesia.

"Kalau kita ngomongin tentang Jazirah Arab, yang ada dipikiran kita sebagai orang Indonesia. Satu, Mekkah, Madinah, padang pasir dan unta. Nggak terbayang tempat-tempat seperti ini," papar Alman.

sungai di tengah padang pasir arab
Channel YouTube Alman Mulyana ©2021 Merdeka.com

Alman menyorotkan kamera tepat di sekitar sungai. Ia merasa aneh, karena sebagian besar hanya pasir dan batu. Masih tak menyangka, bagaimana bisa ada sungai di tengah gurun tersebut.

"Di sini merasa ada keanehan, di sini kering dan bukan tanah tapi pasir. Di sini itu gersang guys, dan ini nggak banyak diketahui orang Arab," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Video

Berikut video saat Alman Mulyana bertandang ke sungai di tengah gurun pasir Jazirah Arab bersama para rekan dari Indonesia.

(mdk/kur)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami