Isolasi Diri, Ini 5 Cara Agar Tidak Stress di Rumah

Isolasi Diri, Ini 5 Cara Agar Tidak Stress di Rumah
TRENDING | 26 Maret 2020 12:51 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Memaksimalkan tindakan pencegahan dalam menghadapi virus corona covid-19 adalah hal yang bijak untuk dilakukan. Pemerintah memberikan imbauan seperti isolasi diri, jaga jarak, bekerja dari rumah, dan lain sebagainya.

Isolasi diri dilakukan untuk mengurangi interaksi dan kontak langsung yang disinyalir dapat menyebarkan virus corona covid-19. Namun, melakukan isolasi diri berarti Anda akan berdiam diri lebih lama dari biasanya di rumah.

Tidak terelakan bahwa isolasi akan membuat Anda bosan dan bahkan merasa stress karena beberapa hal. Berikut beberapa cara agar Anda tidak merasa stress di rumah ketika sedang melakukan isolasi diri:

1 dari 5 halaman

Olahraga dan Aktivitas Fisik

Pastikan untuk selalu membuat tubuh Anda selalu bergerak. Terlalu lama berdiam diri akan membuat aliran peredaran darah dapat terganggu. Hindari untuk tidur terlalu lama. Anda dapat membuat jadwal aktivitas yang dapat dilakukan di rumah untuk memicu Anda terus melakukan aktivitas fisik.

Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai hidup sehat meskipun sedang berdiam diri di rumah dengan melakukan olahraga. Pilih beberapa olahraga yang Anda suka serta dapat dilakukan di rumah. Misalnya, Anda dapat melakukan senam, yoga, dan lain sebagainya.

Selain itu, lakukan hobi Anda seoerti memasak, membaca, bermain musik, menonton film, atau hal lain. Kegiatan yang membuat Anda senang akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih sehat secara emosional.

2 dari 5 halaman

Pola Hidup Sehat

ilustrasi makanan sehat

Pixabay

Di samping perlunya aktivitas fisik seperti olahraga, pertimbangkan pula untuk melakukan pola hidup sehat. Tidak hanya sebagai tindakan pencegahan virus corona covid-19, namun Anda juga menerapkannya sebagai rutinitas.

Menerapkan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Komposisi makanan sehat adalah adanya karbohidrat, vitamin, protein, lemak, dan mineral. Konsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung gizi tersebut dengan cukup, dengan kata lain tidak kurang dan juga berlebihan.

Tidak hanya memperhatikan komposisi makanan sehat, perhatikan juga kebersihan lingkungan Anda seperti sanitasi, sumber air, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Komunikasi dengan Keluarga dan Kerabat

ilustrasi menelpon

shutterstock.com/cristovao

Di saat sedang melakukan isolasi diri di rumah, Anda akan lebih sedikit bertemu dengan orang-orang. Hindari stress, Anda dapat tetap melakukan interaksi dengan orang-orang sekitar dan terdekat melalui sambungan telepon ataupun internet.

Dengan begitu, kebutuhan bersosialisasi Anda akan tetap terpenuhi tanpa perlu bertemu secara langsung. Beri kabar dan sampaikan dukungan positif kepada kerabat dan keluarga yang Anda hubungi.

4 dari 5 halaman

Bagikan Hal Positif

ilustrasi tertawa

shutterstock.com/Robert Kneschke

Selama isolasi diri di rumah, banyak berita yang simpang siur dan belum diketahui kebenarannya. Hal tersebut dapat membuat Anda maupun orang-orang di sekitar Anda merasa panik.

Untuk menghindari kepanikan dan cenderung membuat stress, Anda dapat membagikan hal-hal positif kepada orang-orang di sekitar. Hal-hal tersebut seperti membagikan dukungan secara langsung melalui sambungan telepon maupun internet, membagikan artikel positif, maupun hal-hal yang dapat membuat orang lain merasa senang secara emosional.

5 dari 5 halaman

Pilah dalam Mendengar Pemberitaan

hoax

2017 Merdeka.com

Tips terakhir agar Anda terhindar dari stress selama isolasi diri di rumah adalah dengan memilah pemberitaan. Terlalu banyak mendengar atau mengetahui berita buruk akan membuat Anda lebih merasa tertekan.

Apabila Anda mendengar berita buruk, hal yang pertama dapat dilakukan adalah dengan mengecek kebenaran berita tersebut. Selain itu, batasi pula pencarian informasi yang terkait dengan hal-hal yang dapat membuat Anda panik.

Anda dapat berhenti untuk mengikuti arus pemberitaan dari media sosial seperti WhatsApp, Twitter, dan sebagainya. Caranya dengan mengaktifkan fitur mute pada beberapa kata kunci sehingga Anda dapat terhindar dari berita yang membuat cemas dan khawatir.

(mdk/mta)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami