Jarang Diketahui, Ada Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW di Indonesia, Ini Potretnya

Jarang Diketahui, Ada Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW di Indonesia, Ini Potretnya
Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW di Indonesia. YouTube ANDI MADINAH ©2021 Merdeka.com
TRENDING | 12 Juli 2021 12:29 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Merdeka.com - Mempelajari sejarah agama Islam memang tak ada habisnya. Kisah-kisah yang dipelajari pun begitu menarik. Apalagi saat membahas cerita para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Namun siapa sangka, ada makam sahabat Nabi Muhammad SAW di Indonesia. Beliau juga merupakan rombongan pertama datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam. Lantas seperti apa potret makam sahabat Nabi Muhammad SAW di Indonesia?

Melansir dari akun YouTube ANDI MADINAH, Senin (12/7), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Lokasi Awal Makam Sahabat Nabi

Bagi sebagian besar masyarakat mengira makam para sahabat Nabi Muhammad SAW hanya berada di tanah Saudi Arabiah. Namun siapa sangka, ada makam sahabat Nabi Muhammad SAW yang berada di Indonesia.

"Menurut informasi bahwa makam ini dulu letaknya di tepi pantai," ungkapnya.

makam sahabat nabi muhammad saw di indonesia

YouTube ANDI MADINAH ©2021 Merdeka.com

"Ini dikuatkan oleh masyarakat yang mengatakan jika mereka menggali sumur di sekitar sini, maka mereka akan menemukan kerang. Dan kita ketahui kerang adalah hewan dasar laut," jelasnya.

"Jadi sangat mungkin pada saat itu orang-orang tidak perlu repot-repot mengantar jenazah ke puncak bukit yang sangat tinggi seperti ini. Karena letaknya tepat di pinggir pantai," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Rombongan Pertama ke Indonesia

makam sahabat nabi muhammad saw di indonesia
YouTube ANDI MADINAH ©2021 Merdeka.com

"Saya sedang berada di makam Syekh Mahmud bin Abdurrahman bin Muadz bin Jabal. Menurut informasi yang saya terima bahwa dulu jamaah dari Saudi Arabiah dari Mekkah ke sini," paparnya.

"Dan dia (sahabat Nabi SAW) datang ke Indonesia saat masa Khalifah Abu Bakar Ash Siddiq. Jadi Syekh Mahmud ini adalah rombongan pertama yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Makam Sekitar 8 Meter

Berbeda dari makam warga pada umumnya, makam sahabat Rasulullah SAW ini begitu panjang. Kira-kira makam Syekh Mahmud memiliki panjang sekitar 8 meter. Selain itu, pada batu nisannya juga terdapat hadist-hadist Rasulullah SAW.

makam sahabat nabi muhammad saw di indonesia

YouTube ANDI MADINAH ©2021 Merdeka.com

"Makam ini panjangnya lebih kurang 8 meter," katanya.

"Dan di batu nisannya tertulis hadist-hadist Rasulullah SAW. Di antaranya hadist-hadist yang menerangkan tentang bahwa orang Islam itu adalah silaturahmi dan berdakwah," tutupnya.

5 dari 5 halaman

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami