Kelebihan Android Dibandingkan dengan Sistem Operasi Lain, Ketahui Macam-macamnya

Kelebihan Android Dibandingkan dengan Sistem Operasi Lain, Ketahui Macam-macamnya
5 Hal yang buat Android ungguli iOS. © M40andstilladork.com
TRENDING | 25 Oktober 2021 10:18 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Kelebihan Android dapat memudahkan hidup manusia untuk sekadar berkomunikasi hingga memenuhi kebutuhannya. Android sendiri merupakan salah satu jenis sistem operasi yang terintegrasi pada ponsel pintar untuk mengoperasikan berbagai software.

Terdapat beberapa kelebihan Android yang jarang ditemui di berbagai sistem operasi lainnya. Hal ini membuat sistem operasi Android cenderung memiliki lebih banyak penggunanya dibandingkan dengan jenis sistem operasi lain.

Salah satu kelebihan Android adalah mudah untuk dioperasikan oleh penggunanya. Kemudahan tersebut pun semakin dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Tak heran, kelebihan Android tersebut membuatnya semakin terus dikembangkan untuk mencapai pengalaman pengguna yang maksimal. Hingga saat ini, kelebihan Android tersebut dapat ditemui di berbagai gawai.

Kurang lebih terdapat 19 macam-macam Android yang telah dikembangkan dan tersebar penggunaannya di berbagai penjuru dunia. Selain kelebihan Android tersebut, masih terdapat kelebihan-kelebihan lainnya yang dapat dirasakan pengguna. Melansir dari berbagai sumber, Senin (25/10/2021), berikut ulasan selengkapnya mengenai kelebihan Android hingga macam-macamnya.

Kelebihan Android

1. Pilihan Produk Beragam

Kelebihan Android yang pertama adalah terdapat beragam produk yang dapat dipilih pengguna. Hal ini karena Android terpasang di banyak produk ponsel yang berbeda dari berbagai produsen.

Hal ini membuat pengguna memiliki lebih banyak alternatif untuk memilih merek hingga macam-macam Android yang terpasang di dalamnya. Sedangkan sistem operasi lainnya tidak terpasang di banyak merek ponsel layaknya Android.

2. ROM Disesuaikan

Selain itu, kelebihan Android yang selanjutnya adalah ROM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. ROM khusus tersebut dapat diinstal dengan mudah untuk memberikan beragam fitur canggih dan menarik bagi pengguna.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki sistem Android yang dapat dimodifikasi. Tentu saja, hal ini harus disesuaikan dengan jenis perangkat serta kapasitasnya. Dengan begitu, kelebihan Android ini memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi perangkat secara lebih jauh dengan menyesuaikan kebutuhan.

3. Open Source

Sementara itu, kelebihan Android yang ketiga yakni bersifat open source. Open source yang dimaksud adalah sistem operasinya memiliki kode sumber secara terbuka bagi semua pihak.

ilustrasi cara screenshot hp android

©2021 Greenbot

Sehingga, pihak-pihak terkait seperti produsen serta pengembang dapat melakukan modifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Melalui hal ini, akan lebih banyak ditemukan beragam pilihan modifikasi sistem operasi untuk segera ditawarkan ke pengguna.

4. Open Ecosystem

Open ecosystem merupakan kelebihan Android keempat yang memungkinkan pengguna untuk mencari serta memiliki beragam aplikasi pilihannya. Hal itu dapat dilakukan dengan mengakses Google Play Store yang menyediakan berbagai macam aplikasi bagi para pengguna sistem operasi Android.

5. Penyimpanan Dapat Ditingkatkan

Kelebihan Android yang terakhir adalah kapasitas ruang penyimpanan pada ponsel dapat ditingkatkan dengan cukup mudah. Caranya, pengguna hanya perlu untuk menambahkan opsi kartu memori micro SD ke dalam perangkat.

Setelah memasukkan kartu memori, maka ponsel pintar Anda yang berbasis Android dapat digunakan kembali dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Hal ini tentu bermanfaat bagi para pengguna yang cukup aktif saat menggunakan ponsel pintar bersistem Android.

3 dari 3 halaman

Jenis-jenis Android

1. Android 1.0 Apple Pie

Jenis Android yang ini kerap disebut sebagai Android Alpha karena merupakan jenis sistem operasi pertama yang dikembangkan pada tahun 2008. Apple Pie memiliki dua versi yang dikeluarkan oleh OHA serta Google.

2. Android 1.1 Banana Bread

Banana Bread atau Beta resmi diluncurkan pada tahun 2009 silam. Tak jauh dari Alpha, Beta pun masih memiliki fitur seperti Show dan Hide numeric keyboard bagi penggunanya.

3. Android 1.5 Cup Cake

Android ketiga adalah Cup Cake yang dirilis pada tahun 2009. Berbagai fitur andalannya yakni seperti Bluetooth, AVRCP, memiliki keyboard pada layar, dan lain sebagainya.

4. Android 1.6 Donut

android 10©2019 Merdeka.com

Jenis Android yang berikutnya ini diperkenalkan pada tahun 2009. Donut lebih berkembang dari jenis sebelumnya yakni dengan kemampuannya untuk memperbaiki masalah.

5. Android 2.0 - 2.1 Eclair

Menjelang akhir tahun 2009, Android jenis Eclair resmi dirilis dengan menawarkan beragam fitur terbaru. Salah satunya yakni aplikasi Bluetooth 2.1 yang terus dikembangkan.

6. Android 2.2 Froyo

Android Froyo diluncurkan pada Mei 2010 lalu. Kali ini, Google Chrome memiliki fitur untuk menambah kecepatan kerja melalui Script Chrome.

7. Android 2.3 Gingerbread

Bulan Desember 2010 menjadi waktu peluncuran Android Gingerbread. Gingerbread mulai memiliki fitur NFC, download manager, hingga internet calling.

8. Android 3.0-3.2 Honeycomb

Honeycomb diperkenalkan pada Februari 2011 dengan memunculkan beragam fitur menarik seperti Private browsing, Google eBook, serta HTTP live streaming. (mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami