Kembang Telang Memiliki Manfaat dan Bahaya yang Wajib Diketahui, Ini Penjelasannya

Kembang Telang Memiliki Manfaat dan Bahaya yang Wajib Diketahui, Ini Penjelasannya
Ilustrasi bunga telang. ©Creative Commons/Mokkie
TRENDING | 1 Desember 2021 08:48 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Kembang telang atau bunga telang yang bernama Latin Clitoria Ternatea adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Sejak dulu, tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang atau ungu.

Kembang telang telah lama dikenal dan digunakan sebagai pewarna alami pada makanan dan minuman. Namun, selain mempercantik penampilan makanan, bunga telang juga mengandung berbagai nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari mybluetea, kembang telang penuh dengan kandungan antioksidan, termasuk pro antosianidin yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit serta antosianin yang mendukung kesehatan rambut dan mata.

Selain beberapa manfaat yang terkenal untuk tubuh, kembang telang ternyata juga memiliki beberapa efek samping yang berbahaya dan patut diwaspadai. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber, Rabu (1/12/2021):

BACA JUGA: {news_title}
2 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Telang

Kembang telah sendiri biasa dinikmati dengan cara diseduh. Kembang telang yang diseduh biasa disebut dengan blue tea yang bebas dengan kafein. Cara membuatnya, ialah dengan mengeringkan kembang telang dan kemudian menyeduhnya untuk diminum. Adapun beberapa manfaat kembang telang seperti dilansir dari laman alodokter, di antaranya:

1. Memelihara Fungsi Kesehatan Otak

Kembang telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf.

Tak hanya itu, kembang telang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Asupan antioksidan yang tercukupi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya demensia.

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh kembang telang dapat membantu menurunkan berat badan dengan mencegah dan melawan penyakit hati berlemak.

Penyakit hati berlemak bertanggung jawab untuk menyebabkan penambahan berat badan, terutama di daerah perut. Teh kembang telang mampu membantu membakar lemak perut dengan melindungi dari penyakit hati berlemak.

Senyawa utama dalam teh kembang telang adalah katekin EGCG, epigallocatechin gallate, yang mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme.

Antioksidan yang ditemukan dalam teh biru juga menunjukkan sifat anti-inflamasi dan diuretik yang membantunya mendetoksifikasi tubuh dan membantu melepaskan berat air yang terkumpul karena retensi air.

3 dari 5 halaman

3. Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat kembang telang yang ketiga adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Tanaman ini dikemas dengan antioksidan yang mampu membantu meningkatkan kesehatan. Salah satu antioksidan tersebut adalah proanthocyanidin, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini membuat teh bunga telang efektif untuk mengobati kerusakan retinal, glaukoma, atau penglihatan yang kabur.

4. Perangi Efek Diabetes

Manfaat kembang telang yang keempat adalah sebagai bahan yang efektif untuk membantu melawan penyakit diabetes. Minum secangkir teh kembang telang di antara waktu makan telah terbukti mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar glukosa darah. Minuman ini menghambat penyerapan glukosa berlebih dari makanan dan karenanya, membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

BACA JUGA: {news_title}
4 dari 5 halaman

5. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Kembang telang juga memiliki sifat anti penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah penuaan dini dengan melawan radikal bebas sehingga bagus untuk kesehatan rambut dan kulit. Ekstrak kembang telang ini mengandung senyawa Antosianin yang meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut.

6. Baik Untuk Jantung

Ekstrak kembang telang disebut dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung. Ekstrak kembang telang disebut dapat melindungi dari penyakit jantung dengan mengurangi Hiperlipidemia.

Hiperlipidemia mengacu pada konsentrasi lemak atau lemak dalam darah yang sangat tinggi. Ini juga bertanggung jawab atas sejumlah penyakit jantung termasuk penyumbatan, pembekuan darah, dan serangan jantung.

BACA JUGA: {news_title}
5 dari 5 halaman

7. Anti-Inflamasi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "International Research Journal of Pharmacy", kandungan antioksidan dalam teh kembang telang cukup tinggi untuk melawan peradangan penyebab penyakit.
 
Kandungan antioksidan yang tinggi ini bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi, yang tidak hanya membantu mengurangi peradangan tetapi juga melindungi dari sejumlah penyakit kronis. Ekstrak kembang telang juga menunjukkan sifat anestesi dan karena itu telah digunakan sejak zaman dulu untuk meredakan nyeri dan pembengkakan.

Bahaya Kembang Telang

Dari sejumlah manfaat kembang telang yang sudah disebutkan, kembang telang juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diwaspadai. Dilansir dari laman ndtv.com, konsumsi ekstrak bunga telang yang berlebihan dapat menyebabkan mual dan diare. Wanita hamil dan menyusui juga disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman ini, kecuali telah berkonsultasi dengan dokter.

(mdk/khu)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami