Kenali Ciri-ciri Umum Terinfeksi Virus Corona COVID-19, Jangan Panik Lakukan Ini

Kenali Ciri-ciri Umum Terinfeksi Virus Corona COVID-19, Jangan Panik Lakukan Ini
TRENDING | 25 Maret 2020 15:59 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Virus corona makin meresahkan masyarakat. Hampir seluruh dunia telah terkena virus mematikan ini. Beberapa negara mengambil langkah lockdown untuk memutus penyebaran virus.

Di Indonesia telah terdapat sekitar 600 lebih kasus Covid-19. Hal ini tentu membuat masyarakat semakin waspada. Oleh karena itu, harus memahami ciri-ciri umum infeksi virus corona covid-19. Berikut ulasannya:

1 dari 7 halaman

Demam Tinggi

ilustrasi demam tinggi

2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ocskay Bence

Selain mencermati gejala-gejala fisik seperti demam tinggi, Anda juga dapat mencermati hal lain. Dengan mengingat kembali riwayat perjalanan Anda, hal tersebut dapat membantu untuk menelusuri virus. Apabila Anda pernah melakukan perjalanan ke wilayah atau negara yang terinfeksi virus corona covid-19, maka bisa saja terjadi penularan virus corona covid-19 tersebut.

2 dari 7 halaman

Sesak Napas

ilustrasi sulit bernapas

Shutterstock/Image Point Fr

Sesak napas menjadi salah satu indikator penting dalam mengenali virus corona covid-19. Karena pada dasarnya, virus corona covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia dan sistem kekebalan tubuh yang ada di dalamnya.

3 dari 7 halaman

Sakit Kepala

006 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Gejala ini pada dasarnya muncul bersamaan dengan demam tinggi yang dialami oleh orang yang terinfeksi virus corona covid-19. Gejala-gejala dari virus corona covid-19 memang mirip dengan flu biasa. Namun, kita perlu waspada dan berhati-hati terhadap apapun yang terjadi pada tubuh kita.

4 dari 7 halaman

Flu dan Pilek

ilustrasi pilek

Shutterstock/DPiX Center

Flu adalah salah satu gejala yang nampak pada orang yang terinfeksi virus corona covid-19. Dengan mengetahui dan mengenali gejala ini, Anda dapat waspada dan tidak perlu panik berlebihan. Cukup lakukan tindakan pencegahan agar virus corona covid-19 tidak menular pada Anda dan orang-orang terdekat.

Namun, apabila Anda sendiri sedang mengalami flu dan pilek, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan etika bersin. Bersin dapat dilakukan dengan menutup hidup dan mulut menggunakan bagian dalam siku tangan. Sebab, cairan pada bersin merupakan media yang baik bagi virus corona covid-19 berpindah dan memiliki inang baru .

5 dari 7 halaman

Batuk

ilustrasi batuk

medicalnewstoday.com

Ciri umum dari infeksi virus corona covid-19 yang terakhir adalah batuk. Apabila mengalami gejala ini, apalagi seusai melakukan perjalanan ke wilayah pandemik virus corona covid-19, lakukan isolasi diri sesegera mungkin. Anda juga dapat menghubungi tenaga medis terdekat untuk melakukan tes deteksi virus corona covid-19.

6 dari 7 halaman

Lakukan Tindakan Pencegahan

ilustrasi mencuci tangan dengan sabun

shutterstock.com/lyf1

Sebagai tindakan pencegahan, Anda tidak perlu panik. Cukup taati imbauan dari Pemerintah untuk melakukan social distancing dan bekerja dari rumah. Hindari kegiatan di luar rumah untuk sementara waktu. Selain itu, lakukan pula beberapa tindakan pencegahan yang lainnya seperti mencuci tangan dengan bersih, selalu menjaga kebersihan sanitasi, menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

Selain itu, konsumsi pula air mineral dengan cukup yaitu 8 gelas per hari dan imbangi pula dengan melakukan olahraga yang dapat dilakukan di rumah serta gunakan masker apabila Anda sedang memiliki gangguan kesehatan.

Usahakan untuk menghindari panic buying. Beli kebutuhan yang menjadi prioritas Anda selama beberapa kurun waktu tertentu. Hitung kebutuhan selama beberapa hari, hindari pemborosan secara finansial. Pertimbangkan agar kebutuhan dasar seperti makanan tidak terbuang sia-sia.

7 dari 7 halaman

Langkah Penanganan Pertama Gejala Virus Corona Covid-19

ilustrasi menelpon

shutterstock.com/cristovao

Jika Anda sendiri ataupun orang-orang terdekat mengalami gejala tersebut, Anda tidak perlu panik berlebihan. Segera hubungi pihak yang terkait.

Taati anjuran Pemerintah dengan melakukan tes deteksi virus corona covid-19 dengan menghubungi call center penanganan virus corona covid-19 pada COVID19.GO.ID (+62811 3339 9000) atau 119. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi rumah sakit yang menjadi rujukan di wilayah tempat tinggal Anda.

Sampaikan segala keluhan kesehatan Anda serta riwayat perjalanan dan interaksi sosial Anda kepada tenaga medis dan pihak terkait. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk meminimalisir penyebaran virus corona covid-19 di wilayah Anda.

(mdk/mta)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami