Kisah Kesederhanaan Syafii Maarif, Pilih Naik Sepeda Pemobil Sampai Segan Menyalipnya

Kisah Kesederhanaan Syafii Maarif, Pilih Naik Sepeda Pemobil Sampai Segan Menyalipnya
Ganjar jenguk Buya Syafii Maarif. ©istimewa
TRENDING | 27 Mei 2022 12:38 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau lebih akrab disapa Buya Syafii wafat, Jumat (27/5). Buya Syafii menghembuskan napas terakhirnya di RS PKU Muhammadiyah Gamping pada pukul 10.15 WIB.

Kabar duka mendalam ini disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, melalui pesan singkatnya.

Banyak kenangan semasa hidup almarhum yang begitu berkesan dan penuh teladan. Selama ini Buya Syafi'i terkenal dengan kesederhanaan serta idealismenya dalam membela kebenaran dan keadilan.

Selain itu, kesederhanaan sang guru bangsa ini turut membekas di hati. Hingga salah satu momennya bersepeda kala itu sempat viral di media sosial Twitter dan menjadi trending topic. Bahkan putri Gus Dur, Alissa Wahid sampai ikut berkomentar.

Simak video dan kisah kesederhanaan Syaffi Maarif, hingga pemobil pun tak berani menyalipnya berikut ini, seperti dihimpun dari akun Twitter @budhihermanto, Jumat (27/5).

2 dari 6 halaman

Direktur Ini Tak Berani Salip Pesepeda

kesederhanaan syaffi maarif
Twitter @budhihermanto ©2022 Merdeka.com

Sebuah video berdurasi 32 detik memperlihatkan seorang pemobil yang tak berani menyalip pesepeda berpenampilan begitu sederhana.

Pemobil sekaligus perekam video tersebut adalah Budhi Hermanto. Budhi Hermanto merupakan Direktur di Perkumpulan Masyarakat Peduli Media.

Dalam akun Twitter pribadinya @budhihermanto, Budhi membagikan video yang memperlihatkan dirinya berada di belakang seorang pengendara sepeda onthel. Melalui unggahannya, ia mengaku tak berani menyalip pesepeda tersebut.

"Saya gak berani menyalip pengendara sepeda bertopi merah ini, ketemu di kompleks perumahan nogotirto, semoga beliau selalu diberi kesehatan, berkah," cuitnya di Twitter. (mdk/kur)

Baca juga:
Cantiknya Idayati Adik Jokowi di Hari Pernikahan, Bikin Pangling Kebayanya Elegan
Tak Kalah Sama Polwan, Begini Potret Seru Satpam Cantik Jika Kumpul
Potret Pasangan Kekasih Dua-duanya TNI, Ternyata Sama-Sama PM & Teman Satu Letting

3 dari 6 halaman

Anak Gus Dur Ikut Berkomentar

kesederhanaan syaffi maarif

Twitter @budhihermanto ©2022 Merdeka.com

Unggahan sang pegiat literasi media dan komunitas di Indonesia, Budhi Hermanto tersebut lantas dikomentari pula oleh putri dari Presiden Indonesia ke-4 Gus Dur.

Melihat unggahan videonya, putri Gus Dur, Alissa Wahid sampai ikut berkomentar. Ia menyematkan doa kepada Buya Syaffi di unggahan Budhi Hermanto.

kesederhanaan syaffi maarif
Twitter @budhihermanto ©2022 Merdeka.com

"Buyaaaaaaaaa.....
Semoga Buya Syafii Maarif selalu sehat wal afiyat.
Aduh saya mbrebes mili. Beliau panutan saya dalam banyak hal," tulis @AlissaWahid.

 

4 dari 6 halaman

Sosok Guru Bangsa yang Sederhana

jokowi jenguk buya syafii maarif
Jokowi Jenguk Buya Syafii Maarif  ©2022 Merdeka.com/mukhlis jr biro pers istana

Pesepeda yang mengenakan topi merah itu rupanya mendiang Ahmad Syafi'i Maarif atau biasa disapa Buya Syafii semasa beliau masih hidup.

Buya Syafii merupakan seorang profesor, ulama dan cendikiawan Indonesia. Ia diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP), serta pendiri Maarif Institute.

Buya Syafi'i lahir di Nagari Calau, Sumpur Kudus, Minangkabau, Sumatera Barat pada 31 Mei 1935.

Sosoknya begitu disegani di tanah air. Buya Syafii terkenal akan kesederhanaan dan idealismenya. Kisah masa kecilnya pun pernah ditorehkan dalam novel berjudul 'Si Anak Kampung' karya Damiem Demantra. Bahkan difilmkan dan meraih penghargaan pada America International Film Festival (AIFF).

Menurut informasi yang dihimpun, mendiang pernah mengikuti Program Master di Departemen Sejarah Universitas Ohio, Amerika Serikat. Sementara gelar doktornya diperoleh dari Program Studi Bahasa dan Peradaban Timur Dekat, Universitas Chicago, AS.

Baca juga:
Keren! Para Prajurit TNI Pakai Motor Berbahan Bakar Air, Penciptanya Warga Cirebon
Nenek Jualan di Kopassus 65 Tahun Dihormati Jenderal Hatinya Mulia, Lihat Kebaikannya
Momen Ayah Mertua Cium Kening Panglima TNI Andika, Harmonisnya Keluarga Sang Jenderal

5 dari 6 halaman

Kabar Duka, Buya Syafii Meninggal Dunia

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan kabar duka, Ahmad Syafii Maarif telah berpulang ke Pangkuan Ilahi, Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Haedar dalam pesan singkatnya.

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya," imbuh Haedar.

Haedar menambahkan terkait pemakaman dan informasi lainnya menyusul. Informasi sementara, Buya Syafii akan disalatkan dan disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, Buya Syafii sempat menjalani rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Gamping sekian kali. Beliau sempat menjalani perawatan karena mengalami serangan jantung ringan.

6 dari 6 halaman

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami