Kisah Tio Nugroho jadi Mualaf karena 'Kesetrum' Suara Adzan, Nangis Usai Syahadat

Kisah Tio Nugroho jadi Mualaf karena 'Kesetrum' Suara Adzan, Nangis Usai Syahadat
Tio Nugroho jadi Mualaf karena Kesetrum Suara Adzan. kanal YouTube Jadi Gimana Network dan Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com
TRENDING | 13 April 2022 09:41 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Bagi para pecinta olahraga sepak bola pasti sudah tak asing lagi dengan sosok Tio Nugroho. Presenter kondang mengawali karier di dunia entertainment sejak 1999.

Karier Tio di layar televisi kian melejit. Hingga banyak tawaran untuk berakting di sejumlah sinetron kala itu.

Hingga kisah spiritualnya mencuri perhatian publik. Di tahun 2019, pemilik nama asli Imanuela Bagus Aditio Nugroho resmi memeluk agama Islam.

Tio mualaf dengan dibimbing Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Perjalanan spiritualnya cukup apik.

Tio menceritakan ada momen kala dirinya 'kesetrum' suara adzan. Padahal selama 42 tahun ia mendengar adzan tersebut lima kali sehari, baru kali ini ia merasakan ada yang berbeda.

Melansir dari kanal YouTube Jadi Gimana Network, Rabu (13/4), simak kisah perjalanan spiritual Tio Nugroho yang inspiratif berikut ini.

2 dari 8 halaman

Lahir dari Keluarga Beragama Plural

tio nugroho jadi mualaf karena kesetrum suara adzan
kanal YouTube Jadi Gimana Network dan Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com

Presenter Tio Nugroho menceritakan momen kala dirinya mendapatkan hidayah. Selama 42 tahun, Tio mengaku tak pernah menaruh spesial pada suara adzan.

"Semenjak mendapatkan hidayah itu semuanya berubah. Ketika gua dengar adzan dan gua merinding. Gua enggak bilang agama itu jelek, yang jelek itu manusianya. Jadi gua dari keluarga Katolik yang kuat. Tapi saat gua mendengar suara adzan setelah selama 42 tahun itu gua sering dengar, sering itu sehari lima kali itu biasa aja," kata Tio.

Apalagi pria kelahiran 24 Desember 1977 itu berasal dari keluarga yang menekan pluralisme. Setiap anggota keluarga besarnya memiliki keyakinan berbeda dan tetap akur bersama.

Diketahui Tio merupakan putra kedua dari 3 bersaudara. Pasangan Ignatius Sridianto dan Veronica Nining.

"Gua dari keluarga Katolik yang kuat ya. Jadi gini, eyang gua dari papa-mama, 4 almarhum semuanya haji-hajah. Cuma keluarga gua ke bawah itu ada yang Kristen ada yang Katolik, ada yang Hindu. Jadi nama gua ada Bali-Balinya, plural," imbuhnya. (mdk/kur)

Baca juga:
Sempat Bikin Heboh, Ternyata Ini Alasan Nathalie Holscher Pindah Agama
Kisah Bupati Mati Suri Akibat Narkoba, Disiksa Sosok Putih Lalu Pilih Jadi Mualaf

3 dari 8 halaman

Peristiwa Kesetrum Suara Adzan saat Ramadan

tio nugroho jadi mualaf karena kesetrum suara adzan
kanal YouTube Jadi Gimana Network dan Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com

Sepulang dari tugas siaran di salah satu stastiun televisi, Tio mendengar adzan subuh. Ia seperti mendapatkan sengatan listrik atau setruman berbeda.

Tio bahkan merinding kala menceritakan momen itu kembali. Peristiwa yang terjadi di bulan suci Ramadan.

"Tapi di hari itu, gua seperti kena kesetrum. Merinding gua, ya Allah. Adzan subuh, itu gua habis siaran di TVRI, siaran bola championship. Ketika itu pulang jam 4 lebih, kita nongkrong dari jam 2. Gua dengar adzan di TVRI 2019, itu di bulan suci Ramadan juga," sambung Tio.

4 dari 8 halaman

Seakan Dituntun ke Masjid

Pembawa acara senior itu lantas pergi ke masji, dalam perjalanan pulangnya. Tio mengaku seraya ada yang menuntunnya ke sana.

tio nugroho jadi mualaf karena kesetrum suara adzan
kanal YouTube Jadi Gimana Network dan Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com

Ia sampai bingung menjelaskan hal yang dirasakannya kala itu. Tio memutuskan untuk duduk di masjid dan memerhatikan para jamaah datang lalu mengambil wudhu.

"Dengar suara adzan itu gua kayak kesetrum. Kesetrum kayak disetrum. Yang gua ke masjid, lihat orang pada wudhu dan gua duduk, cuma bisa lihat. Gua kayak dituntun, 'ayo ikut'. Gua kan enggak tahu mereka pada wudhu, sampai ada bapak-bapak (ngajak) 'Ayo mas kita jamaah'. Haha gua enggak ngerti," ceritanya.

Bahkan Tio tak segan duduk di barisan paling belakang untuk bisa melihat salat subuh berjamaah secara langsung.

"Akhirnya gua duduk di belakang, gua lihat indah banget ya mereka pakai salat barengan berjamaah. Ada yang wudhu buru-buru demi bisa berjamaah. Gua pulang habis itu, tidur," sambungnya.

Baca juga:
Kisah Anak Tionghoa Mualaf, Dulu Jual Kacang di Istiqlal Kini Proyeknya Rp15 Triliun
Dj Katty Butterfly Putuskan jadi Mualaf, Ini Momennya

5 dari 8 halaman

Kembali Merasakan Sensasi Indah dari Adzan

tio nugroho jadi mualaf karena kesetrum suara adzan

kanal YouTube Jadi Gimana Network dan Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com

Masih di hari yang sama, Tio seakan kembali mendapatkan hidayah saat mendengar adzan Zuhur.

Telinganya seperti mendengar ada yang menyanyikan lagu untuknya. Bahkan diakui oleh Tio, adzan Zuhur kala itu seperti lagu paling indah dalam hidupnya.

"Pas Zuhur, dengar adzan kayak ada yang nyanyiin kayak hmm. Gua kan kalau nge-DJ kayak main progresif ya, dan ini (adzan) lebih indah dari segala lagu, kayak lagi dilantunkan," ujar Tio.

6 dari 8 halaman

Kesetrum Adzan Sekian Kali

tio nugroho jadi mualaf karena kesetrum suara adzan
kanal YouTube Jadi Gimana Network dan Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com

Tak berhenti di situ, Tio mengaku kembali merasakan ada setruman saat mendengar adzan. Di hari yang sama saat adzan Maghrib berkumandang.

Kemudian adzan di keesokan harinya. Ia kembali merasakan ada yang mengajaknya untuk pergi ke masjid. Sesampainya di sana, ia menceritakan pengalaman uniknya kepada rekannya. Ia disebut telah mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

"Ashar gua enggak merasa, akhirnya Maghrib merasa kesetrum. Di hari esoknya, gua kayak kesetrum lagi. Kayak ada yang ngasih tahu untuk ke masjid. Gua ngobrol-ngobrol di masjid. Di Alquran ada enggak si kalau dengar adzan terus (begini). Katanya ada hidayah, namanya seperti itu," ungkap Tio.

Baca juga:
Fitria Yusuf Anak Bos Jalan Tol yang Jadi Mualaf Menikah, Syahrini Ikut Komentar
Kisah Inspiratif Johari Zein, Crazy Rich Mualaf Dapat Banyak Untung Usai Sedekah

7 dari 8 halaman

Mulai Belajar Islam

tio nugroho jadi mualaf karena kesetrum suara adzan
kanal YouTube Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com

Kian heran akan pengalaman spiritualnya, Tio akhirnya memutuskan untuk meminta saran dan pendapat dari temannya. Karena itu adalah kali pertama dalam hidup bisa sekian kali kesetrum adzan.

"Akhirnya gua mencoba mengobrol dengan teman gua, Akmal Marhali. Salah satu kiai NU, komentator, dan dekat dengan abah Ma'ruf Amin. Kita ngobrol, saya seperti ini apa hidayah. Ini saya baru pertama kali ngerasain," papar Tio.

Sebuah keistimewaan yang mungkin sulit dijelaskan secara nalar. Bacaan surah dalam bahasa Arab yang baru dipelajarinya, seketika mudah dihapalkan oleh Tio.

"Katanya enggak semua orang bisa seperti itu. Oke saya coba pelajari, ternyata memang ketika gua salat pertama, Alfatihah gua lancar banget. Annas, gua bisa langsung itu," imbuhnya.

8 dari 8 halaman

Mualaf Dituntun Maruf Amin

Akhirnya, Tio mengucapkan dua kalimat syahadat dituntun langsung oleh Kiai Haji Ma'ruf Amin di kediamannya Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta pada Sabtu, 1 Juni 2019.

tio nugroho jadi mualaf karena kesetrum suara adzan
kanal YouTube Jadi Gimana Network dan Islam Trending TV ©2022 Merdeka.com

Seketika tangisnya pecah di hadapan Ma'ruf Amin. Tio tak sanggup menahan derai air mata usai mengucapkan dua kalimat syahadat.

"Alhamdulillah, hari ini kita mendengar saudara Imanuela Bagus Aditio Nugroho menyatakan ingin mengucapkan syahadat untuk memeluk agama Islam tanpa paksaan siapa pun, dan atas kehendak sendiri," kata Ma'ruf Amin.

Menurutnya, peristiwa yang dialami Tio merupakan sebuah anugerah dari Allah yang tidak bisa dirasakan oleh semua orang. Ma'ruf lantas memintanya untuk menanggalkan nama baptisnya, dan diganti menjadi 'Muhammad'.

"Ini merupakan anugerah Allah, karena hidayah itu haknya Tuhan kepada siapa saja yang dikehendaki. Kita doakan, semoga saudara Tio ditetapkan keimanannya, dan menjadi muslim yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Tinggal tambah saja Ahmad atau Muhammad di depan Bagus Aditio Nugroho. Tapi, nama Immanuel jangan dipakai lagi," pungkasnya.

Baca juga:
Steven Indra, Seorang Mualaf Rela Jual Aset Rp12 Miliar Bantu Tangani Covid-19
Kisah Bupati Mati Suri Akibat Narkoba, Disiksa Sosok Putih Lalu Pilih Jadi Mualaf
WNI Kisahkan Warga di Mekkah Banyak Pindah Rumah saat Musim Haji, Ini Sebabnya
Potret Goa Hira Saat Ini, Tempat Pertama Nabi SAW Menerima Wahyu Allah
Asal Usul Beli Baju Baru Jelang Lebaran, Begini Sejarahnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini