Kreatif Abis, Jajaran Polisi Ini Sulap Knalpot Brong jadi Barang Seni Cantik & Unik

Kreatif Abis, Jajaran Polisi Ini Sulap Knalpot Brong jadi Barang Seni Cantik & Unik
Razia Knalpot Bising Sepeda Motor. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia
TRENDING | 24 Juni 2022 12:51 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Berkendara di jalan raya sudah selayaknya taat terhadap aturan yang berlaku. Tak menggunakan knalpot brong misalnya.

Alhasil, petugas pun seringkali menindak hingga menghancurkan knalpot brong sebagai konsekuensinya. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh jajaran polisi berikut ini.

Para anggota polisi tersebut justru sukses menyulap ratusan knalpot brong menjadi barang seni berkelas tinggi. Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Polisi Sita Knalpot Brong

Melansir dari akun Instagram @ini_polisi, ada cerita inspiratif yang berasal dari jajaran Polres Tanjung Balai, Sumatera Utara. Satuan kepolisian di bawah tanggung jawab AKBP Triyadi tersebut berhasil menyita sejumlah knalpot brong.

Tak lain, sejumlah knalpot brong tersebut merupakan hasil sitaan dalam Operasi Patuh yang dilaksanakan berdasarkan relugasi.

Penyitaan tersebut merupakan tindak lanjut dari petugas atas pelarangan bagi masyarakat untuk tidak menggunakan knalpot brong saat berkendara. Sebab, suara yang dihasilkan knalpot brong disebut bakal mengganggu ketertiban masyarakat.

jajaran polisi ini sulap knalpot brong jadi barang seni cantik amp berkelas
Instagram @ini_polisi ©2022 Merdeka.com

"Dalam rangka Operasi Patuh, kita telah melakukan beberapa penindakan khususnya tentang masalah knalpot brong," ujar AKBP Triyadi melalui video singkat.

3 dari 4 halaman

Knalpot Brong Bawa Inspirasi

Selama ini, penindakan terhadap barang sitaan seringkali cukup dikembalikan maupun dihancurkan. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh jajaran Polres Tanjung Balai.

Memiliki ratusan knalpot brong justru membuat petugas mendapatkan inspirasi. Jajaran kepolisian bersama masyarakat memiliki tekad untuk senantiasa mengolahnya kembali.

Sehingga, sejumlah knalpot hasil sitaan tersebut tidak terbuang sia-sia. Masih ada nilai yang dapat dipertahankan dari barang sitaan tersebut.

jajaran polisi ini sulap knalpot brong jadi barang seni cantik amp berkelas
Instagram @ini_polisi ©2022 Merdeka.com

"Mungkin selama ini telah banyak knalpot brong yang ditangkap (itu) dikembalikan atau dihancurkan. Untuk kali ini, Polres Tanjung Balai ada sebuah ide berupa hasil karya anak Tanjung Balai," tambah AKBP Triyadi.

4 dari 4 halaman

Disulap jadi Barang Seni

Inspirasi tersebut yakni berupa menyulap knalpot brong menjadi salah satu barang seni. Dirangkai sedemikian rupa serta diberi warna.

Hasilnya, terdapat dua barang seni yang berkelas dan bernilai tinggi. Salah satunya yakni berbentuk ikan, sementara yang lainnya yaitu berupa rangkaian berbentuk sepeda motor.

Kedua barang bernilai seni tersebut lantas sengaja dipamerkan jajaran Polres Tanjung Balai dengan bangga. Kedua barang seni tersebut bahkan tak segan dipajang di depan halaman kantor Polres Tanjung Balai.

jajaran polisi ini sulap knalpot brong jadi barang seni cantik amp berkelas
Instagram @ini_polisi ©2022 Merdeka.com

"Kita buat jadi suatu bentuk seni. Knalpot brong tidak kita buang tapi kita bentuk dan rangkai jadi seperti ini. Ini kita tempel di depan Polres,"

Video

Berikut video selengkapnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by ini POLISI (@ini_polisi)

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini