Langkah WHO Atasi Virus Corona di Dunia, Ini Terobosan yang Dipersiapkan

Langkah WHO Atasi Virus Corona di Dunia, Ini Terobosan yang Dipersiapkan
TRENDING | 30 Maret 2020 14:50 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Merdeka.com - Upaya-upaya untuk mencegah penyebaran virus corona masih terus dilakukan. Tidak hanya oleh sejumlah negara saja, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia juga turut mengupayakan.

WHO dilaporkan akan meluncurkan sebuah aplikasi khusus Covid-19 di sistem operasi Android dan iOS. Hadirnya aplikasi ini untuk melawan penyebaran informasi-informasi tidak kredibel (disinformasi) terkait virus corona.

1 dari 6 halaman

Mulai Tersedia pda 30 Maret 2020

Dihimpun dari BGR, Senin (30/3/2020), aplikasi keluaran WHO ini akan mulai tersedia pada 30 Maret 2020. Akan tetapi, aplikasi ini tampaknya belum hadir di wilayah Indonesia.

direktur who tedros adhanom ghebreyesus

2020 REUTERS/Denis Balibouse

Melansir dari Liputan6.com, Senin (30/3/2020), aplikasi yang diberi nama WHO MyHealth App ini dikembangkan bersama beberapa mantan karyawan Microsoft dan Google. Mereka juga diketahui sebagai konsultan dan ambassador WHO.

2 dari 6 halaman

Bersifat Open Source

Berdasarkan laporan, aplikasi itu akan bersifat open source. Di mana memungkinkan untuk seseorang atau beberapa orang ikut membantu mengembangkannya.

Adapun informasi dalam aplikasi ini dikabarkan tidak berbeda jauh dari bot resmi WHO di WhasApp. Di dalam aplikasi ini nantinya akan menampilkan informasi seputar gejala dan tindakan yang harus dilakukan jika pengguna terinfeksi virus Covid-19.

3 dari 6 halaman

Layanan Aplikasi WHO MyHealth

Melansir dari Liputan6.com, aplikasi ini juga akan memberikan tips bagi pengguna dalam melindungi dirinya dari paparan virus corona. Dari laporan terbaru juga dikatakan fitur di aplikasi ini akan terus diperbarui.

direktur who tedros adhanom ghebreyesus

2020 REUTERS/Denis Balibouse

Salah satunya yakni notifikasi yang memberitahu pengguna jika mereka sedang berada di lokasi yang terdampak Covid-19 cukup tinggi maupun ada laporan di sekitarnya.

4 dari 6 halaman

Membuat Versi Web

Tidak perlu khawatir bagi kalian yang tidak memiliki smartphone. WHO juga berencana membuatnya dalam versi web untuk lebih memudahkan seseorang yang tidak memiliki smartphone.

Adanya terobosan tersebut diharapkan informasi terkait Covid-19 bisa tersalurkan ke seluruh penjuru dunia. Dan tidak ada lagi informasi dan berita simpang siur terkait penyebaran virus ini.

5 dari 6 halaman

Google Rilis Web Khusus Covid-19

Sebelumnya, pada Sabtu (21/3/2020), Google telah merilis situs web untuk Amerika Serikat (AS) yang berisikan informasi mengenai Covid-19. Informasi tersebut juga termasuk panduan dan pengujian terkait virus.

Dilansir oleh Liputan6.com yang dikutip dari Reuters, Minggu (22/3/2020), situs web tersebut dapat diakses melalui google.com/covid19. Menurut keterangan dari pihak Google, situs web ini akan tersedia di sejumlah negara dengan banyak bahasa dalam beberapa pekan ke depan.

google di shanghai

REUTERS/Aly Song

"Kami telah bekerja dengan lembaga-lembaga dan otoritas terkait untuk merilis sebuah situs web - tersedia di google.com/covid19 - yang fokus pada pendidikan, pencegahan, dan sumber daya lokal," demikian penjelasan yang tertulis di blog Google.

"Orang-orang bisa menerima informasi berbasis negara, keamanan, dan tip pencegahan, tren pencarian terkait Covid-19, dan sumber daya lebih lanjut untuk individu, pendidik, dan bisnis," sambung perusahaan.

6 dari 6 halaman

Apple Rilis Situs Informasi Covid-19

Kemudian, Apple juga telah mengumumkan tengah merancang sebuah situs web yang menyediakan informasi terkait Covid-19 secara akurat. Situs ini juga dibuat untuk membantu upaya melawan informasi palsu atau hoaks yang kerap menyebar luas.

logo apple

2020 Reuters

Untuk memberikan informasi secara akurat, Apple tidak hanya meluncurkan situs web saja melainkan juga sebuah aplikasi yang menyertainya.

"Pada gilirannya, mereka akan menerima rekomendasi dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk melakukan langkah selanjutnya, termasuk panduan social distancing dan isolasi diri, cara memonitor gejala secara cermat, direkomendasikan atau tidaknya tes pada saat ini, dan kapan harus menghubungi penyedia medis," sambungnya.

(mdk/tan)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5