Lesehan di Depan Jeruji Besi, Kapolres Ini Nasihati Para Tahanan, Aksinya Disorot

Lesehan di Depan Jeruji Besi, Kapolres Ini Nasihati Para Tahanan, Aksinya Disorot
Lesehan di Depan Jeruji Besi, Kapolres Ini Nasihati Para Tahanan. Instagram @polisi_indonesia ©2022 Merdeka.com
TRENDING | 23 Mei 2022 08:10 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Membimbing para tahanan untuk memulai hidup baru di jalan yang baik, merupakan salah satu tanggung jawab anggota Polri yang bertugas. Hal itu tengah dilakukan oleh Kepala Kepolisian Resor Palopo.

Bahkan aksi Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf Usman dalam merangkul para tahanan sontak jadi sorotan. Ia bersanding, duduk lesehan bersama di depan jeruji besi.

Tak kalah mencuri perhatian, kalimat yang disampaikannya begitu mengetuk pintu hati. Simak video dan ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dihimpun dari akun Instagram @polisi_indonesia, Senin (23/5).

2 dari 6 halaman

Lesehan Bareng Tahanan di Dalam Bui

lesehan di depan jeruji besi kapolres ini nasihati para tahanan

Instagram @polisi_indonesia ©2022 Merdeka.com

Kapolres Palopo AKBP Yusuf Usman tampak duduk lesehan bersama sejumlah rekannya di balik jeruji besi. Mereka berhadapan dengan para tahanan Polres Palopo, Sulawesi Selatan.

Ia seakan menyatu, berbaur dengan menyebut para tahanan sebagai 'saudara' bukan dengan julukan kalian atau kamu. Mantan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel tersebut memberikan pesan yang mendalam dan indah didengar.

"Saya titip pesan untuk saudara-saudara semua untuk kita bisa lebih baik, Insyaa Allah kita pasti bisa lebih baik. Karena fitrahnya manusia itu lahir di muka bumi, Allah ciptakan tumbuhan, hewan, binatang, manusia semuanya baik. Siapa yang mewarnai hati nanti, kita sendiri," kata Yusuf.

Baca juga:
Bus Kebakaran Saat Parkir, Meski Rugi Jawaban Owner PO Haryanto Bijak Banget
OJT Taruna Akmil ke Markasnya Mayjen Kunto, Sosok Enzo Zenz Allie Curi Perhatian
Potret Lawas Ibu Kombes Cantik Ikut Parade Surya Senja, Berprestasi dari Dulu

3 dari 6 halaman

Nasihat Kapolres Yusuf Bikin Bersemangat

lesehan di depan jeruji besi kapolres ini nasihati para tahanan
Instagram @polisi_indonesia ©2022 Merdeka.com

Perwira jebolan Akademi Kepolisian 2003 ini mengajak para warga binaan rumah tahanan Polres Palopo untuk lebih banyak berdoa lagi. AKBP Yusuf menasihati mereka, bahwa pribadi manusia masih bisa berubah jadi lebih baik.

Tidak terpatok pada keyakinan takdir. Tapi percaya bahwa semua memiliki kesempatan untuk merubah takdir muallaq. Di mana di dalamnya ada ketentuan Allah, yang mengikutsertakan peran manusia melalui ikhtiar dan doa.

"'Komandan, kan sudah ditetapkan ini orang jahat, ini orang baik. Takdir namanya.' Iya takdir (takdir muallaq) bisa diubah dengan apa? Dengan doa. Lebih banyak berdoa," tegas Kapolres Yusuf.

4 dari 6 halaman

Kapolres Tegaskan, Tidak Boleh Pesimis

lesehan di depan jeruji besi kapolres ini nasihati para tahanan
Instagram @polisi_indonesia ©2022 Merdeka.com

Tak berhenti di situ, putra asal Makassar ini juga tegas mengingatkan untuk tidak boleh pesimis dalam berdoa dan senantiasa berbuat kebaikan. Selain itu, harus sabar dalam menanti doa yang terkabul.

"Jika belum dikabulkan itu doa, mungkin besok, lusa, minggu depan. Tidak dikabulkan di kehidupan kita, nanti dikabulkan di akhirat. 'Saya minta kerja, enggak dikasih'. Jangan kecil hati, harus selalu punya semangat untuk bisa berubah, untuk membuat kebaikan," pesan AKBP Yusuf.

Ditambah lagi, nasihat Kapolres Yusuf untuk bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang sekitar. Selalu mengingat keluarga dan Tuhan di setiap langkah.

"Harus punya manfaat untuk orang lain. Makanya kalau kita ingin bertindak sesuatu, maka ingat keluarga. Ingat Allah yang selalu melihat kita, apa pun yang kita lakukan," pungkasnya.

Baca juga:
Kapolres Ini Mendadak Panggil Anak Buah Bikin Deg-degan, Beri Hadiah Tak Terduga
Jelang Pelantikan, Panglima TNI Panggil Orangtua Taruna Akmil Ke Podium 'Horas'
Hormat Komando Dua Kakak Adik Perwira TNI, Selalu Jaga Kekompakan

5 dari 6 halaman

Aksi Kapolres Tuai Pujian

lesehan di depan jeruji besi kapolres ini nasihati para tahanan
Instagram @polisi_indonesia ©2022 Merdeka.com

Tak ayal video berdurasi sekira satu menit itu lantas jadi sorotan publik. Aksi Kapolres Palopo Yusuf Usman sontak menuai pujian banyak warganet. Sebagian yang lain turut mendoakan kesuksesannya sebagai pemimpin yang amanah.

lesehan di depan jeruji besi kapolres ini nasihati para tahanan

Instagram @polisi_indonesia ©2022 Merdeka.com

"Masya Allah, semoga selalu istiqomah dan amanah pak Kapolres 🙏," tulis akun @burhannasution.

"Mantap komandan...sukses dan teruslah menebar kebaikan komandan teladan dan panutan," komentar akun @subhan_ershi_wtda44.

"Subahanallah, baru kali ini saya melihat seorang Kapolres yang turun memberikan pencerahan langsung kpd Tahanan ( Jarang sekali ditemukan Kaoolres yang melakukan kegiatan ini ), bukan hanya memberikan Pengayoman, Perlindungan dan Penegakkan hukum ditengah masyarakat akan ttp ada yang lebih pebting lagi mereka adalah para Tahanan yang ada dipolres untuk diberikan penyuluhan," tukas akun @eko_daniyanto.

"MasyaAllah...semoga sehat selalu untuk Bapak kapolres... 🤲🤲🤲," komentar akun @ampuhkurniadi.

"Ganteng,muda dan enerjik, ke depannya jadi Kapolri 👍," tulis akun @rumah_makan.ilfa.

"Mantab Pak Kapolres mi ...👍😄," tukas akun @mulyadipolinwan.

6 dari 6 halaman

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami