Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan, Buat Fungsi Tubuh Lebih Maksimal

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan, Buat Fungsi Tubuh Lebih Maksimal
Ilustrasi garam himalaya. ©shutterstock
TRENDING | 23 Juni 2022 09:22 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Manfaat garam Himalaya bisa dibilang cukup baik untuk kesehatan. Himalayan Salt atau garam Himalaya adalah sejenis garam batu berwarna merah muda. Bukan seperti garam biasa yang berasal dari laut, garam Himalaya ini terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan lava, salju, dan es.

Garam ini berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia bernama Khewra Salt Mine yang ada di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Bisa dibilang, garam ini merupakan salah satu garam paling murni di dunia. Tak heran jika kandungan natrium klorida di dalamya bisa mencapai 98 persen.

Terdapat juga kandungan lainnya yang terdapat pada garam Himalaya seperti kalium, magnesium, dan juga kalsium. Kandungan mineral tersebut dikatakan dapat bervariasi tergantung dari mana garam Himalaya itu berasal. Lalu, apa saja manfaat dari garam Himalaya bagi kesehatan Simak ulasannya dilansir dari halodoc dan berbagai sumber, Kamis (23/6/2022):

2 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya

Seperti kita ketahui, bahwa sodium merupakan mineral penting bagi tubuh yang ditemukan dalam garam. Tubuh membutuhkan ini untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi garam sesuai yang dibutuhkan dapat mengurangi risiko infeksi dan membunuh bakteri berbahaya. Tak heran jika mengonsumsi garam Himalaya sebagai garam paling murni di dunia juga bermanfaat bagi tubuh. Ini manfaatnya:

Jaga Keseimbangan Tekanan Darah

Melansir dari laman Halodoc, disebutkan jika garam Himalaya berpotensi membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi. Hal ini disebabkan karena kandungan sodium dalam garam tersebut yang lebih sedikit dibandingkan dengan garam dapur. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi garam Himalaya secara berlebihan.

Sebagai garam alami, Himalayan Salt memiliki kandungan tambahan untuk mencegah terjadinya penggumpalan, seperti magnesium karbonat atau natrium aluminosilikat. Sementara itu, proses penyulingan garam himalaya diklaim tidak memakai zat tambahan dalam bentuk apapun. (mdk/khu)

Baca juga:
Niat Puasa Dzulhijjah Tanggal 1 Sampai 9, Lengkap Beserta Keutamaan & Amalannya
Resep Olahan Daging Sapi Khas Nusantara yang Gurih dan lezat
63 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Beragam Bahasa di Dunia, Menarik untuk Dicoba

3 dari 5 halaman

Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Semua jenis garam, tak terkecuali garam himalaya memiliki kandungan natrium klorida di dalamnya. Orang yang melakukan diet garam biasanya akan mengalami sulit tidur. Inilah mengapa, garam himalaya disarankan untuk dikonsumsi karena bisa membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hal ini terkait dengan anggapan bahwa garam himalaya lebih baik daripada garam dapur.

Lebih Menghidrasi Tubuh

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi garam himalaya adalah membantu menjaga cairan atau menghidrasi tubuh. Sebab, garam disebut mampu membantu menjaga keseimbangan cairan di dalamnya.

Garam Himalaya disebut-sebut bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh yang membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Membuat Fungsi Tubuh Lebih Maksimal

Banyaknya kandungan mineral dalam garam himalaya, misalnya zat besi, sulfur, magnesium, kalsium, dan kalium membuat garam ini mampu membantu tubuh melakukan fungsinya dengan lebih maksimal.

Mineral dalam garam Himalaya juga sangat berguna untuk menjaga enzim dan hormon di dalam tubuh tetap terbentuk secara optimal. Sebesar 97% garam Himalaya terdiri dari natrium klorida dan sisanya 3% adalah mineral lain dalam konsentrasi kecil.

Mineral-mineral dalam garam Himalaya ini bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

4 dari 5 halaman

Mengandung Antimikroba

Antimikroba dalam garam selama ini dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Namun, pada garam Himalaya kandungan antimikrobanya disebut bermanfaat untuk kesehatan.

Antimikroba yang ada di dalam garam dapat digunakan tubuh untuk membantu tubuh melawan infeksi. Asupan natrium tinggi yang diperoleh dari garam dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan.

Selain mengandung antimikroba, garam Himalaya juga dikatakan dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Caranya dengan berendam menggunakan air hangat yang diberi Himalayan Salt ini.

Garam ini dapat membantu menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak. Berendam dengan garam Himalaya juga membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang setelah beraktivitas. Hal ini tentu membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan berenergi.

5 dari 5 halaman

Menyeimbangkan Ph Tubuh

himalaya
©shutterstock

Selain membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, natrium juga membantu menyeimbangkan pH tubuh. Natrium dapat menetralkan asam dalam tubuh sehingga membantu menyeimbangkan pH tubuh.

Dengan menyeimbangkan pH tubuh, Anda turut mencegah menurunnya kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal. Di sisi lain, garam Himalaya juga dapat digunakan sebagai antasida karena bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan.

Perbedaan dengan Garam Dapur Biasa

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika garam Himalaya berasal dari timbunan salju dan es selama ribuan tahun. Sehingga, garam ini tidak melalui pemrosesan seperti garam dapur biasa. Hal inilah yang membuat garam Himalaya murni karena tidak ada zat tambahan yang dimasukkan di dalamnya.

Selain itu, garam ini juga mengandung lebih sedikit natrium dibandingkan dengan garam meja sehingga sedikit lebih unggul dari garam dapur yang juga punya manfaat. Namun, asupan natrium yang berlebihan dari garam Himalaya tentu sama kurang baiknya dengan konsumsi garam dapur biasa yang berlebihan.

Berdasarkan informasi, batas konsumsi natrium per hari seharusnya tidak lebih dari 1500 miligram untuk orang dewasa, terutama yang mempunyai masalah dengan tekanan darah.

Baca juga:
6 Resep Gado-Gado Bumbu Kacang Beragam Variasi, Rasa Juara & Bisa Jadi Ide Jualan
10 Manfaat Berkurban Bagi Umat Islam, Penebus Dosa Beserta Menyucikan Diri & Harta
Resep Opor Ayam Kuning yang Lezat dan Mudah Dibuat

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini