Manfaat Moisturizer Bagi Kulit, Salah Satu Rahasia Wajah Glowing

Manfaat Moisturizer Bagi Kulit, Salah Satu Rahasia Wajah Glowing
Moisturizing Cream. ©2016 Merdeka.com
TRENDING | 7 Juni 2022 14:04 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Manfaat moisturizer bagi kulit sangatlah banyak. Salah satu jenis skincare ini direkomendasikan oleh banyak dokter kecantikan untuk rutin digunakan. Hal ini dikarenakan moisturizer memiliki segudang manfaat untuk kulit terutama wajah.

Fungsi moisturizer sendiri berasal dari kandungan yang dimilikinya. Selain bisa menjaga kelembapan, moisturizer baik untuk mengontrol minyak berlebih di wajah.

Moisturizer juga bisa membuat kulit lebih kenyal, kencang, cerah, awet muda dan terhindar dari berbagai masalah. Lalu, apa saja manfaat dari moisturizer untuk kulit? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman healthyoptions dan berbagai sumber, Selasa (7/6/2022):

2 dari 5 halaman

Manfaat Moisturizer

Menghambat Penuaan

Moisturizer adalah jenis skincare yang efektif untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Selain itu, moisturizer juga menjaga kelembapan kulit yang dapat mencegah munculnya garis dan kerutan dini, serta dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan yang sudah ada.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology menemukan, bahwa subjek yang menggunakan pelembab mengembangkan kerutan jauh lebih lambat daripada mereka yang memiliki kulit kering. (mdk/khu)

Baca juga:
Doanya Mujarab Banget, Kisah Hidup Wanita Ini Bukti Omongan Ibu yang Jadi Kenyataan
Cuma Jualan Es Teh Manis, Wanita Muda Ini Raup Omzet Rp2 Juta/Hari
Deddy Corbuzier Resmi Menikah, Adik Ipar Panglima TNI Tulis Pesan Menyentuh

3 dari 5 halaman

Mencegah Jerawat

Moisturizer juga dapat membantu mencegah jerawat. Mereka yang memiliki kulit kering pasti dapat memperoleh manfaat dari hidrasi harian ini. Meskipun minyak berlebih biasanya merupakan penyebab di balik jerawat, kulit kering juga dapat memberi sinyal pada kulit Anda untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Pelembab dapat menjaga kulit Anda dari kompensasi berlebihan dengan sebum. Mereka yang memiliki kulit berminyak juga dapat memetik manfaat dari melembabkan wajah. Anda bisa mendapatkan efek anti-penuaan dan plumping selama Anda memilih formulasi yang tepat untuk jenis kulit Anda. Pilih sesuatu yang bebas minyak dan nonkomedogenik.

Baca juga:
Keponakan Prabowo Budisatrio Djiwandono Lagi-lagi Disorot, Tampannya Bikin Pusing
40 Kuis Logika Sulit dengan Jawabannya, Cocok untuk Uji Kecerdasan
Pengamen Ini Tak Sadar Bawakan Lagu Kotak di depan Personelnya, Tantri 'Yang Benar'



4 dari 5 halaman

Memberikan Perlindungan

Moisturizer juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit Anda. Beberapa bahan untuk masalah kulit tertentu seperti retinol untuk kerutan dan benzoil peroksida membuat jerawat bisa mengering.

Menghaluskan Kulit

Moisturizer dikenal sebagai produk yang bekerja dengan menyegel atau mencegah air keluar dari permukaan kulit. Hal ini yang membuat fungsi moisturizer untuk wajah dapat membuat kulit terasa lebih halus dan tidak terlalu kering.

Pada hakikatnya setelah mencuci muka, lipid pada jaringan kulit ikut terbawa dan menghilang dari permukaan kulit. Hilangnya molekul ini yang membuat kulit terasa kasar.

Fungsi moisturizer untuk wajah ini dapat berperan menggantikan lipid lipid interselular, sehingga kelembapan sehat dapat diciptakan kembali dengan lebih optimal. Kandungan moisturizer dapat mencegah kelembapan alami yang tersisa di kulit tidak hilang menguap.

5 dari 5 halaman

Pilihlah Pelembab yang Tepat

Jika Anda sudah pernah menggunakan pelembab sebelumnya dan tidak terlalu merasakan efek positifnya, mungkin inilah saatnya untuk mengeksplorasi jenis dan merek lain.

Mungkin perlu beberapa kali percobaan sebelum Anda menemukan sesuatu yang sempurna untuk kulit Anda. Jangan lupa juga untuk selalu memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit.

Jika memiliki kulit berminyak sebaiknya menghindari pelembab berbahan dasar minyak. Sedangkan mereka yang memiliki kulit kering bisa mendapatkan hidrasi maksimal dari formulasi krim yang lebih kental. Untuk pemilik kulit sensitif bisa mempertimbangkan menggunakan produk berbahan dasar alami.

Baca juga:
Pemuda Ini Bikin Geger Ngaku Dibegal dan Ditusuk, Fakta Sebenarnya Bikin Kesal
Pernikahan Dua Anak Jenderal, Menantu Kapolda Riau Perwira Muda Polisi
Pria Ini 'Tembak' Gadis di Muka Umum, Tolakan Wanita Bikin Tertawa & Heboh Pengunjung

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini