Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari, Bisa Tingkatkan Kecerdasan

Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari, Bisa Tingkatkan Kecerdasan
ilustrasi musik. flavorwire.com
TRENDING | 26 Juli 2022 10:04 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari ternyata cukup beragam. Gagasan tentang bagaimana musik dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang tentu bukanlah hal yang mengejutkan. Sebuah penelitian bahkan menyebut, jika selera musik yang dimiliki setiap orang dapat menggambarkan karakter alias kepribadiannya.

Musik sendiri memiliki beberapa jenis genre. Mulai dari pop, rock, jazz, country, blues, punk, keroncong, dangdut, dan lainnya. Setiap genre mempunyai karakter berbeda sehingga membuat kelompok pendengarnya juga beragam.

Salah satu manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari ialah bisa digunakan sebagai media terapi. Lalu, apa saja manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari lainnya? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari Alodokter dan berbagai sumber, Selasa (26/7/2022):

2 dari 6 halaman

Musik bisa Tingkatkan Suasana Hati

Seperti yang sudah disebutkan di atas, musik bisa memengaruhi suasana hati atau mood seseorang yang mendengarkan. Sehingga, musik kerap digunakan sebagai salah satu media untuk terapi relaksasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Sebaliknya, saat mendengarkan musik sedih seseorang juga cenderung akan ikut merasakan sedih. Oleh karena itu, musik biasanya dimanfaatkan sebagai terapi untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional. Terapi musik juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan memori serta menjaga kesehatan otak.

Tingkatkan Kecerdasan

Ritme internal yang dihasilkan dari musik membuat saraf-saraf otak bekerja dengan nyaman. Hal itu juga membuat fungsi kerja otak menjadi lebih optimal. Sebuah penelitian juga mengungkap, bahwa mendengarkan musik latar ketika melakukan aktivitas lain sehari-hari dapat meningkatkan fokus kinerja.

Selain itu, musik juga disebut mampu menghasilkan stimulan yang bersifat ritmis. Dalam prosesnya, stimulan ini ditangkap oleh indra pendengar dan diolah di dalam sistem saraf tubuh untuk mengatur ritme internal pendengarnya. Ritme internal inilah yang mempengaruhi metabolisme tubuh manusia menjadi lebih teratur.

Baca juga:
19 Makanan Mengandung Protein Tinggi, Cocok Sebagai Pilihan Menu Saat Diet
60 Caption IG Kocak & Menggelitik, Tampil Beda untuk Hibur Pengguna Sosial Media
Deretan Bahasa Gaul yang Viral di Media Sosial, Mulai dari Slebew

3 dari 6 halaman

Media Relaksasi

003 siti rutmawati
©www.bbc.co.uk

Mendengarkan musik dapat menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati, dan kondisi emosi. Rangsangan ritme yang dihasilkan musik mampu membuat pikiran rileks, serta menimbulkan perasaan-perasaan positif, tenang, dan nyaman.

Mendengarkan musik dapat berdampak terhadap respons stres manusia, terutama pada sistem saraf otonom. Mereka yang mendengarkan musik cenderung dapat pulih lebih cepat setelah mengalami stres. Orang yang mendengarkan musik juga cenderung lebih mudah meredakan stres.

Ini karena mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Selain itu, manfaat musik juga dapat mengurangi gejala depresi.

4 dari 6 halaman

Bantu Atasi Insomnia

Insomnia atau susah tidur adalah masalah serius yang mempengaruhi orang-orang dari semua kelompok umur. Meskipun ada banyak pendekatan untuk mengatasi masalah ini, penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat menjadi obat yang aman, efektif, dan terjangkau.

Musik dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks, sehingga memudahkan Anda untuk terlelap. Namun, pilihlah musik dengan alunan yang lembut dan pelan. Selain itu, hindari mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone sebelum tidur.

Cegah Kejang pada Penderita Epilepsi

Sebelum mengalami kejang, penderita epilepsi akan merasakan aliran listrik tertentu di otak. Mendengarkan musik seperti musik klasik disebut dapat mencegah munculnya aliran listrik pemicu kejang tersebut. Selain itu, manfaat musik bagi penderita epilepsi juga efektif dalam mengurangi frekuensi terjadinya kejang.

5 dari 6 halaman

Bantu Pemulihan Stroke

Disebutkan jika musik ternyata juga memberikan dampak positif bagi proses pemulihan stroke. Pasien yang menjalani pengobatan stroke beserta terapi musik terlihat mengalami pemulihan yang lebih baik dalam menggerakkan anggota tubuh bagian atas. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Bantu Pemulihan Pasca Operasi

Sebelum menjalani operasi,  mendengarkan musik dapat mengurangi rasa gelisah. Sementara itu, mendengarkan musik pascaoperasi dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

Bahkan, manfaat musik diketahui dapat menghilangkan stres dan membantu pemulihan setelah operasi jantung. Pada proses operasi caesar, beberapa dokter juga biasanya akan memutar lagu-lagu yang bernada atau berlirik menenangkan untuk membuat calon ibu rileks.

6 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Melansir laman Sleep Foundation, manfaat musik ini bisa diperoleh bila mendengarkan musik yang tempo atau kecepatannya sama dengan irama jantung normal. Detak jantung normal berkisar antara 60—100 detak per menit. Dengan cara ini, diharapkan jantung dapat menyesuaikan detakannya dengan tempo musik yang didengar.

Mengatasi Rasa Lelah

Produksi hormon dopamin dan oksitosin saat mendengarkan musik dapat membuat Anda menjadi lebih senang dan bersemangat. Di sisi lain, musik juga berperan dalam meningkatkan ketahanan tubuh dan mempertahankan ketahanan otot.

Saat sedang melakukan pekerjaan yang menguras energi atau berolahraga, cobalah sambil mendengarkan musik dengan irama yang menghentak agar Anda merasa tidak mudah lelah.

Tingkatkan Daya Ingat

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan atau menyanyikan lagu dapat memberikan manfaat bagi penderita Alzheimer dan penyakit kepikunan lainnya.

Baca juga:
7 Manfaat Tawas untuk Kecantikan dan Kesehatan, Mampu Hilangkan Bau Badan
5 Resep Ayam Bumbu Rujak Tanpa Santan Ala Rumahan, Menu Favorit Banyak Orang
Cara Membuat SKCK di Mabes Polri, Polda, Polres & Polsek, Ketahui Syarat Ketentuannya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini