Melihat Rumah Nabi Muhammad SAW, Sangat Sederhana Bantal di Kamar dari Batu Bata

Melihat Rumah Nabi Muhammad SAW, Sangat Sederhana Bantal di Kamar dari Batu Bata
Melihat Rumah Nabi Muhammad SAW. YouTube Bang DAI Channel ©2021 Merdeka.com
TRENDING | 7 November 2021 09:54 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Nabi Muhammad SAW merupakan tokoh yang disegani dan dihormati. Dalam agama Islam, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok teladan yang dicintai umatnya.

Bahkan, kiprah dan perjuangan Nabi Muhammad untuk mengantarkan agama Islam membuatnya masuk ke dalam daftar orang berpengaruh di dunia. Namun, sifat dan karakter Nabi Muhammad justru berbanding terbalik.

Nabi Muhammad dikenal sebagai sosok yang penuh kesederhanaan. Hal ini tercermin dari tempat tinggal Rasulullah SAW.

Batu, rumbai, dan dedaunan menjadi bahan utama. Hal ini pun jauh dari kemewahan hingga sikap Rasulullah seringkali membawa haru di kalangan para sahabat. Berikut potret dan ulasan selengkapnya, melansir dari kanal YouTube Bang DAI Channel, Minggu (7/11/2021).

2 dari 6 halaman

Replika Rumah Nabi Muhammad SAW

Seperti yang diketahui, kediaman tokoh muslim yang paling disegani tersebut berada di Madinah, Arab Saudi. Kediaman yang menjadi tempat tinggal Rasulullah tersebut digunakan pada 14 abad yang lalu.

Kini, kediaman Rasulullah dialihfungsikan sebagai makam di area Masjid Nabawi yang kini banyak menjadi tempat singgah umat Islam untuk beribadah. Semasa hidup, tak ada yang tahu persis sebenarnya dari kediaman Rasulullah SAW.

Kendati demikian, kini terdapat replika yang menggambarkan isi dari tempat tinggal Rasulullah tersebut. Tentu saja, hal itu merupakan hasil dari penerjemahan berbagai hadist hingga melalui penelitian sejarah yang cukup panjang.

melihat rumah nabi muhammad saw

YouTube Bang DAI Channel ©2021 Merdeka.com

"Replika Rumah Nabi Muhammad SAW yang sangat sederhana yang belum lama ini dipamerkan di Jeddah Arab Saudi," dikutip dari keterangan video.

3 dari 6 halaman

Atap Rumbia

Meski menjadi sosok yang dianut umat Islam, namun hal itu tak membuat Rasulullah tinggi hati. Rasulullah SAW bisa saja meminta secara langsung kepada Allah SWT untuk kediaman yang baik dan mewah. Namun, Rasulullah justru menikmati untuk tinggal di sebuah rumah kecil nan sederhana.

Salah satu bagian yang dipamerkan dalam replika tersebut ialah mengenai detail atap rumah. Bagian atas rumah pun masih menggunakan rumbia dedaunan yang berasal dari ranting pohon palem.

melihat rumah nabi muhammad sawYouTube Bang DAI Channel ©2021 Merdeka.com

"Atap dari rumah Rasulullah begitu sederhana karena terbuat dari ranting pohon palem," dikutip dari keterangan video.

4 dari 6 halaman

Tirai Sederhana

Selain itu, Rasulullah pun memilih untuk sama sekali tak menggunakan pintu secara permanen. Sebuah tirai yang terbuat dari kain tipis menjadi satu-satunya penghalang.

Tentu saja, pembatas berupa kain tipis tersebut tak mampu menghangatkan ruangan dan menghalau angin secara maksimal. Namun, Rasulullah justru tak mempermasalahkan hal tersebut.

melihat rumah nabi muhammad sawYouTube Bang DAI Channel ©2021 Merdeka.com

Nampaknya, pintu tersebut menjadi satu-satunya jalan bagi Rasulullah untuk keluar dan masuk kediaman. Tak mengenakan banyak kemewahan, tembok di dalam rumah pun tidak memiliki banyak hiasan.

5 dari 6 halaman

Dipan Kayu

Sementara itu, tempat beristirahat Rasulullah juga tidak banyak mendapatkan sentuhan mewah. Sebuah dipan kayu sederhana cukup membuat Rasulullah nyaman untuk beristirahat.

Bahkan, bantal yang digunakan Rasulullah hanya terbuat dari batu bata. Di sebelah tempat tidur, terdapat tempat pembaringan yang cukup dialasi beberapa tikar sederhana.

melihat rumah nabi muhammad sawYouTube Bang DAI Channel ©2021 Merdeka.com

"Area tersebut terdiri dari alas dan bantal yang terbuat dari batu bata," dikutip dari keterangan video.

6 dari 6 halaman

Perlengkapan dari Batu

Begitu pula dengan segala perlengkapan makan Rasulullah. Batu sederhana dibuat menjadi sedemikian rupa sehingga menjadi peralatan makan yang dapat digunakan.

Bahkan, panci yang digunakan Rasulullah sebagian juga terbuat dari potongan kulit dan turban.

"Panci air terbuat dari kulit dan turban," dikutip dari keterangan video.

melihat rumah nabi muhammad sawYouTube Bang DAI Channel ©2021 Merdeka.com

Tepat di sebelah tempat makan, terdapat sebuah tongkat kayu sederhana yang seringkali digunakan Rasulullah untuk berjalan.

"Terlihat tongkat yang disandarkan saat beliau tengah memberikan khutbah. Tak hanya itu, tongkat itu juga digunakan untuk berjalan," dikutip dari keterangan video.

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami