Membanggakan, Sersan Jeni Srikandi TNI AL Jadi Juara di Ajang Pencak Silat Dunia

Membanggakan, Sersan Jeni Srikandi TNI AL Jadi Juara di Ajang Pencak Silat Dunia
Sersan Jeni Srikandi TNI AL jadi Juara di Ajang Pencak Silat Dunia. Instagram @tni_angkatan_laut ©2022 Merdeka.com
TRENDING | 3 Agustus 2022 08:45 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Satuan TNI dikenal memiliki punggawa yang tangguh nan penuh talenta. Belum lama ini, satuan TNI Angkatan Laut (AL) memamerkan sosok prajuritnya yang membanggakan.

Sosoknya tak lain ialah Sersan Jas/W Jeni E. Kause. Dia berhasil menyabet kejuaraan dunia dalam ajang pencak silat.

Seperti apa kisahnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dilansir dari akun Instagram @tni_angkatan_laut.

2 dari 5 halaman

Prajurit TNI AL Cetak Prestasi

Bukan hanya tangguh nan berkemampuan tinggi, rupanya ada sosok prajurit TNI AL yang menginspirasi. Sosok yang membanggakan tersebut tak lain bernama Sersan Jas/W Jeni E.

Sersan Jeni diketahui merupakan salah satu anggota TNI AL. Saat ini, Sersan Jeni tengah berdinas di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere, Lantamal VII Kupang, NTT.

sersan jeni srikandi tni al jadi juara di ajang pencak silat dunia
Instagram @tni_angkatan_laut ©2022 Merdeka.com

"Prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere, Lantamal VII Kupang, NTT," demikian dikutip dari keterangan unggahan akun Instagram TNI AL.

Tepat pada hari Minggu (31/7) lalu, Sersan Jeni berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Sersan Jeni menyabet predikat juara dunia dalam ajang 19th world Pencak Silat Championship 2022 yang berlangsung di Malaysia.

"Sersan Jas/W Jeni E. Kause berhasil menjadi juara dunia dalam 19th world Pencak Silat Championship 2022 Melaka-Malaysia, Minggu (31/07) lalu," demikian dikutip dari keterangan unggahan akun Instagram TNI AL.

3 dari 5 halaman

Kalahkan Wakil dari 21 Negara Lainnya

Tentu tak mudah menjadi juara dunia pada ajang pencak silat tersebut. Sebab, para juara dunia harus terlebih dahulu menyingkirkan wakil dari 21 negara lain.

Diketahui, ajang pencak silat dunia tersebut diikuti oleh 22 negara di seluruh dunia. Namun, Sersan Jeni justru sukses membawa pulang sejumlah medali bersama kontingen Indonesia.

"Ajang 19th world Pencak Silat Championship 2022 Melaka-Malaysia ini diikuti sebanyak 22 negara," demikian dikutip dari keterangan pada laman tnial.mil.id.

sersan jeni srikandi tni al jadi juara di ajang pencak silat dunia
Instagram @tni_angkatan_laut ©2022 Merdeka.com

Sebelum menjadi juara dunia, Sersan Jeni tentu melewati perjuangan ketat dan tak mudah. Sersan Jeni harus mengalahkan kontingen wakil dari Thailand, Vietnam hingga Filipina sebelum akhirnya menyabet juara dunia.

Berkat kerja keras Sersan Jeni dan kontingen, Indonesia lolos sebagai juara umum dengan total 11 medali emas, 9 perak, serta 8 perunggu.

4 dari 5 halaman

Sabet Medali Tahun 2019

Usut punya usut, kemenangan Sersan Jeni bukan kali pertama itu saja. Sebelumnya, sejumlah ajang pencak silat pernah diikutinya hingga sukses mendulang medali pula.

Prestasi Sersan Jeni tersebut telah diakui pada ajang Sea Games pada tahun 2019 serta PON XX Papua 2021 lalu. Pada kedua ajang tersebut, Sersan Jeni berhasil membawa pulang medali emas dan perak.

sersan jeni srikandi tni al jadi juara di ajang pencak silat dunia

Instagram @tni_angkatan_laut ©2022 Merdeka.com

"Dalam ajang Sea Games tahun 2019 dengan raihan medali perak dan medali emas masing-masing pada pada kejuaraan dunia di Belgia tahun 2019 PON XX Papua 2021," demikian dikutip dari keterangan pada laman tnial.mil.id.

5 dari 5 halaman

Komandan Beri Apresiasi

Prestasi Sersan Jeni turut membuat publik terpana. Selayaknya warga lain, sang komandan pun ikut memberi apresiasi.

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi mengungkap rasa bangga kepada salah satu anggota TNI AL tersebut.

sersan jeni srikandi tni al jadi juara di ajang pencak silat dunia
Instagram @tni_angkatan_laut ©2022 Merdeka.com

"Komandan Lanal Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi mengungkapkan rasa bangganya kepada Srikandi Serda Jas/W Jeni Elvis Kause yang turut menyumbangkan medali emas atas kemenangannya," demikian dikutip dari keterangan pada laman tnial.mil.id.

Sebuah kebanggaan yang berasal dari Kowal inspiratif nan cantik. Diharapkan, prestasi dari sosok Sersan Jeni menjadi motivasi sekaligus pemicu bagi para prajurit lainnya demi mengharumkan nusa dan bangsa.

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini