Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Demokrasi, Ini Sejarah Singkat & Ciri-Ciri Dasarnya

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Demokrasi, Ini Sejarah Singkat & Ciri-Ciri Dasarnya
ilustrasi Demokrasi. Liputan6 ©2021 Merdeka.com
TRENDING | 18 Februari 2021 11:19 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Apa yang dimaksud dengan demokrasi acap kali dianggap sebagai dasar hukum sebuah negara. Sejatinya demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kebijakan, kepemimpinan, dan usaha besar suatu negara atau pemerintahan. Secara langsung atau tidak langsung diputuskan oleh rakyat.

Secara etimologi, apa yang dimaksud dengan demokrasi ini berasal dari bahasa Yunani, yakni 'Demos' dan 'Kratos'. Demos berarti rakyat atau khalayak, dan kratos berarti pemerintahan.

Sistem pemerintahan demokrasi memperbolehkan warga negaranya berpartisipasi. Baik secara langsung atau melalui wakil rakyat dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Indonesia menjadi negara yang menganut sistem demokrasi. Sehingga memberi kebebasan warga negaranya untuk menyampaikan pendapat.

Mengenal apa yang dimaksud dengan demokrasi, akan membuat kita lebih memahami sistem pemerintahan ini berjalan dengan tepat. Sesuai dengan kalimat yang sering dielu-elukan pula, bahwa demokrasi adalah pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat.

Supaya lebih paham, mari mengenal apa yang dimaksud dengan demokrasi lengkap beserta sejarah singkat dan ciri-ciri dasarnya.

Baca Selanjutnya: Apa yang Dimaksud dengan Demokrasi...

Halaman

(mdk/kur)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami