Miris Para Calon TKI Dibuang ke Pulau Tak Berpenghuni: Kami Manusia Bukan Binatang

Miris Para Calon TKI Dibuang ke Pulau Tak Berpenghuni: Kami Manusia Bukan Binatang
Calon TKI Dibuang ke Pulau Tak Berpenghuni. Instagram @majeliskopi08 ©2022 Merdeka.com
TRENDING | 12 Mei 2022 08:57 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Tak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin mengadu nasib dengan merantau ke luar negeri. Salah satu sebabnya adalah sulitnya pekerjaan di tanah air dan iming-iming gaji yang lebih besar atau fasilitas yang memadai di luar negeri.

Namun, agen ilegal penyalur tenaga migran alias TKI menjadi hal yang harus dijauhi oleh para calon TKI. Sebab, agen ilegal tentu akan merugikan si calon TKI.

Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial. Sekelompok orang yang dijanjikan bisa menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau TKI di Malaysia, justru menjadi korban penipuan agen ilegal.

Parahnya mereka dibuang oleh agen ilegal di sebuah pulau tak berpenghuni. Setelah ditelusuri rupanya mereka ditinggalkan begitu saja di Pulau Sei Berombang, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Mereka dibuang di sebuah hutan bakau tak berpenghuni.

Jarak tempuh dari pulau itu ke wilayah penduduk harus mengendarai kapal selama sekira satu jam perjalanan. Simak video dan ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dihimpun dari akun Instagram @majeliskopi08, Kamis (12/5).

2 dari 5 halaman

Kami Manusia Bukan Binatang

calon tki dibuang ke pulau tak berpenghuni
Instagram @majeliskopi08 ©2022 Merdeka.com

Para calon TKI itu diketahui dibuang oleh agen ilegal di Pulau Geronggang, Rantau Prapat, Kecamatan Pedamaran Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Para calon TKI yang pupus harapannya untuk bekerja di Malaysia itu hanya bisa tertunduk lemah. Seorang wanita salah satu dari mereka merekam peristiwa yang mereka alami dan  berusaha memviralkan.

"Tengok ya. Tengok kami, kami dibuang di tempat ini. Entah apa nama tempat ini kami pun enggak tahu. Oh di Pulau Geronggang, Rantau Prapat. Tengok orang-orang ini semua. Kami ini bukan binatang, kami ini manusia," kata seorang wanita yang merekam keadaan para rekan sesama migran di sekitar. (mdk/kur)

Baca juga:
Momen Pria Ancam Patahkan Leher Walkot Bobby Salaman sama Jukir, Indahnya Memaafkan
Horor! Langit China Berwarna Merah Menyala, Ini Penyebabnya
Pedagang Pecel Lele Sukses Merantau, Pulang Kampung Bagi-Bagi Uang dari Atas Masjid

3 dari 5 halaman

Baru Sebagian Orang yang Ditemukan

calon tki dibuang ke pulau tak berpenghuni

Instagram @majeliskopi08 ©2022 Merdeka.com

Dia mengatakan, dirinya dan sejumlah calon TKI lainnya yang dibuang di pulau itu hanya sebagian dari para calon TKI yang dijanjikan bekerja di Malaysia. Menurutnya masih ada para calon TKI lain yang dibuang di tempat lain dan belum diketahui nasibnya.

"Tengok seberapa bejat itu tekong itu. Kami ini baru sebagian, yang banyak belum di sini, entah di mana-mana," katanya.

Mereka dibuang di pulau itu saat tengah malam. Mereka lantas tahu nama lokasi, usai seorang nelayan menghampiri yang berniat untuk mengambil kayu bakau di pulau tersebut.

"Ini pulau Bakau. Kami sampai sini pukul 1 malam dan kami baru sampai di tepi pantai. Kami jumpa sama nelayan yang mengambil kayu bakau. Di situlah kami tanya. Bapak itu mengatakan kalau ini masih di Indonesia, masih di Sumatra," katanya.

4 dari 5 halaman

Ramai Singgung Kondisi Lowker di Indonesia

calon tki dibuang ke pulau tak berpenghuni
Instagram @majeliskopi08 ©2022 Merdeka.com

Tak ayal video tersebut sontak mencuri perhatian publik. Banyak warganet menduga mereka telah menjadi korban penyalur tenaga kerja ilegal. Sebagian yang lain ramai menyinggung kondisi pekerjaan di Indonesia.

calon tki dibuang ke pulau tak berpenghuni

Instagram @majeliskopi08 ©2022 Merdeka.com

"Sementara Lap. Kerja malah dikasihkan ke Buruh TKA (asing) yg banjiri RI," komentar akun @id_harris.

"Kenapa juga pergi nyari kerja di luar...bukannya di negri sendiri banyak lapangan kerja, kata pemerintah..?," tulis akun @la_gecong.

"Naah, apa ini pak @jokowi TDK ada lapangan kerja kaah dnegeri sendiri??," tukas akun @zali_borneo.

"Itu jalur ilegal, temen saya dulu pernah mengalami seperti itu.. bahkan mereka harus nyemplung turun dari perahu nya sampai ke tepi pantai. Kalo legal pasti lewatin kantor imigrasi dan pakai penyebrangan Ferry," tulis akun @nabilmahbuby_90.

"Semoga bisa segera ditangkap agen nya...😢," komentar akun @permanasariintan.

"Yaampun 😢 semoga bisa kembali pulang ke kampung halaman meskipun ga jadi ke luar negeri yang penting selamat. Semoga bisa diusut," tukas akun @lukiknulhakim.

Baca juga:
Pria Ini Bawa Mobil Ugal-ugalan di Jalan Raya, Disetop Polisi 'Maaf Pak Bercanda'
3 Polisi Gadungan Dikeroyok Warga, Korban Dimintai Rp100 Juta atas Tuduhan Narkoba
Seorang Polisi Bantu Biaya Kuliah Remaja Ini, Karena Ditinggal Kabur Oleh Ortunya

5 dari 5 halaman

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami