Muncul Surat buat Novia Widyasari yang Bunuh Diri di Makam Ayah, Isinya Begitu Haru

Muncul Surat buat Novia Widyasari yang Bunuh Diri di Makam Ayah, Isinya Begitu Haru
Muncul Surat buat NW yang Bunuh Diri di Makam Ayah. Instagram ©2021 Merdeka.com
TRENDING | 6 Desember 2021 09:55 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Kisah pilu yang dialami Novia Widyasari Rahayu alias NW mendapatkan banyak sorotan dari berbagai kalangan. Baik para akademisi, influencer, tokoh agama, dan sejumlah artis.

Keprihatinan juga datang dari salah satu influencer dan aktifis perempuan, Kalis Mardiasih. Wanita yang kerap mengkampanyekan ketertindasan perempuan yang sistemik ini, menyinggung kasus dan mengirim surat terbuka.

Pesannya begitu mendalam dan membuat haru warganet. Bahkan tak sedikit artis yang meninggalkan komentar diunggahan Kalis tersebut.

Simak ulasannya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Novia Sebagai Wanita Simbol Perlawanan

Peristiwa tragis dialami oleh Novia, seakan ikut menyayat hati influencer Kalis Mardiasih. Ia mengungkapkan rasa pilunya di akun Instagram @kalis.mardiasih.

Sebuah surat terbuka ditulis ditujukan kepada Novia, berkat perjuangannya selama ini. Berdasarkan informasi yang beredar NW sudah berusaha melapor tapi tak ditanggapi. Bahkan meminta perlindungan dari keluarga, justru dianilai aib oleh sang paman.

muncul surat buat nw yang bunuh diri di makam ayah
Instagram ©2021 Merdeka.com

"Dear Novia, maaf aku terlambat mengenalmu. Saat namamu ramai dibicarakan orang hari ini sebagai korban, aku menaruh namamu abadi dalam detak nadiku. Aku tak mau menutupi atau menyingkat namamu, sebab kamu bukan aib. Bagiku kini, kamu adalah simbol perlawanan. Namamu kutempatkan di tempat tinggi yang paling mulia. Sebagimana korban kekerasan seksual lain yang telah melawan dengan sehormat-hormatnya.

Namamu kini sudah tenang bersama Marsinah, bersama Yuyun, bersama Eno Parihah, dan semua pahlawan kami lainnya."

3 dari 5 halaman

Solidaritas Kian Muncul

muncul surat buat nw yang bunuh diri di makam ayah
Korban NW dan tersangka Bripda RB, Instagram ©2021 Merdeka.com

Tak berhenti di situ, Kalis memuji sosok Novia yang dianggapnya gadis menyenangkan. Novia memang kerap meninggalkan kisah-kisah di dunia maya.

Bahkan menjadikan beberapa halamannya sebagai saksi bisu pengalaman pahitnya, yang tak bisa diceritakan kepada orang lain.

"Aku baru saja membaca surat-suratmu. Seharusnya, kamu adalah pribadi yang menyenangkan dan senang bercerita, sebab kalimat-kalimatmu rapi dan selalu mengundang segelas kopi.

Semoga kamu tahu, kalau saat ini, surat-suratmu akan abadi. Hari ini, surat-suratmu mengeratkan solidaritas jutaan orang, mempertanyakan di mana keadilan dan menggugat nilai-nilai penindasan kepada perempuan," sambung Kalis.

4 dari 5 halaman

Kondisi Terbaru Tersangka

bripda randy ditahan di rutan mapolda jatim
Bripda Randy ditahan di Rutan Mapolda Jatim ©2021 Merdeka.com

Bripda Randy Bagus Hari Sasongko, anggota kepolisian Pasuruan kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Potret kondisinya tengah ramai di media sosial mengenakan baju tahanan.

Bripda Randy dijerat Pasal 348 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Dengan kerja cepat mengumpulkan bukti-bukti yang ada, banyak tim yang jalan Alhamdulillah hari ini kita bisa merilis terkait apa yang sebenarnya terjadi, sehingga pada malam hari ini kita bisa mendapatkan seorang yang inisialnya RB yang profesinya adalah polisi yang mana saat ini bertugas di Polres Pasuruan Kabupaten. Kita mendapatkan adanya suatu hasil bahwa korban sudah berkenalan sejak Oktober tahun 2019, yang mana saat itu menonton acara launching distro baju yang ada di Malang," kata Wakapolda Jawa Timur Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo dalam konferensi pers di Mapolres Mojokerto.

5 dari 5 halaman

Ramai Komentar dalam Surat Terbuka

Surat terbuka yang ditujukan kepada Novia lantas viral. Tak sedikit tokoh kenamaan yang ikut terharu dengan isi pesan yang disematkan Kalis dalam 9 potret tersebut.

muncul surat buat nw yang bunuh diri di makam ayah
Instagram ©2021 Merdeka.com

"Ode untuk Novia Widyasari, Penyintas Kekerasan Seksual yang Mengabadi di Atas Pusara Ayahnya," tulis Kalis dalam caption.

"May she be among the beloved Insha’allah. Al Fatihah," tulis @hannahalrashid.

"😭😭," tulis @zeezeeshahab.

"Izin repost mbak Kalis 🔥🔥😢😢," tulis @anassatriyo.

"Sayang sekali, demi nama baik itu, kamu mesti kalah 😢 - istirahat dalam ketenangan dan keabadian, Novia ❤️," tulis @yosanyo_.

"Serius sih, habis kemarin baca2 tulisan mediumnya mas arman dhani & nntn SJW FU, disusul baca tulisan di 2nd akun quoranya mbak NW rasanya langsung lemes. Kok orang-orang pada jahat ya," tulis @20_luth.

"Aku baca ceritanya sampek nangis. Miris banget. Jengkel ama keluarganya dan keluarga polisinya itu," tulis @upikulinnikmah.

(mdk/kur)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami