Penyebab Kemacetan Lalu Lintas yang Perlu Diketahui

Penyebab Kemacetan Lalu Lintas yang Perlu Diketahui
TRENDING | 15 Juni 2020 12:32 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Penyebab kemacetan lalu lintas yang terjadi di jalan perlu untuk diketahui dan dipahami. Kemacetan sendiri merupakan keadaan tersendatnya hingga berhentinya arus lalu lintas. Umumnya, kondisi ini diakibatkan oleh menumpuknya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas yang sudah tersedia di jalan.

Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar yang ada di Indonesia, apa lagi jika kota tersebut tak memiliki transportasi publik atau umum serta sistem lalu lintas yang memadai. Bukan hanya itu, kemacetan terjadi juga dapat disebabkan oleh jumlah masyarakat atau penduduk dalam suatu yang begitu padat, misalnya seperti Ibu Kota Jakarta.

Biasanya kemacetan terjadi di daerah-daerah yang dekat dari fasilitas umum seperti sekolah, pasar, terminal bus, stasiun kereta api, persimpangan kereta api hingga lampu merah (traffic lights). Terjadinya bencana seperti banjir, kecelakaan, kebakaran atau yang lainnya juga dapat menjadi salah satu masalah terjadinya kemacetan di sekitar area yang terdampak. Berikut adalah ulasan penyebab kemacetan lalu lintas yang sudah dirangkum Merdeka.com dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Penyebab Kemacetan Lalu Lintas

1. Terjadi kecelakaan, terjadi gangguan kelancaran lantaran masyarakat yang berhenti guna melihat kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas yang mengakibatkan area sekitar menjadi macet total.

2. Sedang dilakukan perbaikan jalan.

3. Terjadi arus lalu lintas yang melewati jalan hingga melampaui kapasitas jalan itu sendiri.

4. Adanya rumah-rumah kumuh atau bangunan liar.

5. Terdapat bagian jalan tertentu yang longsor.

6. Terjadi benacana tak terduga seperti banjir sehingga mampu memperlambat laju kendaraan.

7. Adanya kendaraan yang sedang keluar masuk, atau putar balik.

8. Kemacetan lalu lintas di perlintasan sebidang, akibat ada kereta api yang sedang melintas sementara.

2 dari 5 halaman

Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Lainnya

1. Adanya mobil yang parkir di badan jalan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas dan parkir menjadi problem krusial yang tak tertuntaskan.

2. Terjadi konflik antara kendaraan arah lurus dengan kendaraan arah belok juga dapat mengakibatkan terjadi kemacetan.

3. Banyaknya pengguna jalan yang belum tertib mematuhi peraturan, sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas.

4. Kurangnya jumlah petugas lalu lintas dalam mengatasi/mengatur jalannya lalu lintas
terutama di jalan-jalan yang rawan macet.

5. Adanya persimpangan jalan yang tidak dikendalikan dengan lampu lalu lintas (traffic light).

3 dari 5 halaman

Dampak Kemacetan Lalu Lintas

Kemacetan lalu lintas yang terjadi dapat membuat Anda akan mengalami berbagai kerugian, salah satunya yakni rugi waktu karena Anda akan berjalan dengan kecepatan yang sangat rendah. Kemudian hal tersebut akan membuat Anda mendapati pemborosan energi, karena melaju dengan kecepatan rendah akan membutuhkan bahan bakar lebih tinggi.

Kemacetan juga mampu meningkatkan rasa stres dari pengguna jalan lainnya, tak hanya itu macet juga memberikan dampak buruk bagi alam yang menyebabkan polusi udara. Dan masih banyak lagi dampak kemacetan yang mampu membuat perjalanan Anda menjadi sangat-sangat tidak nyaman.

4 dari 5 halaman

Solusi Mencegah Kemacetan

Terdapat beberapa langkah untuk mencegah kemacetan ini dapat terjadi, berikut adalah langkah-langkah yang sudah dilansir dari Wikipedia guna memecahkan permasalahan kemacetan:

Peningkatan Kapasitas

1. Memberikan sanksi jika ada yang melanggar.

2. Tingkatkan kapasitas persimpangan melalui lampu lalu lintas, persimpangan tidak sebidang atau flyover.

3. Mengembangkan inteligent transport sistem.

4. Melakukan pengubahan sirkulasi lalu lintas menjadi jalan satu arah.

5. Mengurangi konflik dipersimpangan melalui pembatasan arus tertentu, biasanya yang paling dominan adalah dengan membatasi arus belok kanan.

6. Melakukan pelebaran jalan, menambah lajur lalu lintas, jika memungkinkan.

7. Mengadakan kebijakan pembatasan kendaraan pribadi.

8. Memanfaatkan jasa transportasi angkutan umum yang sudah disediakan oleh pemerintah.

5 dari 5 halaman

Solusi yang Dapat Dilakukan Dalam Jangka Panjang

1. Pemasangan traffic light pada jalan-jalan mana yang memiliki potrensi rawan kemacetan, maka diusulkan dengan adanya pemasangan traffic light sehingga kemacetan lalu lintas bisa dihindari.

2. Upaya peningkatan kapasitas jalan dengan memisahkan jenis kendaraan berdasarkan
dimensi atau kecepatannya. Misalnya, dilakukan pemisahan jalan antara angkutan umum, sepeda motor dengan mobil
pribadi. Diharapkan dengan langkah ini mobil pribadi bisa lancar di jalur yang terpisah dari angkutan umum yang memiliki potensi sering berhenti guna menurunkan atau menaikkan penumpangnya.

3. Membuat MRT (Mass Rapid Transite). MRT merupakan suatu sistem transportasi perkotaan yang
mempunyai 3 kriteria utama yaitu, mass atau daya angkut yang besar, rapid atau waktu tempuh yang cepat serta berfrekuensi tinggi, dan transite atau bisa diartikan berhenti di banyak stasiun di titik utama perkotaan yang ada.

4. Menaikan tarif parkir di pusat perbelanjaan yang ada di tengah kota. hal tersebut pada nantinya bertujuan agar masyarakat pengguna kendaraan lebih memilih menggunakan transportasi umum
dibanding transportasi pribadi, dengan begitu volume kendaraan di tengah kota berkurang.

(mdk/bil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami