Penyebab Kram Beserta Cara Mencegah dan Mengatasinya, Patut Diketahui

Penyebab Kram Beserta Cara Mencegah dan Mengatasinya, Patut Diketahui
TRENDING | 10 Februari 2020 14:39 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Kram otot atau otot yang mengeras kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Kram otot kerap mendadak muncul ketika berjalan, olahraga, atau saat meregangkan badan di kasur, dan sebagainya.

Kram otot memang sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun kita bisa melakukan beberapa cara untuk mempercepat pemulihan. Normalnya otot itu berkontraksi secara seimbang, namun ketika kontraksi di luar kehendak muncullah spasme yang kuat dan berkelanjutan hingga terjadi kram.

Kram otot memang bukan kondisi yang berbahaya, namun bila dibiarkan terus pasti akan mengganggu aktivitas. Apalagi bila dialami oleh remaja dan sering mengalami kram, bisa dikhawatirkan mengalami osteoporosis atau bisa sampai stroke ketika usia lanjut.

Berikut beberapa penyebab kram otot beserta cara mencegah dan mengatasinya, yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca Selanjutnya: Penyebab Kram...

Halaman

(mdk/kur)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami