Polisi Tilang Travel Sambil Bentak-Bentak, Penumpang Wanita Merekam Diancam ITE

Polisi Tilang Travel Sambil Bentak-Bentak, Penumpang Wanita Merekam Diancam ITE
Polisi Tilang Travel Sambil Bentak-Bentak. TikTok @hysyhss ©2022 Merdeka.com
TRENDING | 28 September 2022 10:24 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Seorang polisi menilang bus travel di Tol Bocimi. Polisi tersebut menilang sembari membentak.

Sadar aksinya direkam, polisi itu langsung marah. Sang perekam diancam terjerat pasal dalam UU ITE.

Seperti apa momennya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

2 dari 7 halaman

Polisi Hentikan Bus Travel

Melansir dari akun TikTok @hysyhss, seorang polisi berdebat dengan seorang pria berkaos cokelat. Kala itu, sang polisi nampak mengenakan seragam dinas patroli lengkap beserta helm.

Menurut kesaksian sang pengunggah, polisi tersebut tengah menilang travel yang dikendarainya lantaran memiliki muatan berlebih serta kendaraan gelap. Sang pria yang diduga sopir travel dalam unggahan tersebut berusaha berinteraksi dengan lembut.

polisi tilang travel sambil bentak bentak
TikTok @hysyhss ©2022 Merdeka.com

"Ini di pintu keluar tol Sukabumi (bocimi) yaaa.. dia menilang dengan alasan bahwa kami membawa muatan penuh diatas mobil & bilang travel ini adalah angkutan gelap," demikian dikutip dari keterangan video.

"Mungkin jika memang benar pihak kami yg bersalah, boleh ditegur dulu dgn pantas layaknya manusia dgn manusia, di introgasi & dibicarakan dulu baik-baik!! Tapi ini nggak!" demikian dikutip dari keterangan video.

3 dari 7 halaman

Polisi Tilang Sambil Bentak-bentak

Sayang, pembelaan sang sopir tak mendapat arahan yang senada. Sang polisi tersebut justru terdengar menilang sembari membentak-bentak.

Dalam video yang beredar tersebut, sang polisi nampak meminta kunci mobil. Namun, permintaannya kala itu nampak ditolak sang sopir.

"Kamu daritadi saya diemin ngelunjak kamu. Mana kunci mobilnya," ujarnya.

"Bukan mobil saya, mobil orang," imbuhnya.

4 dari 7 halaman

Rekam Momen Penumpang Wanita Diancam ITE

Aksi polisi itu diabadikan oleh salah satu penumpang travel. Penumpang tersebut nampak berusaha mendekat sembari terus merekam momen.

Sadar dirinya tengah direkam, oknum polisi tersebut langsung naik darah. Dengan cepat, dia tak segan untuk mengancam penumpang wanita itu dengan jeratan pasal dalam UU ITE.

polisi tilang travel sambil bentak bentak

TikTok @hysyhss ©2022 Merdeka.com

"Gak usah merekam kamu, perempuan. Nanti kamu jatuhnya ITE ya," bentaknya.

5 dari 7 halaman

Dipaksa Serahkan HP

Kesal dirinya masih terus direkam, oknum tersebut lantas meminta ponsel milik sang perekam. Lagi-lagi, oknum tersebut membentak sekaligus melontarkan ancaman.

"Sini HP kamu!" katanya.

"Apa sih," jawab sang pemilik HP.

"Kamu merekam lagi kamu. Sini kamu! Kamu nanti saya cek kalau ada, awas ya kamu," ujar sang oknum polisi.

6 dari 7 halaman

Diminta Bayar Denda Rp600 Ribu

Berdasarkan informasi yang dipaparkan sang pengunggah, polisi tersebut diketahui meminta uang Rp600 ribu. Sempat mendapat keberatan dari para penumpang, akhirnya polisi tersebut diberi uang sejumlah Rp500 ribu.

polisi tilang travel sambil bentak bentak

TikTok @hysyhss ©2022 Merdeka.com

Dalihnya, uang tersebut yakni merupakan denda yang harus dibayarkan. Usai uang diberi, oknum tersebut seketika mempersilakan travel untuk melanjutkan perjalanan.

"Akhirnya, karna kami tdk mau ambil pusing, pihak kami pun memutuskan untuk memberi uang Rp500 ribu kepada dia & dia pun baru mau menerimanya & mempersilahkan kami untuk melanjutkan perjalanan kami," demikian dikutip dari keterangan video.

7 dari 7 halaman

Video

Seorang polisi kedapatan menilang sembari membentak. Ditambah, dia mengancam soal UU ITE ke sang perekam video.

Berikut video selengkapnya yang dapat Anda saksikan.

@hysyhss Ini di pintu keluar tol Sukabumi (bocimi) yaaa.. dia menilang dgn alasan bahwa kami membawa muatan penuh diatas mobil & bilang travel ini adalah angkutan gelap. Mungkin jika memang benar pihak kami yg bersalah, boleh ditegur dulu dgn pantas layaknya manusia dgn manusia, di introgasi & dibicarakan dulu BAIK BAIK!! Tapi ini Nggak! Dia ngomongnya nge gass terus, tidak kasih kesempatan untuk kami warga biasa untuk sekedar membela diri, dan dia jg sempat main kaki ke supir. Setelah itu dia pun meminta uang 600k sebagai denda kepada kami dgn para penumpang harus ngasih perorangan 100rb, tp karna kami keberatan, supir pun lalu mencoba kasih 300rb!! Tapi DI TOLAKK !! Selain uang, dia jg meminta kunci mobil, & minta kami semua utk pulang sendiri2 ke tujuan masing2 dgn angkutan umum. & Akhirnya, karna kami tdk mau ambil pusing, pihak kami pun memutuskan untuk memberi UANG 500rb kepada dia & dia pun baru mau menerimanya!! & mempersilahkan kami untuk melanjutkan perjalanan kami. Sebelum pergi juga, Hp saya ini pun sempat mereka geledah, untuk memastikan bahwa video dramatis yg saya ambil ini benar2 sudah saya hapus. #wargaindonesia #indonesia #merdeka #wargabiasa #polisi ♬ suara asli  - myname

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini