Potret Bung Hatta Dipayungi Jenderal TNI, Sosoknya Kemudian Sangat Berkuasa di RI

Potret Bung Hatta Dipayungi Jenderal TNI, Sosoknya Kemudian Sangat Berkuasa di RI
mohammad hatta. ©2015 blogspot.com
TRENDING | 7 Oktober 2021 08:01 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Sebuah potret lawas merekam momen saat wakil presiden RI pertama Mohammad Hatta tengah menghadiri pemakaman kenegaraan mendiang Mantan Perdana Menteri Sutan Sjahrir, dibagikan oleh akun Instagram @sejarahnusantara45.

Dalam unggahan tersebut, terlihat Bung Hatta, sapaan akrab Mohammad Hatta, berjalan di bawah rintik hujan dipayungi oleh seorang jenderal TNI. Sosok sang jenderal di kemudian hari menjadi orang paling berkuasa di Indonesia. Siapakah dia? Simak informasi selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Momen Kebersamaan Bung Hatta dan Jenderal TNI

Dalam unggahan di Instagram @sejarahnusantara45, membagikan foto lawas yang mengabadikan momen kebersamaan Bung Hatta dengan seorang Jenderal TNI.

Dalam keterangan unggahan, disebutkan bahwa foto tersebut diambil saat keduanya menghadiri pemakaman kenegaraan mendiang mantan Perdana Menteri Indonesia Sutan Sjahrir, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada 19 April 1966.

Dalam foto yang dibagikan, tampak Bung Hatta berjalan di bawah rintik hujan di tengah kerumunan pelayat yang hadir. Sementara itu, Jenderal Soeharto terlihat mendampingi Bung Hatta sambil memayungi negarawan yang dikenal sebagai bapak koperasi itu.

3 dari 4 halaman

Potret Lawas Bung Hatta dan Jenderal Soeharto

potret lawas bung hatta dan jenderal soeharto
Instagram/@sejarahnusantara45 ©2021 Merdeka.com


"Mantan Wakil Presiden Indonesia Mohammad Hatta (kiri) dan Menteri Pertahanan Suharto (kanan) terlihat di pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Indonesia Sutan Sjahrir pada 19 April 1966 di Jakarta, Indonesia," tulis keterangan unggahan.

4 dari 4 halaman

Jenderal Soeharto Pernah Jadi Sosok Paling Berkuasa di RI

mengenang jawaban legendaris soeharto
YouTube HM Soeharto ©2021 Merdeka.com

Jenderal Soeharto merupakan seorang perwira tinggi militer yang pernah menjabat sebagai Menteri Panglima Angkatan Darat menggantikan Letjen Ahmad Yani yang gugur dalam peristiwa G30S PKI. Tak hanya di lingkungan militer, sosok Soeharto juga cukup meninggalkan kesan begitu mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pada tahun 1968 silam, ia resmi menjadi Presiden ke-2 RI. Soeharto merupakan Presiden Indonesia terlama yang pernah menjabat. Tiga puluh dua tahun berkuasa, tentu kiprahnya sebagai Presiden kedua Republik Indonesia masih melekat di ingatan setiap orang yang pernah merasakan kepemimpinannya.

Masa kepemimpinannya disebut dengan Orde Baru atau Orba. Awal mula terpilihnya Soeharto sebagai Presiden Indonesia adalah saat ia berhasil menumpas Gerakan 30 September dan menyatakan Partai Komunis Indonesia sebagai organisasi terlarang.

Karena itulah Soeharto kemudian diberi mandat oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk mengambil alih kepemimpinan Soekarno.

(mdk/khu)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami