Rata Rata Umur Kucing Sampai 17 Tahun, Ketahui Cara Hitung Usia & Masa Pertumbuhannya

Rata Rata Umur Kucing Sampai 17 Tahun, Ketahui Cara Hitung Usia & Masa Pertumbuhannya
Ilustrasi kucing. ©shutterstock.com/OKSun
TRENDING | 28 Maret 2022 11:05 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Rata rata umur kucing rumahan 13 hingga 17 tahun. Itu merupakan angka harapan hidup rata-rata untuk kucing peliharaan, beberapa hidup jauh lebih pendek. Sementara berapa kasus yang lain hidup sampai usia 20-an. Seekor kucing Crème Puff, berhasil mencapai usia tua yang matang, yakni 38 tahun.

Kucing bisa hidup lebih lama dari sebelumnya. Dengan perbaikan nutrisi dan perawatan di dokter hewan termasuk vaksin dan agen terapeutik. Kucing hidup hingga lebih dari 15 tahun dan dalam sejumlah kasus lebih dari 20 tahun. Ini berarti hampir setara manusia berusia 100 tahun.

Harapan hidup tergantung pada banyak hal, termasuk satu faktor penting, apakah kucing Anda adalah kucing yang hanya di dalam ruangan atau di luar ruangan. Kucing dalam ruangan umumnya hidup dari usia 12-18 tahun. Sedangkan Kucing luar ruangan umumnya hidup lebih pendek.

Karena kucing luar ruangan lebih rentan terlibat dalam trauma seperti kecelakaan kendaraan bermotor atau serangan anjing. Kucing luar ruangan juga berisiko terhadap beberapa virus yang mengancam jiwa termasuk Feline Immunodeficiency Virus (FIV) dan Feline Leukemia yang disebarkan melalui perkelahian atau kontak dengan kucing yang terinfeksi.

Rata rata umur kucing mencapai belasan tahun bukan karena mereka benar-benar memiliki sembilan nyawa. Tapi ada faktor-faktor pendukung seperti pola makan, perawatan kesehatan, dan lingkungan yang berdampak pada berapa lama seekor kucing dapat hidup.

Kucing yang dikebiri cenderung hidup lebih lama. Karena hal itu mencegah penyakit reproduksi dan kucing yang dikebiri cenderung tidak berkeliaran. Meskipun bergantung pada banyak hal, termasuk keberuntungan, beberapa kucing domestik dapat hidup hingga usia 20 tahun.

Rata rata umur kucing akan melalui enam tahap kehidupan utama. Masa pertumbuhan anabul ini dapat membantu Anda memahami masalah kesehatan atau perilaku tertentu yang dapat muncul dan hal-hal yang harus diperhatikan. Agar rata-rata umur kucing Anda bisa bertahan lama juga.

Simak informasi selengkapnya mengenai rata rata umur kucing lengkap dengan cara hitung usianya dan masa pertumbuhannya berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Senin (18/3).

2 dari 7 halaman

Masa Pertumbuhan Kucing Wajib Diperhatikan

ilustrasi kucing
©2021 Merdeka.com/pexels-fox

Seekor kucing menjalani perkembangan pesat dalam 12 minggu pertama kehidupannya. Anabul sangat membutuhkan banyak perhatian, kunjungan rutin ke dokter hewan, sosialisasi, dan banyak lagi. Lebih jauh berikut ini informasi mengenai masa pertumbuhan kucing, seperti dikutip dari Blue Cross:

1. Minggu Pertama

Masa pertumbuhan kucing di minggu pertama adalah saat ia dilahirkan. Anak kucing tersebut lahir dalam keadaan mata dan saluran telinga tertutup. Selain itu, anak kucing juga tidak memiliki penglihatan dan pendengaran. Sebagian besar waktunya setelah lahir akan selalu dekat dengan induknya. Mereka hanya bisa menyusui, tidur dan buang kotoran. Biasanya jika lapar, mereka akan mengeong.

2. Minggu Kedua

Masa pertumbuhan kucing di minggu kedua, saat mata mereka akan mulai terbuka. Anak kucing akan mengembangkan indera penciuman.

3. Minggu Ketiga

Sedangkan di minggu ketiga, sejumlah indera lain mulai berfungsi. Mulai dari mata, pendengaran dan penciuman. Gigi juga mulai tumbuh pada minggu ketiga ini, ia akan mulai mengeluarkan suara. Anak kucing mulai bisa bergerak dan belajar jalan.

4. Minggu Keempat

Kemudian, rata-rata umur kucing pada minggu keempat, anak kucing mulai berjalan lancar. Walaupun tak seimbang, anak kucing akan mulai berjalan pelan-pelan.

5. Minggu Kelima

Pada minggu 5, anak kucing mulai banyak bergerak. Di masa ini mereka akan suka bermain dan mulai mengenali pemiliknya.

6. Minggu Keenam

Rata-rata umur kucing minggu keenam, anak kucing perlu diberikan pencegahan dari masalah cacing. Mereka akan aktif bergerak dan bermain.

7. Minggu Selanjutnya: Anak Kucing Sampai Usia 6 Bulan

Ini adalah tahap terbaik untuk memperkenalkan kucing pada banyak hal baru seperti hewan peliharaan lain, kebisingan rumah tangga, disikat dan ditangani, serta membiasakannya dengan anak-anak. (mdk/kur)

Baca juga:
3 Jenis Burung Dara Berdasarkan Warna, Pahami Karakter Aduan dan Peliharaan
Makna Al Ghasyiyah Ayat 17, Keistimewaan Unta dan Hikmah di Baliknya
Jenis Burung Jalak Putih Asli dan Karakteristiknya, Jangan Sampai Tertipu di Pasaran

3 dari 7 halaman

8. Junior (rata rata umur kucing 6 bulan ? 2 tahun)

ilustrasi kucing
barecatssphynx.com

Kucing Anda akan mencapai ukuran penuh selama periode waktu ini dan akan mencapai kematangan seksual. Penting untuk bermain dengan hewan peliharaan Anda, karena ini momen tepat untuk mengajari mereka cara bermain dengan baik.

Tapi hal penting, gunakan mainan untuk berinteraksi dengan mereka. Bermain dengan tangan langsung dapat mendorong mereka untuk menggigit dan mencakar Anda.

9. Perdana (rata rata umur kucing 3 – 6 tahun)

Seperti yang ditunjukkan oleh nama fase ini, masa pertumbuhan kucing Anda akan berada di puncak kehidupannya selama tahun-tahun ini. Saat mereka masih muda dan sehat, tetap penting untuk memastikan bahwa kucing Anda mendapatkan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan untuk membantu mencegah penyakit apa pun.

10. Dewasa (rata rata umur kucing 7 – 10 tahun)

Pada usia ini, kucing Anda akan menjadi setara dengan manusia berusia pertengahan 40 hingga pertengahan 50-an. Ini berarti bahwa Anda mungkin melihat anabul mulai melambat dan mereka cenderung menambah berat badan.

Penting untuk memantau konsumsi makanan mereka dengan cermat. Sehingga kucing memiliki jumlah yang tepat untuk tingkat aktivitas mereka. Jika Anda tidak yakin apakah kucing kelebihan berat badan atau tentang cara mengurangi waktu makan, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

4 dari 7 halaman

11. Senior (rata rata umur kucing 11 ? 14 tahun)

013 indra cahya

©2016 Merdeka.com

Kucing senior atau rata-rata umur kucing 11 sampai 14 tahun. Ini berarti melihat kucing Anda mencapai usia manusia 70 tahun. Mereka mungkin mulai membutuhkan lebih banyak stimulasi mental untuk membuatnya bahagia.

Memperkaya lingkungan kucing Anda harus dilakukan sepanjang hidup mereka, dan harus dilanjutkan ke tahun-tahun seniornya. Terutama karena kucing cenderung lebih rileks pada usia ini.

Makanan adalah cara yang bagus untuk menghibur kucing Anda. Jika mereka sedikit kelebihan berat badan, itu bisa membuat mereka sibuk dan aktif saat mencoba mendapatkan makanannya.

12. Geriatri (15 tahun ke atas)

Rata rata umur kucing yang sudah mencapai 15 tahun ke atas, beberapa akan mulai menjalani hidup di jalur lambat, dengan senang menghabiskan waktu selama seharian di bantal favorit mereka.

Kucing geriatri perlu dipantau lebih dekat untuk setiap perubahan perilaku mereka. Hal ini dapat mencakup seperti vokalisasi dan frekuensi pergi ke toilet. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa maka yang terbaik adalah membuat janji dengan dokter hewan.

Ini mungkin bisa menjadi masa yang sulit, karena mendekati momen untuk mengucapkan selamat tinggal pada kucing Anda. Hidup mungkin akan tiba-tiba tampak sangat kosong.

Baca juga:
Obat Mata Kucing Berair dan Belekan, Ikuti Tips Menangani hingga Merawatnya
6 Fungsi Cacing Tanah Bagi Ekosistem, Baik untuk Kesuburan Tanaman

9 Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mengatasi yang Tepat

5 dari 7 halaman

Perubahan Kucing yang Menua

ilustrasi kucing hybrid
thesprucepets.com©2022 Merdeka.com

Berikut adalah beberapa hal normal yang mungkin dialami kucing yang menua, seperti dilansir dari Science Alert:

- Perubahan Perilaku

Rata rata umur kucing di periode Geriatri, biasanya akan mengalami perubahan siklus tidur, perubahan vokalisasi, penurunan toleransi stres.

- Perubahan Penampilan

Perubahan penampilan mata. Termasuk sklerosis lentikular, yang membuat pupil tampak keruh, biru-abu-abu-putih dan atrofi iris. Lalu penurunan elastisitas kulit dan kuku yang rapuh dan menebal.

Sedikit perubahan berat badan dan penglihatan. Gigi dapat mengalami penebalan dinding gigi, menyebabkannya tampak kuning, putih pudar, atau bahkan seperti kaca.

- Perubahan Fungsional Harian

Kucing yang menua akan mengalami erubahan pola aktivitas, penurunan mobilitas dan penurunan penglihatan, penurunan indera penciuman dan pendengaran.

Perubahan Kucing yang Menua Lainnya

Berikut ini beberapa tanpa perubahan rata rata umur kucing yang telah menua lainnya yag patut diperhatikan, seperti dikutip dati Vet West:

  • Sistem kekebalan kucing yang lebih tua kurang mampu menangkis beragam penyakit.
  • Kulit lebih tipis dan kurang elastis, sirkulasi darah berkurang, dan lebih rentan terhadap infeksi.
  • Kucing yang lebih tua merawat dirinya sendiri dengan kurang efektif daripada kucing yang lebih muda, terkadang menyebabkan rambut kusut, bau kulit, dan peradangan.
  • Cakar kucing yang menua sering ditumbuhi, tebal dan rapuh, perlu dipotong lebih sering.
  • Gangguan pendengaran umum terjadi pada kucing usia lanjut.
  • Penyakit gigi sangat umum pada kucing yang lebih tua dan dapat menghambat makan dan menyebabkan rasa sakit yang signifikan.
  • Hilangnya nafsu makan, pada kucing senior yang sehat, penurunan indra penciuman mungkin sebagian bertanggung jawab atas hilangnya minat makan.
  • Ginjal kucing mengalami sejumlah perubahan terkait usia yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan fungsi, termasuk gagal ginjal.
  • Penyakit sendi degeneratif, atau radang sendi, sering terjadi pada kucing yang lebih tua.
  • Kucing dengan radang sendi atau penyakit sendi
  • Hipertiroidisme (sering mengakibatkan aktivitas berlebihan); hipertensi (tekanan darah tinggi); diabetes mellitus; penyakit radang usus; dan kanker adalah contoh kondisi rat rata umur kucing yang menua.
  • Menghindari interaksi sosial.
6 dari 7 halaman

Cara Menjaga Kucing Tetap Bugar dan Sehat

014 tantri setyorini
©Pexels

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anabul hidup bahagia melalui tahun-tahun emas mereka. Supaya kucing Anda bisa bertahan hidup lebih lama. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti melansir dari The Veton Fourth dan Vet West:

- Pengamatan. Sangat penting dalam memperhatikan perubahan kecil pada perilaku atau kesehatan umum kucing Anda. Anda dapat melakukan pemeriksaan fisik mingguan.

- Perhatikan juga perubahan asupan air, nafsu makan, pola pernapasan, kualitas bulu, benjolan dan benjolan, batuk, kemampuan fisik, kebiasaan buang air kecil, dan bahkan kebiasaan berdandan.

- Vaksinasi Rutin. Pemeriksaan hewan secara teratur termasuk pemeriksaan fisik.

- Diet seimbang yang sesuai dengan usia kucing. Pertahankan kisaran berat badan yang sehat

- Berolahraga, secara teratur terlibat dalam waktu bermain

- Sediakan lingkungan yang bebas stres.

- Perawatan medis rutin. Kucing tidak akan mengeluh ketika mereka merasa tidak enak badan.

- Diet yang ideal.

- Mencegah kucing bosan. Menjaga kucing Anda tetap terlibat dapat membantu memperpanjang hidupnya. Cara untuk melakukannya, termasuk pengenalan mainan baru secara teratur, menghabiskan waktu berinteraksi setiap hari, dan memberikan kesempatan memanjat, seperti menara kucing atau opsi yang dipasang di dinding.

Baca juga:
Mengenal Ciri-Ciri Kelinci Sehat dan Jenis Makanannya, Baca Lebih Lanjut
7 Jenis Kucing Hybrid yang Menarik Diketahui, dari Bengal hingga Pixie-Bob
Harga Kucing Bulu Pendek Britania, Lengkap Beserta Sifat dan Cara Merawatnya

7 dari 7 halaman

Cara Menghitung Umur Kucing

 ilustrasi kucing

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Shvaygert Ekaterina

Dibandingkan dengan anjing yang memiliki variasi lebih besar berdasarkan ukuran dan jenisnya, cara menghitung usia kucing cukup standar. Sementara jika kucing dipelihara sejak Lahir atau bayi:

Jika Anda memiliki kucing yang sudah dirawat sejak bayi atau bahkan sejak lahir, caranya akan lebih mudah. Anda cukup mencatat umur kucing seperti umur manusia dan mengonversinya ke umur kucing yang sesungguhnya.

Menurut American Animal Hospital Association (AAHA), pedoman usia kucing ini telah dibuat dan disetujui oleh AAHA, Biro Penasihat Kucing dan Asosiasi Praktisi Kucing Amerika (AAFP):

  • Di tahun pertama kucing, sama dengan sekitar 15 tahun manusia. Jadi jika Anda memiliki kucing berusia 1 tahun artinya umur sebenarnya adalah 15 tahun.
  • Pada tahun kedua, tambahkan 9 tahun usia manusia. Contohnya, seekor kucing berusia 2 tahun akan berusia kurang lebih 24 tahun manusia (15+9).
  • Setelah tahun kedua kehidupan kucing, setiap tahun tambahan sama dengan sekitar 4 tahun manusia. Untuk setiap tahun berturut-turut dalam kehidupan kucing. Semisal, Anda memiliki kucing dengan umur 5 tahun, artinya umur sebenarnya adalah 36 tahun.

Baca juga:
5 Merawat Anak Kucing Baru Lahir Tanpa Induk, Tetap Sehat dan Tidak Mati
7 Kucing Kaki Pendek yang Imut, Ketahui Kelebihan dan Risiko Pelihara Tiap Rasnya
Tempat Tidur Kucing yang Nyaman, Perhatikan Bahan, Ukuran & Jenisnya
Kucing Lemas Tidak Mau Makan, Kenali Penyebab serta Cara Mengatasi yang Tepat
Kucing Muntah Darah Bisa Akibat Infeksi, Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya
11 Resep Makanan Kucing Biar Gemuk, Kaya Nutrisi Beserta Varian Supaya Tak Bosan

 

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami