Shalat Istikharah Sesuai Tuntunan, Lengkap dengan Bacaan Hingga Tata Cara

Shalat Istikharah Sesuai Tuntunan, Lengkap dengan Bacaan Hingga Tata Cara
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas
TRENDING | 8 April 2021 12:26 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Shalat istikharah merupakan salah satu amalan sunnah yang terdapat di dalam Alquran serta hadis. Seperti halnya dengan shalat wajib atau fardhu, shalat istikharah juga dilakukan dengan gerakan yang sama. Perbedaannya yakni terletak pada jumlah rakaat, bacaan niat, dan doa setelah shalat istikharah.

Bukan tanpa tujuan, shalat istikharah diperintahkan oleh Allah SWT saat manusia bimbang di antara urusan dunia. Saat berhadapan dengan beberapa pilihan, umat Islam disunnahkan untuk menunaikan shalat istikharah.

Setelah menjalankan shalat istikharah, manusia biasanya mendapatkan jawaban atas persoalan yang diungkapkannya di dalam doa. Ada banyak anggapan mengenai bentuk jawaban yang diberikan yakni berupa mimpi dan lain sebagainya. Namun, rupanya hal ini tak sepenuhnya benar.

Untuk mendapatkan ibadah shalat istikharah yang sempurna, ada baiknya bagi Anda untuk memahami bacaan niat, doa, hingga tata caranya terlebih dahulu. Simak rangkuman mengenai shalat istikharah yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Selanjutnya: Bacaan Niat Shalat Istikharah...

Halaman

(mdk/mta)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami