Si Cantik Pemilik Ferrari Rp12 M Kembali Beraksi, Kini Bagi THR untuk Guru Honorer

Si Cantik Pemilik Ferrari Rp12 M Kembali Beraksi, Kini Bagi THR untuk Guru Honorer
TRENDING | 22 Mei 2020 12:12 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Guru honorer dikenal memiliki penghasilan yang kecil. Padahal pengabdiannya sungguh luar biasa. Mereka tetap ikhlas mengajar meski hanya digaji tak seberapa. Sebagai bentuk penghormatan, Shandy Purnamasari dan suami tercinta, Gilang berbagi THR kepada para guru honorer.

Shandy merupakan si cantik yang dikenal publik sejak menjadikan pintu Ferrari Rp12 miliarnya sebagai cantolan kerupuk, dalam aksi berbaginya kala itu. Ingin tahu aksi berbagi THR untuk para guru honorer? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 8 halaman

Setiap Guru Dijemput

Melalui story Instagramnya,  Shandy Purnamasari membagikan video momen para guru yang keluar dari bus besar miliknya. Dia menjemput para guru honorer yang telah berkumpul di setiap titik temu.

bagi thr untuk guru honorer

Instagram shandypurnamasari dan juragan_99 ©2020 Merdeka.com

Selanjutnya berkumpul di markas besar bisnis milik Shandy dan Gilang. Setiap guru yang mengenakan seragam itu, terlebih dahulu masuk ke kotak disinfektan, cek suhu, serta mencuci tangan.

Bus yang digunakan merupakan kepemilikan Shandy dan Gilang, yang akhir-akhir ini tengah sepi sebab Covid-19. 

2 dari 8 halaman

Pemberian THR Khusus Guru Honorer

Pemberian THR atau Tunjangan Hari Raya berupa amplop cokelat berisi lembaran uang, serta paket sembako untuk para guru honorer.

bagi thr untuk guru honorer

Instagram shandypurnamasari dan juragan_99 ©2020 Merdeka.com

Gilang dan Shandy merasa begitu perihatin melihat kondisi para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut, di masa pandemi. Mereka berharap bantuan sederhana ini akan sangat membantu guru-guru menjelang lebaran tiba.

3 dari 8 halaman

Terkenal Berkat Ferrari jadi Cantolan Kerupuk

Shandy merupakan pengusaha kenamaan yang memiliki bisnis di bidang traveling, percetakan, dan klinik kecantikan bersama sang suami. Keduanya memang kerap melakukan aksi berbagi.

bagi thr untuk guru honorer

Instagram shandypurnamasari dan juragan_99 ©2020 Merdeka.com

Namun namanya semakin mencuat dikenal publik, sejak Shandy menjadikan pintu mobil Ferrari yang dibanderol sekitar Rp12 miliar sebagai cantolan kerupuk. Kala itu, dia tengah membagikan paket makanan pada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

4 dari 8 halaman

Menutup Ramadhan dengan Berbagi

Shandy mengaku salut pada perjuangan para guru. Dia berharap ada banyak orang lain yang memedulikan kondisi guru honorer. Gaji yang tidak seberapa, demi ketulusan mencerdaskan anak bangsa Indonesia. Momen berbagi pada Kamis (21/5) siang, diakuinya menjadi pelajaran berharga.

"Hari ini dapat pelajaran bahwa ngga semua hal yang kita lakukan adalah demi uang. Ramadhan ini ditutup dengan berbagi THR untuk GURU honorer, Semoga masih banyak lagi yang akan peduli dengan guru dan pendidikan. Semangat terus untuk Guru-guru hebat di seluruh Indonesia!," tulis Shandy dalam caption nya.

5 dari 8 halaman

Gaji Guru Honorer Begitu Rendah

Upah menjadi guru honorer di setiap wilayah berbeda. Tidak ada aturan tetap yang mengikat dari pemerintah. Biasanya tergantung pada kebijakan yayasan atau dari sekolahnya masing-masing.

Begitu miris ada guru yang mengaku pada Gilang, bahwa awal menjadi honorer hanya menerima gaji Rp50 ribu. Kemudian bertahap bertambah Rp25 ribu, hingga kini menjadi Rp300 ribu.

bagi thr untuk guru honorer

Instagram shandypurnamasari dan juragan_99 ©2020 Merdeka.com


Salah satu alasan terkuat Shandy membantu, terutama melihat kondisi memperihatinkan tersebut. Mereka tertap berusaha bertahan hidup tanpa mengeluh. Begitu layak menjadi teladan.

6 dari 8 halaman

Perjuangan Seorang Guru

Shandy dan Gilang menyempatkan untuk berbincang dengan salah seorang guru. Saat ditanya perihal gaji, dia tidak mau menyebutkan nominalnya. Hanya berani menyampaikan, bahwa upah sebagai honorer di bawah Rp500 ribu, selama 21 tahun mengajar.

"Menjadi guru, menurut saya bukan karena uang atau nominal. Tapi karena panggilan dari hati," ujar ibu Feni, seorang guru TK sejak 1999.

7 dari 8 halaman

Reaksi Netizen

Komentar pujian membanjiri unggahan Gilang dan Shandy di Instagram masing-masing. Termasuk dukungan dari sesama pengusaha, Delta Hesti istri dari Tom Liwafa.

"@shandypurnamasari ya Allaah kaaak semoga rejekinya makin makin lancarkaaan," tulis sinok_ayu.

"@shandypurnamasari terimakasih kak, sebagai sesama guru honorer saya trenyuh melihatnya.. masih ada yang peduli pada kami :)," tulis ralia_90.

"Barakallah pak gilang Dan bu shandy sekuarga,semoga rezekinya slalu melimpah... Amiin," tulis iraningrahayu.

"Pernah jdi guru honorer selama 5thun , dbyar 300rb per 3bulan. Semoga Allah mengangkat derajat" mereka. Barakallahu kak," tulis kikii_khayyirah.

"Keren bebkuh semoga makin suksesss beb," tulis princesssmayamulia.

8 dari 8 halaman

Video Perbincangan dengan Guru Honorer

Berikut perbincangan singkat dengan salah seorang guru honorer yang merasa begitu terbantu. Ibu Feni mengaku ketulusan hatinya yang membuat bertahan sebagai guru honorer.

(mdk/kur)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami