Tak Perlu Antre, Begini Cara Perpanjang SIM C Via Online

Tak Perlu Antre, Begini Cara Perpanjang SIM C Via Online
TRENDING | 23 November 2019 13:14 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Cara memperpanjang SIM C kini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Hanya melalui online, perpanjang SIM sudah bisa dilakukan.SIM berbasis online ini diumumkan oleh Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Meski begitu, layanan online ini hanya bisa dilakukan untuk SIM A dan C. Cara perpanjangannya tidak berbeda dengan proses pada SIM lainnya.

Perpanjangan SIM C ini tetap mempunyai prosedur seperti perpanjangan SIM lainnya yang harus ditaati. Layanan ini bertujuan agar memudahkan masyarakat saat berada di mana pun.

Berikut adalah cara perpanjang SIM C online yang sudah Merdeka.com rangkum:

1 dari 5 halaman

Cara Perpanjang SIM C Via Online

sim c via online rev2

Untuk memperpanjang masa berlaku SIM C online ini, pertama Anda bisa mengakses pendaftaran melalui website Korlantas Polri yaitu di http://sim.korlantas.polri.go.id dan klik menu registrasi online. Setelah itu Anda dapat memilih menu Pendaftaran SIM Online, lalu Anda akan melihat informasi dari Pendaftaran Online di halaman yang sama.

2 dari 5 halaman

Menentukan Satpas pada Website

pada website rev2

Anda juga dapat melihat lokasi Satpas, keterangan persyaratan, panduan penggunaan website dan formulir data permohonan yang harus diisi. Saat Anda memilih Satpas yang akan dituju, pastikan Anda memilih lokasi paling terdekat dengan tempat tinggal. Hal tersebut berpengaruh dalam proses perpanjangan SIM. Jika Anda datang ke tempat sesuai dengan yang dipilih sebelumnya, maka penerbitan SIM tidak dapat diproses.

3 dari 5 halaman

Mengisi Data

rev2

Setelah memilih tempat kantor Satpas pada website, Anda bisa melanjutkan mengisi data selanjutnya yaitu data pribadi. Kemudian setelah data pribadi, dilanjutkan dengan mengisi formulir informasi data keadaan darurat. Dan disusul dengan mengisi data input pada halaman berikutnya. Pastikan konfirmasi yang dimasukkan sudah sesuai dengan data diri Anda.

4 dari 5 halaman

Tentukan Tanggal Pengambilan SIM C

pengambilan sim c rev2

Setelah selesai Anda bisa tentukan langsung tanggal pengambilan SIM C. Pastikan Anda sudah memilih tanggal yang memungkinkan Anda untuk dapat mengambil SIM C di Satpas terdekat yang sudah Anda pilih, itu mengapa Anda harus memilih kantor Satpas terdekat dari tempat Anda tinggal. Klik kirim.

5 dari 5 halaman

Perpanjangan SIM Selesai

Anda akan mendapat konfirmasi bahwa perpanjangan sudah berhasil dilakukan, dan Anda juga mendapat bukti registrasi online melalui e-mail. Mudah bukan? Saat ini Anda bisa melakukan perpanjangan SIM C Online di mana pun Anda berada. Selamat Mencoba!

(mdk/bil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami