Terungkap Kopassus Tak Lagi Masuk 20 Besar Pasukan Elite Terkuat Dunia

Terungkap Kopassus Tak Lagi Masuk 20 Besar Pasukan Elite Terkuat Dunia
Kopassus TNI AD. ©2020 Merdeka.com
TRENDING | 3 September 2020 10:16 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) diketahui telah banyak meraih berbagai prestasi baik di dalam ataupun luar negeri. Hal tersebut membuat Kopassus masuk ke dalam pasukan elite terkuat di dunia.

Namum, baru-baru ini diungkapkan oleh pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie, bahwa Kopassus tak lagi masuk 20 besar peringkat pasukan elite. Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 6 halaman

Connie: Semua Dunia Tahu Powerful-nya Kopassus

kopassus
Youtube/Indonesia Lawyers Club ©2020 Merdeka.com

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) memang dikenal banyak memiliki prestasi yang sudah ditorehkan, baik di dalam negeri hingga luar negeri. Connie Rahakundini Bakrie sebagai pengamat militerpun mengatakan bahwa seluruh dunia mengetahui betapa hebatnya Kopassus.

"Kopassus itu semua di dunia tahu bagaimana powerful-nya Kopassus," ungkapnya dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) TvOne.

3 dari 6 halaman

Ungkap Kopassus Tak Lagi Masuk 20 Besar Pasukan Elite Dunia

kopassus
Youtube/Indonesia Lawyers Club ©2020 Merdeka.com

Selain itu, Connie juga mengungkapkan bahwasannya saat ini Kopassus sudah tidak masuk ke dalam peringkat 20 besar pasukan elit hebat di dunia.

"Hari ini google saja pasukan dunia yang paling mantap dari 20 besar, Kopassus enggak masuk lagi," kata dia.

4 dari 6 halaman

Pertanyakan Soal Tempat Latihan

kopassus
Youtube/Indonesia Lawyers Club ©2020 Merdeka.com

Connie pun merujuk pada pernyataan Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman, seperti diketahui ia merupakan salah seorang Panglima TNI pertama Indonesia. Connie juga berkata saat ini TNI tak mempunyai tempat ataupun wilayah untuk latihan.

"Kalau Jenderal Sudirman itu menyatakan bahwa kita itu harus mempertahankan pekarangan dan rumah sendiri. Kalau untuk latihan saja sudah tidak bisa, itu bagaimana?," lanjutnya.

5 dari 6 halaman

Pernah Jadi Pasukan yang Disegani Dunia

kopassus tni ad
Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Sebelumnya, Kopassus membuktikan prestasinya yang ditorehkan baik dalam negeri ataupun luar negeri. Kemampuan antara lain yang membuat Kopassus disegani dunia adalah mulai dari bela diri, penembak jitu, membebaskan banyak sandera.

Tak hanya itu, bahkan Kopassus sempat menjadi pelatih pasukan militer dari negara lain akibat kehebatan dan kekuatan yang dimiliki.

6 dari 6 halaman

Australia Pernah Akui Kopassus Jadi Pasukan Terhebat di Dunia

kopassus tni ad
©2020 Merdeka.com

Kopassus sebagai salah satu satuan elite di TNI Angkatan Darat masih mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Pengakuan itu keluar dari mulut Komandan Operasi Khusus Australia (Socaust) Mayor Jenderal Jeff Sengelman usai menghadiri Latihan Bersama Dawn Komodo antara Kopassus dan Special Air Service Regiment (SASR) Australia.

"Dari demonstrasi yang dilihat tadi yang dipertunjukan oleh prajurit Kopassus, saya yakin motto, skill, dan keterampilan prajurit Kopassus masih yang terhebat di dunia," kata Mayjen Jeff Sengelman, demikian siaran pers yang diterima merdeka.com dari Penerangan Kopassus, Kamis (28/7/2016).

(mdk/bil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami