Terungkap Lucinta Luna Ternyata Punya 7 Nama, Ini Identitas Samaran yang Pertama

TRENDING | 14 Februari 2020 08:29 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Merdeka.com - Publik kini tengah dihebohkan dengan kasus penangkapan pada artis Lucinta Luna. Bagaimana tidak, penangkapan ini terkait kasus narkoba. Lucinta Luna berhasil diamankan aparat kepolisian pada Selasa (11/2) kemarin.

Telah ditetapkan sebagai tersangka, identitas Lucinta Luna perlahan mulai terbongkar. Siapa sangka, artis yang penuh akan sensasi ini ternyata memiliki tujuh nama.

Lantas, apa sajakah nama Lucinta Luna? Simak ulasan informasi yang dihimpun dari beberapa sumber berikut ini.

1 dari 9 halaman

Jenis Kelamin KTP dan Paspor Berbeda

Isu gender Lucinta Luna memang menjadi sorotan publik sejak lama. Masyarakat bertanya-tanya Lucinta Luna sebenarnya berjenis kelamin apa. Wanita atau pria. Sebab, isu transgender yang ditujukan kepada Lucinta Luna merebak.

YouTube @Intens Investigasi 2020 Merdeka.com

Kini, identitas asli Lucinta Luna mulai terungkap ke hadapan publik. Tidak tanggung-tanggung, identitas KTP dan paspor Lucinta Luna diungkapkan ke publik. Ada yang janggal dari identitasnya. Di KTP, Lucinta Luna dikatakan berjenis kelamin perempuan. Sementara, di paspor dikatakan artis yang penuh sensasi ini berjenis kelamin laki-laki.

2 dari 9 halaman

Pengadilan Negeri Menerima Ajuan Pemohon

Sempat menjadi pertanyaan di benak masyarakat luas, kini jenis kelamin Lucinta Luna terungkap. Dikatakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Lucinta Luna adalah seorang wanita. Hal ini berdasarkan surat Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Diketahui pula, Lucinta Luna resmi berganti jenis kelamin sejak Desember 2019 lalu.

"Ini putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tertanggal bulan Desember 2019, di mana intinya di sini menerima permohonan dari pemohon dalam hal gender. Dan sekarang statusnya yang bersangkutan adalah seorang perempuan secara hukum ini ya, sah dari pengadilan dengan namanya diganti dari MF menjadi AP," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya.

3 dari 9 halaman

Berganti Nama

Lucinta Luna secara resmi telah berganti nama. Pemilik nama Muhammad Fatah ini kini telah menjadi sosok bernama Ayluna Putri. Pergantian nama dan jenis kelamin ini sesuai putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (20/12/19) lalu.

Liputan6.com/Herman Zakharia

Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut bertuliskan.

MENETAPKAN

  1. Mengabulkan permohonan pemohon;
  2. Memberikan ijin kepada Pemohon untuk mengganti status jenis kelamin yang semula berjenis kelamin laki-laki menjadi jenis kelamin perempuan serta pergantian nama dari MUHAMMAD FATAH menjadi AYLUNA PUTRI;
  3. Memerintahkan kepada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk mengubah atau memperbaiki kutipan Akta kelahiran No. 3174-LT-161220019-0088 yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta tertanggal 16 Desember 2019 atas nama MUHAMMAD FATAH jenis kelamin laki-laki yang selanjutnya diubah menjadi nama AYLUNA PUTRI jenis kelamin perempuan dengan segala akibat hukumnya.
  4. Membebankan kepada Pemohon untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 306.000,- (tiga ratus enam ribu rupiah).
4 dari 9 halaman

Nama Pertama Lucinta Luna

Dikatakan sebelumnya, Lucinta Luna telah berganti nama kurang lebih sebanyak tujuh kali. Hal ini diungkapkan langsung oleh teman Lucinta Luna, Dhendy. Dihimpun dari akun YouTube Intens Investigasi, Jumat (14/2), Dhendy memaparkan nama yang digunakan pertama kali oleh Lucinta Luna.

"Padahal dia sudah ikut lama dengan saya, lama banget. Saya tuh sama dia (Lucinta), sama Cleo itu satu angkatan di Be A Man. Kita berteman di Be A Man, pada akhirnya Cleo itu ikut kerja sama saya setelah keluar dari acara itu. Waktu itu Cleo sebagai Cleo, saya sebagai Desy di Be A Man 3," ungkap nama yang digunakan Lucinta Luna pertama kali.

"Tapi pada saat ini sebenarnya bahwa memang Lucinta Luna itu adalah Cleo. Bukan orang lain, orang yang sama. Cleo, Lucinta Luna," sambung Dhendy.

5 dari 9 halaman

Nama Lucinta Luna Lainnya

Dhendy juga memaparkan nama-nama yang pernah digunakan oleh Lucinta Luna.

YouTube @Intens Investigasi 2020 Merdeka.com

"Pertama namanya Muhammad Fatah, kedua ganti Cleo, ketiga ganti Cleofitri, keempat Thalita, kelima eh keenam Thalita Fitri, ketujuh Ayluna Putri, Ayluna Cinta, Lucinta Luna. Itu namanya dia," paparnya.

6 dari 9 halaman

Ditempatkan di Sel Wanita

Berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Lucinta Luna telah secara resmi berganti jenis kelamin menjadi perempuan. Sehingga secara hukum negara, tersangka narkoba Lucinta Luna adalah seorang wanita. Hal inilah yang mendasari Lucinta Luna akan di tempatkan di sel wanita.

"Kita harus mempunyai dasar yang pasti sehingga akan kami tempatkan di sel wanita. Walaupun sekarang kami taruh di tempat sel khusus dulu," jelas Kombes Pol Yusri Yunus.

7 dari 9 halaman

Alami Tekanan Batin

Saat press conference yang berlangsung baru-baru ini, Lucinta Luna mengaku telah melakukan kesalahan besar. Lantaran dirinya telah terjerumus dalam dunia narkoba. Kini, obat terlarang tersebut telah mencoreng nama dan karier Lucinta Luna di industri hiburan tanah Air.

"Dengan tekanan saya, batin saya seperti ini, saya melakukan kesalahan yang sangat fatal, yang bisa merugikan diri saya sendiri," ucap Lucinta Luna.

YouTube @Intens Investigasi 2020 Merdeka.com

Melansir dari akun YouTube Intens Investigasi, manajer Lucinta Luna, Nanda Persada juga mengatakan Lucinta Luna pernah ke psikiater.

"Sampai dia (Lucinta) cerita dia susah tidur, hampir tiap malam nangis terus, itu Abash juga cerita seperti itu. Terus akhirnya dia ke psikiater yang saya tahu, terus dapat penangan di situ, terus dapat obat-obatan di situ. Kalau depresinya ya cerita, ya tertekan, nggak bisa tidur, nangis terus hampir tiap malam," ucap manajer Lucinta Luna.

8 dari 9 halaman

Makin Kacau Bila Tak Konsumsi Obat

Tidak banyak yang tahu, Lucinta Luna dikatakan mengalami depresi. Hal ini dikarenakan banyaknya bullying yang dialami artis penuh sensasi tersebut. Bahkan, menurut manajernya, Lucinta Luna akan semakin kacau bila berhenti konsumsi obat dari dokternya atau psikiater.

"Jadi gini, Johan cerita ya, ketika dia (Lucinta) tidak mengonsumsi obat-obat ini dari dokter. Itu malah makin kacau, makin nggak stabil emosionalnya dan makin depresi gitu. Jadi, saya nggak tahu apa ada ketergantungan dengan obat-obatan penenang itu atau nggak," paparnya.

9 dari 9 halaman

Jangan Ikuti Saya

Diberikan kesempatan untuk berbicara di hadapan publik, Lucinta Luna tak lupa memberikan masukan kepada khalayak publik. Artis yang telah ditetapkan sebagai tersangka ini mengingatkan pada semua orang baik kalangan selebriti ataupun masyarakat umum untuk tidak terjerat narkoba. Jangan ada lagi seseorang yang tersandung kasus narkoba seperti dirinya.

YouTube @KH INFOTAINMENT 2020 Merdeka.com

"Saya cuma mau agar permohonan maaf saya dimaafkan oleh kalian, teman-teman, keluarga saya, teman-teman artis juga dan kalau bisa jangan mengikuti langkah-langkah seperti saya. Tolong jauhi narkoba," sambungnya. (mdk/tan)

Baca juga:
PN Jaksel: Pergantian Nama Fatah Jadi Lucinta Luna Sudah dari Desember 2019
Terungkap Nama Lucinta Luna Berubah dari M Fatah Jadi Ayluna Putri Seizin Pengadilan
Ini Bunyi Putusan Pengadilan yang Izinkan Lucinta Luna Ganti Nama & Jenis Kelamin
Lucinta Luna Bisa Ajukan Rehabilitasi Usai Hasil Tes Rambut di BNN Keluar
Heboh Identitas Asli Abash, Ini 6 Potret Mesranya dengan Lucinta Luna Sebelum Diciduk
Ikut Tertangkap, Identitas Asli Kekasih Lucinta Luna Terkuak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.