Terungkap Nama Lucinta Luna Berubah dari M Fatah Jadi Ayluna Putri Seizin Pengadilan

TRENDING | 13 Februari 2020 15:32 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah

Merdeka.com - Penangkapan Lucinta Luna terkait kasus narkoba cukup menghebohkan publik. Lucinta diamankan aparat kepolisian pada Selasa (11/2) lalu.

Kini, Lucinta telah ditetapkan sebagai tersangka. Rangkaian proses hukum pun harus dijalani oleh Lucinta. Meski telah menjalani rangkaian proses hukum, sejumlah pertanyaan pun muncul di benak masyarakat.

Banyak dari mereka yang mempertanyakan jenis kelamin Lucinta Luna hingga nama aslinya. Kini misteri tersebut telah terungkap. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 5 halaman

Ditetapkan Menjadi Tersangka

YouTube @KH INFOTAINMENT 2020 Merdeka.com

Lucinta Luna telah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penyalahgunaan narkoba. Lucinta diamankan oleh pihak kepolisian di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat pada Selasa (11/2) lalu.

Lucinta terbukti positif menggunakan obat terlarang narkoba psikotropika jenis benzo.

2 dari 5 halaman

Ditempatkan di Sel Wanita

Liputan6.com/Herman Zakharia

Semenjak Lucinta Luna muncul ke industri hiburan, publik mempertanyakan jenis kelamin Lucinta hingga nama aslinya. Kini pertanyaan tersebut telah terjawab.

Lucinta Luna adalah seorang wanita. Hal ini berdasarkan surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sejak Desember 2019, Lucinta Luna telah berganti kelamin menjadi perempuan.

"Ini putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tertanggal bulan Desember 2019, di mana intinya di sini menerima permohonan dari pemohon dalam hal gender. Dan sekarang statusnya yang bersangkutan adalah seorang perempuan secara hukum ini ya, sah dari pengadilan dengan namanya diganti dari MF menjadi AP," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Hal tersebut juga mendasari Lucinta akan di tempatkan di sel wanita.

3 dari 5 halaman

Perubahan Nama Lucinta

Liputan6.com/Herman Zakharia

Lucinta Luna kini telah resmi berganti nama dari Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri. Hal ini sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Jumat, 20 Desember 2019.

Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut bertuliskan.

MENETAPKAN

1. Mengabulkan permohonan pemohon;
2. Memberikan ijin kepada Pemohon untuk mengganti status jenis kelamin yang semula berjenis kelamin laki-laki menjadi jenis kelamin perempuan serta pergantian nama dari MUHAMMAD FATAH menjadi AYLUNA PUTRI;
3. Memerintahkan kepada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk merubah atau memperbaiki kutipan Akta kelahiran No. 3174-LT-161220019-0088 yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta tertanggal 16 Desember 2019 atas nama MUHAMMAD FATAH jenis kelamin laki-laki yang selanjutnya diubah menjadi nama AYLUNA PUTRI jenis kelamin perempuan dengan segala akibat hukumnya.
4. Membebankan kepada Pemohon untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 306.000,- (tiga ratus enam ribu rupiah).

4 dari 5 halaman

Dapat Ajukan Rehabilitasi

YouTube @KH INFOTAINMENT 2020 Merdeka.com

Lucinta Luna telah melakukan tes rambut di BNN Lido. Hasilnya pun baru akan keluar 3 sampai 4 hari mendatang.

Lucinta pun memiliki kesempatan untuk mengajukan rehabilitasi usai tes rambut di BNN keluar. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

"Nanti (kalau rehabilitasi), ada mekanismenya. Itu melalui asesmen dulu. Ini kan masih didalami dulu," ucap Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (13/2) pada Merdeka.com.

Selain itu, Kombes Yusri pun menambahkan jika setelah tes rambut Lucinta keluar, Lucinta dapat mengajukan assesmen ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta.

"Kalau sudah selesai semua kalau dia (Lucinta Luna) mengajukan ke sana (BNNP DKI), rehabilitasi kan ada asesmen dulu. Kalau enggak boleh, ya enggak boleh. Kalau boleh, ya kita enggak bisa ngomong," tambahnya.

5 dari 5 halaman

Kehidupan Pribadi Lucinta Mulai Terungkap

2020 instagram Lucinta Luna

Setelah ditetapkan menjadi tersangka, kehidupan pribadi Lucinta Luna pun mulai terungkap. Lucinta diketahui menjalin hubungan dengan seseorang bernama Abash. Dalam penggerebekan polisi, Abash pun turut diciduk untuk dimintai keterangan.

(mdk/add)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.