10 Perusahaan Terbaik di Dunia dalam Daftar Fortune Global 500 di 2021

10 Perusahaan Terbaik di Dunia dalam Daftar Fortune Global 500 di 2021
Gedung Perkantoran. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo
EKONOMI | 5 Agustus 2021 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Fortune Global 500 kembali mengeluarkan daftar perusahaan-perusahaan terbaik di dunia pada tahun ini. Namun pendapatan perusahaan dalam Fortune Global 500 mengalami menyusut 4,8 persen akibat pandemi COVID-19.

Setelah mencapai rekor tertinggi USD 33,3 triliun pada edisi 2020, total pendapatan untuk perusahaan terbesar dunia turun 4,8 persen menjadi USD 31,7 triliun tahun ini. Itu adalah penurunan pertama dalam setengah dekade.

Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19, yang menghantam sebagian besar ekonomi global ketika negara-negara melakukan penguncian. Demikian pula penjualan kumulatif baik di sektor energi maupun otomotif, misalnya, turun lebih dari 10 persen.

Meskipun mengalami kemunduran, bobot perusahaan yang masuk Global 500 Fortune tetap tinggi. Penjualan gabungan dari perusahaan-perusahaan dalam daftar tersebut setara dengan lebih dari sepertiga PDB global.

Nilai omzet USD 31,7 triliun (dikurangi 5 persen), pendapatan USD 1,6 triliun (dikurangi 20 persen), dan sudah mempekerjakan sebanyak 69,7 juta orang di seluruh belahan dunia. Daftar perusahaan terbaik secara global yang diumumkan Fortune didominasi oleh China dengan perusahaan sebanyak 143 perusahaan, AS sebanyak 122 perusahaan, dan Jepang sebanyak 53 perusahaan.

Berikut adalah 10 daftar perusahaan terbaik di dunia, seperti dilansir dari Fortune.

1. Walmart

Walmart kembali menduduki peringkat pertama selama delapan tahun berturut-turut. Pendapatan perusahaan pada tahun ini tercatat sebesar USD 559,1 miliar.

Walmart kembali berkembang pesat dengan berfokus pada strategi online. Alasannya karena ada banyak investor dan pengecer lainnya yang mengandalkan Walmart sebagai pemasok makanan. Melalui kondisi pandemi COVID-19, perusahaan masih bisa tetap mendapat keuntungan.

2. State Grid

State Grid Corporation of China (SGCC) menjadi perusahaan listrik terbesar di dunia. Pendapatan yang tercatat adalah sebanyak USD 386,6 miliar. Perusahaan ini menyediakan transmisi daya, jaringan listrik, manajemen sistem tenaga dan layanan lainnya di seluruh wilayah China.

Melalui jaringan perusahaan yang dimiliki sekarang, tidak heran apabila perusahaan listrik ini mampu berada di peringkat dua yang sebelumnya menduduki peringkat 3 pada 2020.

Baca Selanjutnya: 3 Amazon Perusahaan e-commerce dari Amerika...

Halaman

(mdk/azz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami