1,5 Juta Orang Nekat Mudik, Menko Airlangga Minta Pemda Perketat PPKM Mikro

1,5 Juta Orang Nekat Mudik, Menko Airlangga Minta Pemda Perketat PPKM Mikro
Menko Airlangga. ©2020 Foto: Lutfi/Humas Ekon
EKONOMI | 15 Mei 2021 14:30 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pemerintah daerah untuk memperketat pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) selama periode libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

Menyusul, temuan bahwa 1,5 juta masyarakat yang masih tetap nekat melaksanakan mudik Lebaran. Sebagaimana dilaporkan oleh Kementerian Perhubungan RI.

"Data dari pak Menhub bisa dijelaskan data awal dikatakan yang mudik 7 persen sekitar 17 juta, namun dengan operasi ketupat dan penyekatan yang dilakukan, data kemenhub mengatakan sekitar 1,5 juta yang memaksa mudik. Tentunya kebijakan diambil dengan memperketat PKPM Mikro," tegasnya dalam acara Talkshow bertajuk Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran, Sabtu (15/5).

Airlangga mengatakan, memperketat implementasi PPKM Mikro mampu menekan lonjakan penularan virus Covid-19 selama periode Libur Lebaran berlangsung. Menyusul adanya upaya untuk melakukan pembatasan interaksi secara langsung dan mobilitas masyarakat di masa kedaruratan kesehatan ini.

"Dengan demikian ketatnya PPKM Mikro diharapkan mereka yang terdampak atau di tes positif bisa dilakukan isolasi di daerah masing-masing," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Berdampak ke Ekonomi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami