164.450 Korban PHK Terima Bantuan Sembako dari Pemerintah

164.450 Korban PHK Terima Bantuan Sembako dari Pemerintah
UANG | 18 Juni 2020 11:02 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Sosial Juliari Batubara bersama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyerahkan 164.450 bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako kepada korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di wilayah Jabodetabek. Penyerahan ini merupakan inisiasi dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Juliari mengaku bangga dan bersyukur karena bisa berkolaborasi dengan Menaker. Langkah ini, setidaknya akan memberikan harapan baru bagi korban PHK yang belum mendapatkan bantuan.

"Kami di sini menyatakan kalau masih memungkinkan kita tambahkan bantuan, karena rencanannya program bansos dan bantuan tunai ini akan dilanjutkan sampai Desember dari 600 ribu perbulan per keluarga menjadi 300 ribu perbulan per keluarga," ungkapnya melalui siaran pers, Kamis (18/6).

Kemudian, Mensos berjanji, akan membuka peluang apabila ada data-data penerima yang memang dianggap layak menerima bantuan sosial untuk disalurkan kembali.

Sementara itu, Ida menyatakan turut memahami kondisi teman-teman serikat pekerja dan serikat buruh yang juga terdampak pandemi ini. Menurutnya, mereka semua membutuhkan bantuan untuk kehidupan sehari-hari.

"Mudah-mudahan apa yang Pemerintah lakukan sedikit bisa meringankan beban itu. Tentu saya tau masih banyak hal yg harus ditanggung teman pekerja dan buruh," ungkap Ida.

Kata Ida, berdasarkan data Kementeriannya terdapat 1,7 juta data penerima manfaat bansos yang telah tervalidasi. Sedangkan, ada 1,2 juta data yang sedang dalam proses validasi di luar Jabodetabek atau yang masih membutuhkan bansos dari pemerintah. (mdk/azz)

Baca juga:
Menko Airlangga: Penerima Manfaat Kartu Prakerja Didominasi Milenial
Bappenas Minta Dunia Usaha Sediakan Daycare Anak Selama Masa Kenormalan Baru
Apindo Prediksi 40 Persen Pekerja Indonesia di PHK Dampak Virus Corona
Sempat Ditolak, 500 TKA China akan Diizinkan Kerja di Sultra
Kementerian PUPR: Program Padat Karya Tunai Serap 101.000 Pekerja
Menaker Serahkan Bantuan 223.213 Paket Sembako bagi Pekerja Terdampak covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami