1.775 Peserta Mudik Gratis Ditjen Perhubungan Laut Tiba di Jakarta

UANG | 13 Juni 2019 14:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mengangkut sebanyak 1.775 orang penumpang dan 762 unit sepeda motor, KM. Dobonsolo sebagai Kapal pada Program Mudik Gratis Dengan Sepeda Motor Ditjen Perhubungan Laut yang dioperatori oleh PT PELNI tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko mengungkapkan, bahwa voyage terakhir yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Rabu (12/6) ini mengangkut para pemudik yang akan kembali ke rumah, baik di Jakarta maupun daerah lain seperti Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor.

Wisnu menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Satlantas Polres KPPP Tanjung Priok untuk memastikan keselamatan perjalanan para pemudik ke tempat tinggal masing-masing.

"Personel Satlantas Polres KPPP Tanjung Priok akan mengawal para pemudik ini dari dermaga penumpang sampai ke jalan raya. Sebelumnya, tentunya kami pastikan motor mereka lengkap peralatan keselamatannya sehingga mereka bisa sampai di rumah masing-masing dengan selamat," kata Wisnu di Jakarta, Kamis (13/6).

Hal ini, jelas Wisnu, sejalan dengan tujuan dari penyelenggaraan Program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut oleh Pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Laut, yakni untuk menekan angka kecelakaan dan korban meninggal dunia di jalan raya.

"Sejauh ini, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang telah kita selenggarakan dari tahun ke tahun terbilang berjalan dengan cukup lancar dan mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat," kata Wisnu.

Dari 3 voyage arus mudik yang dilakukan dari Jakarta menuju Semarang, KM. Dobonsolo tercatat telah mengangkut sejumlah 5.523 orang penumpang dan 2.468 unit sepeda motor.

Sedangkan untuk 3 voyage arus balik dari Semarang menuju Jakarta, jumlah yang tercatat sebesar 5.384 orang penumpang dan 2.326 unit sepeda motor.

"Dengan demikian total pemudik yang telah ikut serta dalam Program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut Tahun 2019 adalah sebanyak 11.007 orang dan 4.794 unit sepeda motor," jelas Wisnu.

Melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi tersebut, Wisnu mengungkapkan, pihaknya akan terus berusaha untuk mempersiapkan dan menyempurnakan penyelenggaraan mudik gratis dengan kapal laut secara lebih baik dan berkeselamatan pada tahun-tahun mendatang.

"Kami akan mengusahakan agar cakupan Wilayah Mudik Gratis ini bisa diperluas, bukan hanya di Jawa dan Sumatera, tapi juga di Kawasan Timur Indonesia. Selain itu, kami akan mengupayakan agar pendaftaran mudik gratis ini dapat dilakukan secara online berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan)," tandasnya.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Selama Lebaran, Korban Kecelakaan di Jateng Didominasi Warga Lokal Bukan Pemudik
Konsumsi Pertamax Cs Meroket di Musim Mudik Lebaran 2019
8 Kecelakaan di Tol Solo-Ngawi Terjadi Selama Lebaran, 2 Meninggal Dunia
Menhub Budi Akui Penanganan Arus Balik Lebaran 2019 Belum Maksimal
Lebaran 2019, Penumpang di Bandara Solo Turun 50,71 Persen
Arus Balik Mudik, Pemkab Bogor Gelar Operasi Yustisi di 40 Kecamatan

(mdk/azz)