2019, Pengusaha kecil Indonesia dapat pembinaan dari Alibaba

UANG | 22 Oktober 2018 21:19 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Alibaba akan membina Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia melalui kerjasamanya dengan Kementerian Perindustrian tahun depan. Alibaba nantinya akan menyediakan instruktur untuk membina IKM dari berbagai bidang unggulan asal Indonesia agar meningkatkan produktivitas dan kualitasnya.

"Kemarin Alibaba datang ke kami. Jadi mereka mau bantu IKM yang sudah ikut Program e-Smart untuk meningkatkan kualitasnya," kata Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih, seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (22/10).

Menurut Gati, pihak Alibaba juga akan memberi pembinaan pada pemanfaatan teknologi digital untuk menjalankan bisnis hingga meraup keuntungan maksimal. "Kalau namanya IKM kan digitalnya agak sulit. Nah, mereka mau bina yang soal digitalnya," jelas Gati.

Ke depan, rencananya produk IKM asal Tanah Air juga akan dijajakan di pasar dagang elektronik milik Alibaba. "Awalnya pembinaan, nantinya bisa ada di Alibaba. Kalau lihat Alibaba kan b to b (business to business), memang harus besar barangnya, kalau kecil ya tidak bisa," ungkap Gati.

Dia menambahkan, Alibaba tertarik untuk membina IKM binaan Kemenperin karena dinilai telah terorganisir dengan baik melalui Program e-Smart IKM.

Baca juga:
Sampoerna dorong pemberdayaan UKM lewat SRC Fest
OJK tetapkan perusahaan rintisan beraset di bawah Rp 10 M bisa himpun dana publik
3 Kunci pengusaha bertahan saat krisis ekonomi versi Sandiaga
Sandiaga sebut RI saat ini tengah krisis ekonomi, UKM harus pintar berhemat
Sampoerna sukses berdayakan lebih dari 100.000 UKM sejak 2007, ini rahasianya
Sandiaga Uno & Ketum PAN janji beri UKM bantuan modal & bekal go internasional
Tas motif Aceh diborong delegasi IMF-World Bank

(mdk/bim)