2019, Pertamina Dapat Bagian Pasokan Minyak Mentah Dari Chevron

UANG | 2 Januari 2019 15:26 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) akan mendapat pasokan minyak mentah milik PT Chevron Pacific Indonesia. Pertamina mendapat prioritas untuk membeli minyak bagian Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang berasal dari Blok Migas yang dikelolanya.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto mengatakan, Chevron sebagai kontraktor penghasil minyak terbesar hasil mengelola Blok Rokan akan menjual minyak bagiannya sebanyak 90 ribu barel per hari (bph) ke Pertamina.

"Yang paling besar kan Chveron (90 ribu bph)," kata Djoko, di Jakarta, Rabu (2/1).

Menurut Djoko, perusahaan minyak asal Amerika Serikat tersebut‎ secepatnya memasok minyak ke Pertamina, namun dia belum bisa memastikan waktunya karena ada ketentuan yang harus dipenuhi.

‎"Secepatnya, 2019. Kan ada kontraknya, liftingnya kan nanti nggak setiap hari," ujarnya.

Potensi bagian minyak KKKS yang dapat diserap Pertamina berasal dari Blok Cepu yang dikelola Exxon Mobile Limmited, sebanyak 30 ribu bph. Namun saat ini belum ada kesepakatan antara kedua perusahaan.

"30 ribu itu belum deal. Tetapi yang lain (bagian negara) 180an lebih 190 (ribu) itu sudah pasti Pertamina, itu yang cepu‎," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
BBM Satu Harga Cakup 123 Wilayah, Ini Daftar Lengkapnya
Pertamina Siap Penuhi Kebutuhan Minyak Bakar untuk Industri di 2019
Tingkatkan Produksi, Pertamina EP Percepat Pemboran Migas di Langkat
DPR Apresiasi Langkah Pertamina Bantu Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda
Proyek-Proyek Ini Sukses Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi
Pertamina Tambah Pasokan LPG di Wilayah Terdampak Tsunami Selat Sunda

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.