2020, ESDM Siapkan Rp776 Miliar Tingkatkan Kompetensi SDM

UANG | 26 Juni 2019 10:32 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memfokuskan diri pada upaya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam penyusunan rancangan program kerja tahun anggaran 2020. Ini dilakukan sebagai upaya mendapatkan nilai tambah di sektor ESDM.

"Kualitas sumber daya manusia akan menjadi fokus utama pembenahan kami pada tahun 2020 mendatang. Ini sejalan dengan konsentrasi kebijakan Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan pengembangan SDM," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, melalui keterangan resminya, Rabu (26/6).

Agung mengatakan pada 2020 Kementerian ESDM akan menyiapkan dana sebesar Rp776 miliar. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk memperluas akses pembangunan sarana dan prasarana, peningkatan kompetensi peserta didik dan pendidik hingga peningkatan partisipasi masyarakat.

"Anggaran ini meningkat sekitar Rp41 miliar dari pagu tahun lalu sebesar Rp735 miliar," imbuhnya.

Dari jumlah anggaran tersebut akan diprioritaskan penggunaannya untuk pembangunan politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) di Bali sebesar Rp94,3 miliar dan pembangunan PEM Prabumulih Rp114,8. Ada pula untuk pengembangan PEM Akamigas Cepu Rp97,9 miliar dan PEP Bandung Rp33,8 miliar.

Di samping itu, Kementerian ESDM terus menggiatkan beberapa pelatihan dan pendidikan yang melibatkan keikutsertaan masyarakat di sektor ESDM, seperti diklat masyarakat bidang migas, diklat masyarakat di bidang geologi, mineral dan batubara, diklat masyarakat di bidang EBTKE, dan diklat masyarakat bidang tambang bawah tanah.

Agung optimis peningkatan porsi anggaran pada pengembangan SDM di sektor ESDM akan memberikan nilai tambah dalam menyukseskan program sektor ESDM. "Kami yakin alokasi in akan sangat bermanfaat dengan kesuksesan menjalankan program pro-rakyat di sektor ESDM," tutup Agung.

Baca juga:
Kata Wamen Arcandra Soal AKR Tolak Jual Solar Bersubsidi
Pemerintah Sebut Tarif Listrik Naik Kemungkinan Dilakukan di 2020
2020, Subsidi Elpiji 3 Kg Akan Pemerintah Salurkan Lewat Kartu
ESDM Tegaskan Isu Tarif Listrik Naik di Media Sosial Hoaks
Menteri Jonan: Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik
Arcandra Resmikan Groundbreaking Smelter Feronikel 230.000 Ton

(mdk/azz)