21 Maret, Xpressair Buka Rute Baru Solo-Kalimantan

UANG | 24 Januari 2020 14:42 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Rute baru ke sejumlah kota Kalimantan segera dibuka di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo. Penerbangan ke Pontianak dan Samarinda akan dilayani maskapai Xpressair. Selain kedua kota itu, maskapai yang baru pertama kali terbang dari Solo itu juga akan melayani rute baru, Solo - Lampung serta Palembang.

"Xpressair beroperasinya mulai 21 Maret. Untuk rutenya Palembang, Samarinda, Pontianak dan Lampung," ujar General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, Jumat (25/1).

Menurut Usman, penerbangan Xpressair sebagai imbas dipindahkannya Bandara Adi Sucipto ke bandara baru di Kulonprogo. Sebelumnya Xpressair melayani rute Jogja-Kalimantan, namun seiring perpindahan bandara Jogja ke lokasi yang baru, maskapai tersebut memindahkan rute ke Solo.

"Kalau ikut pindah ke bandara yang baru, katanya belum punya alat PBN (Performance Based Navigation). Jadi harus pakai satelit, akhirnya manajemen memutuskan peralihan rute ke Solo," jelas Usman.

Usman menyampaikan, perpindahan tersebut justru akan memudahkan penumpang. Apalagi banyak masyarakat di wilayah Solo Raya khususnya Wonogiri yang menggunakan rute ini.

"Warga Wonogiri itu banyak yang kerja di Kalimantan. Penumpang juga bisa memanfaatkan KA Bandara untuk menuju Stasiun Solo Balapan untuk selanjutnya menggunakan skybridge ke Terminal Tirtonadi. Di sana mereka berganti bus menuju ke kota asal," katanya.

1 dari 1 halaman

Beroperasi 3 Kali Seminggu

Sementara itu untuk memudahkan penumpang, pihaknya sudah berkomunikasi dengan manajemen maskapai untuk membuka loket penjualan tiket di Terminal Tirtonadi.

"Xpressair nanti pakai pesawat Boeing Series Classic. Rencananya akan beroperasi 3 kali dalam satu minggu. Selama ini tingkat keterisian pesawat tersebut juga cukup bagus," katanya lagi.

Load factor penerbangan selama di Jogja, dikatakannya, rata-rata 80 persen dari kapasitas 150 penumpang. Ia berharap di Solo bisa sama dengan Jogja. (mdk/idr)

Baca juga:
Imbas Virus Corona, Malindo Air Tutup Sementara Penerbangan dari dan ke Wuhan
Antisipasi Virus Corona, Maskapai Indonesia Tak Layani Penerbangan ke Wuhan
Direksi Baru Garuda Indonesia Diminta Maksimalkan Rute Penerbangan Internasional
Penerbangan Perintis & Kargo Turunkan Harga Pangan di Papua Hingga 50 Persen
Maskapai Internasional Ramai-ramai Batalkan dan Alihkan Penerbangan di Timur Tengah
Garuda Indonesia Alihkan Penerbangan Eropa dari Ruang Udara Iran
Kemenhub Berikan Subsidi Rp500 Miliar untuk Penerbangan Perintis

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.